Sukses

Cuaca Hari Ini Minggu 8 Mei 2022: Jabodetabek Sebagian Besar Cerah Berawan

Kondisi cuaca di keempat kota penyangga Jakarta diprediksi BMKG bakal hujan angin siang hingga malam hari.

Liputan6.com, Jakarta Badan Meteorlogi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca berawan terjadi di setiap sudut wilayah DKI Jakarta hari ini, Minggu (8/5/2022). 

Sementara, hujan ringan terjadi di siang hari dan berpotensi dibarengi petir di sejumlah titik pada sore hari.

"Waspada potensi hujan disertai kilat/petir di wilayah Jaktim dan Jaksel pada sore hari," isi dari peringatan dini cuaca hari ini, Minggu.

Sedangkan kondisi cuaca di keempat kota penyangga Jakarta diprediksi hujan angin siang hingga malam hari di sebagian wilayah. Hal ini diungkap BMKG lewat peringatan dini cuaca.

"Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang antara siang hingga menjelang malam hari di wilayah Kab Bogor," kata BMKG.

Namun, pagi hari ini cuaca cerah berawan menyelimuti daerah Tangerang, Bekasi, serta Depok.

Berikut informasi prakiraan cuaca di Jabodetabek selengkapnya yang dikutip Liputan6.com dari laman resmi BMKG www.bmkg.go.id:

 Kota  Pagi  Siang  Malam
 Jakarta Barat  Cerah Berawan  Cerah Berawan  Berawan
 Jakarta Pusat  Cerah Berawan  Cerah Berawan  Berawan
 Jakarta Selatan  Cerah Berawan  Hujan Ringan  Berawan
 Jakarta Timur  Cerah Berawan  Hujan Ringan  Berawan
 Jakarta Utara  Cerah Berawan  Cerah Berawan  Berawan
 Kepulauan Seribu  Hujan Ringan  Cerah Berawan  Berawan
 Bekasi  Cerah Berawan  Berawan  Berawan
 Depok  Cerah Berawan  Hujan Ringan  Berawan
 Bogor  Berawan  Hujan Ringan  Berawan
Tangerang Cerah Berawan Berawan Berawan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

HomeNewsPeristiwa Cuaca Besok Minggu 8 Mei 2022, Jabodetabek Berawan dan Berpotensi Hujan Angin Maria FloraMaria Flora 07 Mei 2022, 08:18 WIB Copy Link 11 Waspada Cuaca Ekstrem di Jakarta Perbesar Sejumlah kendaraan melintas saat hujan di Bundaran HI, Jakarta, Jumat (18/2/2022). BMKG mengungkapkan potensi curah hujan meningkat dan cuaca ekstrem sepanjang 17-23 Februari 2022. Sejumlah wilayah diminta waspada dampak yang terjadi dari cuaca buruk. (Liputan6.com/Faizal Fanani) Liputan6.com, Jakarta - Cuaca berawan mendominasi langit Ibu Kota, Minggu pagi, 8 Mei 2022 hingga siang hari. Terkecuali wilayah Jakarta Timur diprediksi Badan Meteorlogi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) turun hujan dengan intensitas ringan. Sedangkan hujan angin diperkirakan terjadi di Jakarta Selatan dan timur sore hari.

Sementara itu, Badan Meteorlogi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) juga memonitor perkembangan kondisi cuaca di seluruh wilayah Indonesia khususnya pada periode Mudik Lebaran Tahun 2022.

Berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer terbaru pada 5 Mei 2022, BMKG memonitor adanya indikasi peningkatan potensi curah hujan di beberapa wilayah selama periode Mudik Balik Lebaran, 5-9 Mei 2022.

"Kondisi tersebut dipicu adanya beberapa pola siklonal, yaitu di sekitar Samudera Hindia sebelah barat laut Aceh, perairan Maluku dan sebelah utara Kalimantan Utara. Selain itu adanya aktifitas Gelombang Atmosfer Rossby Wave yang aktif di sekitar Sumatera Bagian Utara juga turut memperkuat potensi peningkatan curah hujan tersebut," ujar Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto kepada wartawan, Kamis, 5 Mei 2022 

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprakirakan potensi curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebar yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang untuk periode 05 - 09 Mei 2022 dapat terjadi di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Gorontalo, Maluku, Papua.

Hingga tanggal 9 Mei 2022, Guswanto melanjutkan, potensi pertumbuhan awan Cumulonimbus (Cb) yang dapat berpengaruh terhadap kondisi penerbangan perlu diwaspadai.

Yaitu Awan Cumulonimbus dengan persentase cakupan spasial maksimum antara 50-75% (OCNL/Occasional) di wilayah Perairan barat Aceh, Aceh, Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Bengkulu, Lampung, Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah. 

3 dari 3 halaman

40 Radar Cuaca Terpasang Guna Kelancaran Mudik Lebaran

Di sisi lain, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita menyebut, pihaknya mempersiapkan prakiraan cuaca khusus untuk tempat wisata disertai dengan adanya peringatan dini. 

Menurut Dwikorita, BMKG telah mempersiapkan peralatan yang sudah terpasang di seluruh wilayah Indonesia dan terkalibrasi serta beroperasi dengan baik. Terdapat 40 radar cuaca dan ribuan peralatan yang terpasang guna mendukung kelancaran mudik Lebaran.

Kemudian AWOS (Automated Weather Observing System) juga terpasang di hampir semua bandara di Indonesia, yang memiliki stasiun meteorologi di 98 lokasi.

"Kami menyiapkan radar khusus untuk penyeberangan, yaitu radar maritim, terutama di Gilimanuk-Ketapang, juga di antara Pulau Lombok dan Flores dan juga di Selat Sunda," jelas dia.

Dwikorita mengharapkan layanan cuaca BMKG dapat mendukung kelancaran pemerintah mewujudkan mudik aman dan juga mudik sehat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.