Sukses

Kadishub DKI: Puncak Arus Balik Angkutan Umum Minggu 8 Mei 2022

Kadishub menyampaikan bahwa mulai ada pergerakan peningkatan arus balik Lebaran di beberapa terminal di DKI Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo memproyeksi puncak arus balik terjadi pada H+5 atau Minggu, 8 Mei 2022. Hal ini mengingat peningkatan jumlah kedatangan penumpang masih terus terjadi.

"Proyeksi kami untuk puncak arus balik layanan angkutan umum akan terjadi besok, karena masyarakat akan bersiap-siap untuk beraktivitas kembali pada Senin (9/5)," kata Syafrin saat mengunjungi Terminal Kalideres di Jakarta, Sabtu (7/5/2022) dilansir Antara. 

Syafrin menyampaikan bahwa mulai ada pergerakan peningkatan arus balik Lebaran di beberapa terminal di DKI Jakarta. Di antaranya Terminal Pulo Gebang, Terminal Kampung Rambutan, dan Terminal Kalideres.

"Untuk arus balik dari hasil pantauan saat ini sudah mulai ada pergerakan peningkatan jumlah penumpang. Terjadi peningkatan 100 persen lebih dibandingkan hari sebelumnya," ujar Syafrin.

Misalnya, lanjut Syafrin, kedatangan penumpang di Terminal Kampung Rambutan hari ini atau H+4 mencapai 7.600 orang. Angka tersebut meningkat dibandingkan H+2 yang angkanya 3.000 penumpang.

Sementara di Terminal Kalideres, kedatangan penumpang hingga H+4 pukul 09.00 WIB mencapai 1.457 penumpang. Angka tersebut melonjak dibandingkan total kedatangan H+3 yang berjumlah 1.221.

 

 

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

700 Personel Amankan Arus Balik Bandara Soetta

Sementara itu, PT Angkasa Pura II (Persero) menyiapkan sebanyak 700 personel yang merupakan gabungan dari berbagai institusi untuk mengamankan arus balik Lebaran 2022 di Bandara Soekarno-Hatta.

"Seluruh petugas operasional dan pengamanan dari berbagai institusi siaga penuh hingga 10 Mei mendatang," ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaludin, saat ditemui di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Provinsi Banten, Sabtu (7/5/2022), seperti dilansir Antara.

Ia menjelaskan petugas operasional tersebut tersebar di sejumlah terminal yang ada di Bandara Soekarno-Hatta.

Ia menambahkan puncak arus balik Lebaran 2022 diperkirakan pada Minggu, 8 Mei 2022.

Meski demikian, peningkatan arus balik sudah dimulai sejak Jumat (6/5), di mana terdapat sebanyak 135.000 penumpang, baik yang berangkat maupun datang di Bandara Soekarno-Hatta. Sementara pergerakan pesawat, baik yang berangkat maupun menuju Soekarno-Hatta mulai diatas 1.000 penerbangan.

"Untuk keseluruhan AP II yang mengelola 20 bandara, total penumpang pada Jumat lalu mencapai 203.000 penumpang dan jumlah penerbangan mencapai 1.600 penerbangan. Jadi sudah mulai terasa puncak arus balik sejak kemarin," kata Awaludin. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.