Sukses

Top 3 News: Bisa Urai Kemacetan Arus Balik Lebaran, Libur Sekolah Diperpanjang Tiga Hari

Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan merubah jadwal masuk sekolah menghindari kemacetan parah di puncak arus balik Lebaran yang akan terjadi pada 6 hingga 8 Mei 2022.

Liputan6.com, Jakarta Momen libur Lebaran sekolah bagi para siswa diperpanjang. Jika seharsnya proses belajar mengajar akan dimulai esok hari, Senin, 8 Mei, kini menjadi 12 Mei 2022. 

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy belum lama ini mengungkapkan alasan libur Lebaran sekolah ditambah. Hal tersebut guna menghindari kemacetan di puncak arus balik yang akan terjadi hingga 8 Mei mendatang.

Berita terpopuler lainnya terkait gempa bumi di Tanah Air. Pada Jumat, 6 Mei kemarin, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta diguncang gempa. 

Lindu tersebut dilaporkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) terjadi pada pukul 14:23:16 WIB dengan magnitudo 3,5. 

Ada sejumlah wilayah yang ikut merasakan getarannya. II-III MMI (Modified Mercalli Intensity) di Kulon Progo dan II-III MMI di Gunung Kidul.

Sementara itu, kapal MV. Mathu Bhum yang memuat RBD Palm Olien dihentikan oleh TNI Angkatan Lau,t Komando Armada I, Jumat, 6 Mei kemarin di perairan Belawan.

Muatan RBD Palm Olien merupakan salah satu jenis produk turunan CPO yang dilarang oleh Pemerintah Indonesia melalui Peraturan Menteri Perdagangan yang secara resmi melarang ekspor minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) dan bahan baku minyak goreng.

Ada pun ABK (Anak Buah Kapal) yang turun diamankan berjumlah 29 orang. Mereka terdiri dari 24 Warga Negara Thailand dan 5 Warga Negara Malaysia.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Jumat, 6 Mei 2022:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menko PMK Harap Perpanjangan Libur Murid Sekolah Bisa Urai Kemacetan

Pemerintah memberikan kelonggaran masuk sekolah bagi para murid. Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) memberikan tambahan masa libur lebaran selama tiga hari.

Dengan demikian, semula para murid wajib masuk sekolah pada Senin (9/5), menjadi Kamis (12/5/2022).

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy mengutarakan keputusan merubah jadwal masuk sekolah setelah Lebaran 2022 adalah langkah yang tepat.

Dia mengatakan, langkah merubah jadwal masuk sekolah menghindari kemacetan parah di puncak arus balik yang akan terjadi pada 6 hingga 8 Mei 2022.

"Perubahan tanggal masuk sekolah setelah libur lebaran ini diharapkan dapat mengurangi kepadatan lalu lintas pada arus balik lebaran 2022," ujar Menko PMK di Jakarta, Kamis (5/5/2022).

"Mudah-mudahan kebijakan ini bisa mengatasi kemacetan dan kepadatan lalu lintas yang kita khawatirkan terjadi di puncak arus balik," tambahnya.

 

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

Gempa Guncang Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta Jumat 6 Mei 2022

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan ada satu wilayah di Tanah Air yang diguncang gempa hari ini, Jumat (6/5/2022) hingga pukul 22.00 WIB.

Gempa bumi tersebut terjadi di Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dengan magnitudo 3,5, pada pukul 14:23:16 WIB.  

Ada pun lokasi gempa, menurut analisa BMKG terletak pada koordinat titik 7,87 Lintang Selatan (LS) dan 110,13 Bujur Timur (BT). Atau tepatnya di 7 km barat daya Kulonprogo - DIY.

BMKG juga mengungkap saat gempa terjadi ada sejumlah wilayah yang ikut merasakan getarannya. II-III MMI (Modified Mercalli Intensity) di Kulon Progo dan II-III MMI di Gunung Kidul.

Sementara, pusat lindu dilaporkan BMKG terjadi di darat dengan kedalaman 10 kilometer.

Selain itu, lewat laman resminya, BMKG juga memonitor perkembangan kondisi cuaca di seluruh wilayah Indonesia khususnya pada periode Mudik Lebaran Tahun 2022.

Berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer terbaru pada 5 Mei 2022, BMKG memonitor adanya indikasi peningkatan potensi curah hujan di beberapa wilayah selama periode Mudik Balik Lebaran, 5-9 Mei 2022.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

TNI AL Tangkap Kapal Muat 34 Kontainer Minyak Goreng

TNI Angkatan Laut, Komando Armada I, KRI Karotang-872 berhasil mencegah kapal MV. Mathu Bhum yang memuat RBD Palm Olien di Perairan Belawan, Jumat (7/5/22).

Panglima Komando Armada Republik Indonesia (Pangkoarmada RI), Laksdya TNI Agung Prasetiawan, mengatakan, Kapal MV. Mathu Bhum yang merupakan Kapal Kargo bertonage 11.079 GT dihentikan dan diperiksa ketika melakukan pelayaran dari Belawan menuju Port Klang Malaysia.

"Muatan RBD Palm Olien merupakan salah satu jenis produk turunan CPO yang dilarang oleh Pemerintah Indonesia melalui Peraturan Menteri Perdagangan yang secara resmi melarang ekspor minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) dan bahan baku minyak goreng, serta minyak goreng, terhitung mulai 28 April 2022 lalu," papar Pangkoarmada RI dalam keterangan tertulis.

"Aturan tersebut tertera dalam Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 22 tahun 2022 tentang Larangan Sementara Ekspor Crude Palm Oil, Refined Bleached and Deodorized Palm Oil, Refined Bleached and Deodorized palm olein dan Used Cooking Oil," tambahnya.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.