Silaturahmi Lebaran, Prabowo Subianto Temui Sri Sultan Hamengkubuwono X

Oleh Delvira Hutabarat pada 08 Mei 2022, 07:51 WIB
Diperbarui 08 Mei 2022, 07:51 WIB
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto
Perbesar
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bersilaturahmi ke kediaman Sultan Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X. (Foto: Istimewa).

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bersilaturahmi ke kediaman Sultan Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Kunjungan Prabowo ini dalam rangka silaturahmi Lebaran sekaligus halal bihalal. Adapun dia didampingi sejumlah petinggi Partai Gerindra dan sejumlah Purnawirawan Jenderal TNI.

Prabowo pun disambut oleh Sultan Yogyakarta dan istrinya, GKR Hemas di pintu masuk Keben, Keraton Yogyakarta.

Prabowo terlihat mengenakan pakaian atasan putih dan celana hitam. Sementara Sultan Yogya dan GKR Hemas mengenakan busana batik.

"Di hari libur ini saya mengisi kegiatan dengan kunjungan-kunjungan ke beberapa sahabat lama saya di Yogyakarta, salah satunya dengan Bapak Sultan dan Ibu Ratu Hemas," ujar Prabowo dalam keterangannya, Minggu (8/5/2022).

Prabowo mengaku tidak ada pembicaraan politik terkait pertemuan ini. Hal senada juga disampaikan Sultan, pertemuannya dengan Prabowo sebatas silaturahmi lebaran.

"Saya terimakasih kepada Pak Prabowo karena berkenan berkunjung ke Yogyakarta. Tidak ada pembicaraan politik, kami hanya silaturahmi," kata Gubernur Yogyakarta itu.

Diketahui, pria yang menjabat sebagai Menteri Pertahanan itu memanfaatkan libur Lebaran untuk bersilahturahmi dengan kerabatnya.

Misalnya, ke sejumlah pondok pesantren di Jawa Tengah. Salah satunya Ponpes Al-Anwar Rembang yang dipimpin Muhammad Najih Maimoen, putra almarhum KH Maimoen Zubair atau akrab disapa Mbah Moen.

Sebelumnya, pria yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Partai Gerindra tersebut juga mengunjungi sejumlah kiai di Jawa Timur. Di antaranya Kiai Kholil As'ad, selaku pimpinan Ponpes Walisongo di Situbondo dan pemimpin Pondok Pesantren Al-Qodiri, Jember yaitu Kiai Ahmad Muzaki Syaha.

"Ya saya berkunjung untuk halal bihalal Lebaran ya, dan silahturahmi dengan sahabat lama saya," kata Prabowo dalam keterangannya, Selasa, 3 Mei 2022.

 


Dikarenakan Kesibukan

Menurut Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani, silaturahmi yang dilakukan Prabowo di momen Lebaran dikarenakan kesibukannya sejak menjadi Menhan sehingga jarang bisa bertemu para sahabat lamanya.

"Karena kesibukan beliau sebagai Menhan dan sekarang adalah hari libur Lebaran, Pak Prabowo akhirnya baru bisa berkunjung ke tempat sahabat-sahabat lamanya itu sekarang ini," kata Muzani.

Lantas, seperti apa pertemuan Prabowo dengan putra Mbah Moen, pada Kamis, 5 Mei kemarin?

Dihadapan putra almarhum atau akrba disapa Gus Najih, Menhan Prabowo mengungkapkan sederet kenangannya akan sosok Mbah Moen. Dia mengaku , di matanya Mbah Moen sudah dianggap seperti orangtua sendiri.

"Pak Prabowo sempat meneteskan air mata saat berdoa di kamar. Saya bertanya kenapa? lantas Pak Prabowo menjawab, saya menganggap Mbah Moen seperti ayah saya sendiri," ungkap Gus Najih dalam keterangannya.

 


Didoakan Jadi Pemimpin Bangsa

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto melanjutkan silaturahmi lebaran Idul Fitri 1443 H dengan mengunjungi Pondok Pesantren (Ponpes) Attauhidiyah Giren Talang, Kabupaten Tegal, Kamis malam, 5 Mei 2022.

Kedatangan Prabowo disambut langsung pimpinan ponpes Kiai Haji Ahmad Saidi. Kiai Ahmad menyampaikan rasa syukurnya lantaran Menteri Pertahanan (Menhan) itu meluangkan waktu bertemu dengannya.

"Terima kasih Pak Prabowo sudah berkenan untuk berkunjung. Suatu kehormatan bagi kami, selamat datang, selamat lebaran Pak Prabowo," ujar Ahmad saat menyambut Prabowo.

Prabowo merasa terhormat kedatangannya sudah dinantikan Ahmad Saidi. Prabowo mengatakan, kunjungannya ini merupakan silaturahmi lebaran dengan sahabat lamanya.

"Ya saya terima kasih sudah diterima oleh Pak Kiai, suasana liburan ini akan lebih baik jika kita isi dengan kegiatan-kegiatan silaturahmi dengan sahabat lama," kata Prabowo.

Kemudian, Prabowo bersama rombongan diperkenankan masuk ke dalam ruang tamu. Di situ, Ahmad dan Prabowo terlihat antusias berdiskusi.

Dalam kesempatan itu, Ahmad tak lupa mendoakan Prabowo agar diberi kesehatan dan kekuatan untuk bisa menjadi pemimpin bangsa dan negara Indonesia. Didoakan oleh seorang ulama, Prabowo mengucap syukur.

"Saya terima kasih atas kebaikan Pak Kiai dalam menerima kedatangan saya. Saya kira mewujudkan Indonesia yang adil dan makmur adalah cita-cita setiap insan pemimpin bangsa ini, ya," ucap Prabowo.

 


Sambangi Pondok Pesantren Tebuireng

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto melanjutkan perjalanan silaturahmi Lebaran di Jawa Timur. Kali ini bersama rombongan mengunjungi Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang.

Setiba di lokasi, Prabowo disambut langsung oleh pimpinan ponpes Tebuireng, KH Abdul Hakim Mahfudz atau akrab disapa Gus Kikin. Keduanya melakukan pertemuan tertutup.

Prabowo menegaskan, momen libur Lebaran ini dimanfaatkannya dengan mengunjungi para sahabatnya.

"Saya memang sudah sering datang ke sini, merasa dekat dengan keluarga besar (ponpes) Tebuireng. Dan saat libur ini saya keliling silaturahmi lebaran dengan sahabat sahabat lama saya," ujar Prabowo dalam keterangannya, Rabu (4/5/2022).

Menurut Prabowo, adapun yang dibahas adalah hal yang ringan. Dia tak mengindikasikan membahas politik.

"Pembahasannya ya yang ringan-ringan saja, melepas rasa kangen ya," ungkap Prabowo.

Setelah melakukan pertemuan, Prabowo bersama rombongan dan Gus Kikin bergegas menuju makam almarhum Presiden RI ke-4, Abdurrahman Wahid alias Gus Dur.

Kepada awak media, pria yang juga duduk sebagai Menteri Pertahanan (Menhan) mengaku dekat dengan Gus Dur.

Bahkan, Prabowo mengungkapkan bahwa dirinya adalah tukang pijat almarhum Gus Dur. Sehingga dia menegaskan tak perlu disangsikan kedekatannya dengan Gus Dur.

"Ya Gus Dur adalah sosok pemimpin yang pandangannya jauh ke depan (visioner). Beliau juga merupakan sahabat dan saya adalah tukang pijat beliau. Dan saya kira kedekatan saya dengan almarhum sangat dekat ya," kata Prabowo.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya