One Way Masih Berlaku, Lalu Lintas di Jalur Puncak Lancar

Oleh Achmad Sudarno pada 07 Mei 2022, 11:35 WIB
Diperbarui 07 Mei 2022, 11:35 WIB
FOTO: Puncak Arus Balik Via Tol Tembus 137 Ribu Kendaraan
Perbesar
FOTO: Puncak Arus Balik Via Tol Tembus 137 Ribu Kendaraan

Liputan6.com, Jakarta Arus lalu lintas menuju Puncak, Bogor, Jawa Barat H+5 Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah terpantau ramai lancar. Saat ini, sedang diberlakukan one way atau satu arah dari Jakarta menuju Puncak.

Pantauan Liputan6.com pukul 09.30 WIB, Sabtu (7/5/2022) tepat di simpang Gadog, arus lalu lintas terpantau ramai lancar setelah diberlakukan satu arah menuju Puncak. Hambatan terjadi di simpang Pasir Muncang, karena keluar masuk kendaraan dan adanya bottle neck. 

Kemudian, di Simpang Pasir Angin-tanjakan Selarong-Cibogo mengarah Puncak, kendaraan melaju tanpa hambatan. Begitu juga di ruas Cipayung sampai dengan Cimory Dairy Land, kendaraan roda empat dapat melaju dengan kecepatan rata-rata 40 km/jam.

Namun laju kendaraan terhambat di simpang Megamendung karena keluar masuk kendaraan. Meski begitu, tidak sampai menyebabkan kemacetan. Selepas persimpangan tersebut kendaraan dapat melaju tanpa hambatan.

Sedangkan di kawasan Pasar Cisarua terpantau terjadi kepadatan. Laju kendaraan terhambat karena disebabkan adanya aktivitas warga dan keluar masuk kendaraan.

Selanjutnya, arus lalu lintas di simpang Taman Safari Indonesia sampai dengan kawasan Gunung Mas masih terpantau ramai lancar. 

Kapolres Bogor AKBP Iman Imanudin mengatakan dalam tiga hari terakhir ini terjadi penurunan volume kendaraan menuju Puncak. Pagi hingga menjelang siang, arus kendaraan menuju Puncak terpantau ramai lancar.

"Saat ini sepanjang jalur Puncak masih lancar dan aman. Untuk hari ini ada sekitar 12 ribu kendaraan yang masuk ke Puncak," kata Iman. 

Menurutnya, polisi sedang memberlakukan one way menuju Puncak lebih awal. Ini untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan arus balik wisatawan dari Puncak, Cianjur dan Bandung. 

"Karena kami memprediksi nanti siang terjadi peningkatan arus yang menuju Jakarta sehingga kami juga akan mempercepat pelaksanaan one way ke arah Jakarta," pungkasnya. 

 


Buka Tutup Jalur Puncak

Lalu lintas mengarah Puncak, Bogor, Kamis (5/5/2022). (Liputan6.com/ Achmad Sudarno)
Perbesar
Lalu lintas mengarah Puncak, Bogor, Kamis (5/5/2022). (Liputan6.com/ Achmad Sudarno)

Polisi memberlakukan penutupan Jalan Puncak-Gadog dari arah Jakarta menuju Puncak sejak pukul 07.15 WIB hingga pukul 12.00 WIB.

Hal tersebut dilakukan oleh Kepolisian guna mengurangi potensi kepadatan kendaraan di kawasan Puncak.

"Kami memainkan pola 'one way' pukul 07.15  tadi diperkirakan sampai pukul 12.00 WIB," kata Kepala Satuan Lalulintas Polres Bogor, AKP Dicky Anggi Pranata saat ditemui di perempatan Gadog, Sabtu.

Penutupan jalan tersebut dilakukan tepat di perempatan Gadog sehingga mobil yang mengarah dari pintu keluar tol Jagorawi dan Kota Bogor tidak bisa masuk ke kawasan Puncak.

Pada pukul 07.50 WIB, kemacetan sudah terjadi hingga pintu tol. Sedangkan dari arah Kota Bogor kemacetan diperkirakan sudah mencapai Pasar Ciawi. Nantinya, setelah pukul 12.00, Kepolisian memberlakukan penutupan jalur dari arah sebaliknya.

Dicky berharap para wisatawan yang ingin berkunjung ke kawasan Puncak bisa menyesuaikan waktu keberangkatan dengan jadwal "one way" yang sudah ditetapkan.

Hingga saat ini, Dicky melihat belum ada lonjakan jumlah kendaraan jika dibandingkan dengan hari sebelum.

Walau belum terlihat lonjakan jumlah kendaraan, Dicky beserta jajarannya tetap melakukan pemantauan guna memastikan arus lalu lintas di kawasan Puncak terkendali.

Kapolda Jabar Irjen Pol Suntana meminta Kapolres Bogor AKBP Iman Imannudin menyampaikan informasi secara berkala terkait kondisi lalu lintas di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor.

Ini dilakukan agar masyarakat yang hendak melakukan perjalanan melalui jalur Puncak dan Cianjur dapat memiliki panduan waktu yang tepat serta informasi yang akurat.

"Saya sudah arahkan ke Pak Kapolres untuk mengupdate dinamika ini setiap 4 jam sekali. Jadi sesudah evaluasi malam, diwajibkan untuk memberikan press release pertanggungjawaban kepada publik bahwa jalur Puncak sudah aman," kata Suntana saat mengunjungi Pos Gadog, Bogor, Kamis (5/5/2022).

Infografis Jadwal Ganjil Genap dan One Way Arus Mudik Lebaran 2022
Perbesar
Infografis Jadwal Ganjil Genap dan One Way Arus Mudik Lebaran 2022
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya