Sukses

Manfaatkan Libur Lebaran, BIN Sediakan Gerai Vaksinasi Bagi Wisatawan di Yogyakarta

Selain memberikan layanan vaksinasi, lanjut Andry, BIN DIY menyediakan tes antigen di gerai posko

Liputan6.com, Jakarta Badan Intelijen Negara Daerah Istimewa Yogyakarta (BIN DIY) menyediakan gerai vaksinasi di sejumlah objek wisata di Kota Yogyakarta yang sengaja diperuntukkan bagi para pengunjung. Gerai vaksinasi ini disediakan antara lain di Titik Nol Kilometer dan di tempat khusus parkir Abu Bakar Ali, Kota Yogyakarta.

Kepala BIN DIY, Brigjen Pol Andry Wibowo mengatakan, selain menyasar wisatawan yang tengah berlibur ke Jogja, vaksinasi juga menyasar masyarakat setempat. Pasalnya, masih ada masyarakat yang belum melengkapi vaksin dosis ketiga atau vaksin booster.

"Gerai vaksinasi ini kami gelar bekerja sama dengan Dinas Kesehatan DIY dan Pemerintah Kota DIY," kata Andry, dikutip Jumat (6/5/2022).

Selain memberikan layanan vaksinasi, lanjut Andry, BIN DIY menyediakan tes antigen di gerai posko tersebut.  Layanan vaksinasi dan swab antigen yang dibuka sejak 28 April dan akan memberikan layanan setiap pukul 13.00-19.00 WIB itu tidak dipungut biaya alias gratis.

"Layanan akan kami buka setiap hari hingga 8 Mei. Harapannya bisa dimanfaatkan wisatawan apabila membutuhkan vaksinasi atau tes Covid-19. Layanan dapat diakses secara gratis," jelas dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Emma Rahmi Aryani mengatakan, capaian vaksinasi di Kota Yogyakarta sudah cukup tinggi bahkan untuk dosis satu dan dua sudah mencapai sekitar 200 persen dari target. 

"Sedangkan untuk vaksinasi dosis penguat mencapai sekitar 76 persen,” tambahnya.

Lebih lanjut, Emma menuturkan untuk jenis vaksinasi disesuaikan dengan ketersediaan vaksin yang dimiliki Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Buka di Sejumlah Puskesmas

Selain di dua gerai yang dibuka tersebut, layanan vaksinasi dosis penguat atau booster juga dibuka di puskesmas-puskesmas di Kota Yogyakarta.

"Selama libur lebaran juga tetap dilayani di fasilitas kesehatan tingkat pertama atau puskesmas secara bergantian," tutup dia.

Sekedar informasi, sejak tanggal 4/5 hingga 7/5/2022 puskesmas yang melayani vaksinasi selama libur lebaran di antaranya Puskesmas Wirobrajan, Puskesmas Mantrijeron, Puskesmas Jetis, dan Puskesmas Gondomanan 2.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.