Sukses

Presiden PKS Ziarah ke Makam Kiai Kholil Bangkalan, Usulkan Jadi Pahlawan Nasional

PKS mengusulkan agar Syaikhona Kholil mendapatkan gelar pahlawan nasional kepada pemerintah. Syaikhu menegaskan sangat pantas jika Syaikhona Kholil dinobatkan menjadi pahlawan nasional.

Liputan6.com, Jakarta Presiden PKS Ahmad Syaikhu mengawali silaturahim Syawal di Jawa Timur  dengan berziarah ke Makam Syaikhona Kholil Bangkalan. 

Ahmad Syaikhu melakukan serangkaian kunjungan silaturahim Syawal di Jawa Timur. Syaikhu mengawali kunjungannya dengan ziarah makam Syaikhona Kholil, Sabtu, (7/5/2022).

Syaikhu berangkat dari Surabaya dini hari, lalu meluncur ke kediaman KH Thoha Kholili, cicit Syaikhona Kholil. Kemudian bersama menuju Masjid Pesarean Syaichona Kholil Bangkalan Madura untuk melaksankan sholat subuh berjamaah. 

Seusai jamaah subuh, rombongan melakukan ziarah ke makam Syaikhona Kholil yang ada di komplek masjid.  

Dalam kepengurusan PKS saat ini, Syaikhu sudah melakukan ziarah ke Makam Syaikhona Kholil dua kali. Sementara ketua DPW PKS Jatim Irwan Setiawan juga sudah 3 kali berziarah.

PKS memang sedang mengusulkan kepada pemerintah agar Syaikhona Kholil mendapatkan gelar pahlawan nasional.  Syaikhu menegaskan sangat pantas jika Syaikhona Kholil dinobatkan menjadi pahlawan nasional.

"Syaikhona Kholil sengaja pulang ke Indonesia dari Mekkah untuk mengajarkan agama kepada para ulama, para tokoh yang menyemangati pejuang Indonesia kala itu,” tegas Syaikhu.

Syaikhu juga menyebut, Syaikhona Kholil merupakan guru dari 2 ulama terbesar Indonesia yang melahirkan ormas Islam terbesar Nahdhatul Ulama dan Muhammadiyah, KH Hasyim Asyari dan KH Ahmad Dahlan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Telah Diusulkan DPR

Ketua DPW PKS Jatim Irwan Setiawan dalam kesempatan yang sama menyampaikan bahwa jajaran DPW PKS Jatim sudah mengusulkan melalui anggota DPRD dari PKS.

"Usulan itu juga kami teruskan ke Fraksi PKS DPR RI, untuk terus diperjuangkan di tingkat nasional,” ujar pria 45 tahun itu.

Kedatangan Presiden PKS ke Madura dan berziarah ke Makam Syaikhona Kholil mempertegas sikap PKS untuk memperjuangkan Syaikhona Kholil agar dikukuhkan oleh pemerintah sebagai pahlawan nasional.

"Akan terus kami perjuangkan, beliau adalah guru dari para guru dan tokoh bangsa ini. Beliau guru para kiai yang menjadi spirit perjuangan melawan penjajah merebut kemerdekaan Indonesia,” pungkas Irwan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.