Sukses

Puncak Arus Balik, 39.600 Pemudik Tiba di Jakarta dengan Kereta Api Hari Ini

Stasiun Daop 1 Jakarta meliputi, Stasiun Gambir, Pasar Senen, Jatinegara, Jakarta Kota, Bekasi, Cikarang, Karawang dan Cikampek. Eva mengatakan dari 39.600 penumpang, sebanyak 15.100 diantaranta akan turun di Statiun Gambir.

 

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 39.600 pemudik yang menggunakan moda transportasi kereta api akan tiba di sejumlah statiun di area Daop 1 Jakarta, Sabtu (7/5/2022).

Jumlah kedatangan pemudik yang kembali dengan kereta api mengalami peningkatan, seiring puncak arus balik yang terjadi sejak 6 sampai 8 Mei 2022.

"Untuk kedatangan penumpang dari daerah lain tujuan Daop 1 Jakarta saat ini sudah mulai terdapat peningkatan, secara total untuk hari ini terdapat sekitar 39.600 penumpang yang akan turun di area Daop 1 Jakarta," jelas Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa dikutip dari siaran persnya, Sabtu (7/4/2022). 

Adapun stasiun Daop 1 Jakarta meliputi, Stasiun Gambir, Pasar Senen, Jatinegara, Jakarta Kota, Bekasi, Cikarang, Karawang dan Cikampek. Eva mengatakan dari 39.600 penumpang, sebanyak 15.100 diantaranta akan turun di Statiun Gambir. 

"Dari jumlah tersebut 15.100 merupakan volume kedatangan penumpang di Stasiun Gambir, 15.600 di Stasiun Pasar Senen, 4.300 di Stasiun Bekasi, 3.500 di Stasiun Jatinegara," ujarnya.

"Dan 1.100 lainnya merupakan jumlah penumpang datang di Stasiun Cikampek, dan Jakartakota," sambung Eva.

Disisi lain, kata dia, jumlah keberangkatan penumpang dari area Daop 1 Jakarta hingga kini masih cukup tinggi. Total ada 11.900 penumpang yang berangkat dari Statiun Gambir pada Sabtu hari ini.

PT KAI juga mengoperasionalkan 36 kereta api dari Statiun Gambir, dimana 8 diantaranya merupakan kereta tambahan. Sementara itu, ada 15.500 penumpang yang berangkat dari Statiun Pasarsenen.

"Dari jumlah tersebut dapat dikatakan volume keberangkatan dari area Daop 1 Jakarta masih cukup tinggi," ucap Eva.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan puncak arus balik mudik Lebaran 2022, diprediksi akan terjadi pada 6 sampai 8 Mei 2022. Dia pun mengimbau pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi untuk pulang lebih awal atau setelah puncak arus balik.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemberlakukan Ganjil Genap dan One Way

Hal ini dilakukan untuk mencegah kemacetan saat arus balik mudik Lebaran 2022. Kendati begitu, Jokowi mengingatkan agar pemudik mengatur waktu kepulangan sesuai aturan yang ditetapkan di tempat kerja.

"Untuk menghindari kepadatan arus balik dan agar kita semua nyaman di perjalanan, saya mengimbau, saya mengajak Bapak/Ibu, saudara-saudara yang melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi agar kembali lebih awal atau kembali setelah puncak arus balik," jelas Jokowi melalui Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (3/5/2022).

"Tentunya sesuai dengan izin yang didapatkan dr tempat kerja," sambungnya.

Dia memastikan bahwa pemerintah akan selalu berupaya mengatur perjalanan arus balik dengan manajemen lalu lintas untuk mengurai kemacetan. Jokowi mengatakan pemerintah akan tetap memberlakukan kebijakan ganjil genap, one way, dan larangan truk masuk ke jalan tol.

"Semua dilakukan agar masyarakat tetap nyaman," ucap dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini