Sukses

Ini Rekayasa Lalin Simpang Cawang Arah Tol Jakarta-Cikampek Imbas One Way

Polisi melakukan rekayasa lalu lintas yakni pengalihan Simpang Susun (SS) Cawang arah Cikampek, imbas pemberlakuan one way dari ruas Tol Jakarta-Cikampek.

Liputan6.com, Jakarta - Pihak kepolisian melakukan rekayasa lalu lintas yakni pengalihan Simpang Susun (SS) Cawang arah Cikampek, imbas pemberlakuan one way dari ruas Tol Jakarta-Cikampek menuju ruas Tol Dalam Kota.

"Pengalihan lalu lintas di SS Cawang dimulai pukul 11.00 WIB," tutur Pgs. General Manager Representative Office 2 Jasamarga Metropolitan Tollroad, Citra Maharani dalam keterangannya, Jumat (6/5/2022).

Menurut Citra, ada penutupan di tiga titik lokasi yang menuju tol Jakarta-Cikampek, yaitu Km 00+400 B Ruas Tol Cawang-Tomang-Pluit dari Semanggi arah Cawang/Cikampek, Km 00+200 B Ruas Tol Cawang-Tanjung Priok-Pluit dari Priok arah Cawang/Cikampek, dan On ramp UKI dari arteri Cawang/UKI arah Cikampek via Tol.

"Pengguna jalan tol dari arah Semanggi/Cawang yang akan menuju arah Cikampek dialihkan ke arah Cawang-Tanjung Priok-Pluit (CMNP) dan ke arah Jagorawi. Sedangkan, pengguna jalan tol dari arah Jatinegara/Rawamangun dialihkan ke arah Cawang-Tomang-Pluit dan ke arah Jagorawi," jelas dia.

Untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan, lanjut Citra, pihaknya bersama dengan kepolisan telah memasang rambu-rambu dan menempatkan petugas pengaturan lalu lintas di lokasi pengalihan lalu lintas tersebut.

"Jasamarga mengimbau pengguna jalan agar selalu berhati-hati dalam berkendara, patuhi rambu-rambu dan ikuti arahan petugas di lapangan. Pastikan kecukupan perbekalan, saldo uang elektronik dan BBM sebelum memasuki jalan tol agar perjalanan lebih nyaman. Pantau kondisi lalu lintas melalui CCTV real time di jalan tol melalui aplikasi Travoy. Informasi dan pelayanan lalu lintas dapat diakses melalui One Call Center 24 Jam Jasa Marga di nomor 14080," Citra menandaskan.

Polisi menutup akses menuju Tol Cikampek mulai dari Tol Dalam Kota Cawang. Hal itu disampaikan oleh Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo.

"Pukul 10.45 Tol Cikampek ditutup dari arah Tol Dalam Kota dan Tol Priok. Penutupan akan dilakukan di Cawang. Akses menuju Tol Cikampek lewat toll JORR," tutur Sambodo dalam keterangannya, Jumat (6/5/2022).

Menurut Sambodo, sejauh ini memang terpantau adanya kepadatan di ruas jalan tol Jakarta-Cikampek, khususnya dalam momen arus balik Lebaran 2022.

"Penutupan dilakukan untuk mengurangi arus ke arah timur yang masih cukup tinggi," kata Sambodo.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Buka Tutup Akses Masuk Tol MBZ

Polisi juga masih mengambil diskresi untuk melakukan buka tutup pada akses masuk menuju ruas tol layang Sheikh Mohamed Bin Zayed (MBZ) yang mengarah ke Cikampek, dampak dari kepadatan lalu lintas off ramp Km 48. Rekayasa lalu lintas di ruas tol layang MBZ dilakukan secara situasional.

"Saat ini ruas tol MBZ tidak dapat dilintasi sejak pukul 07.30 WIB," tutur GM Operasi dan Pemeliharaan PT Jasa Marga Jalan Layang Cikampek, Nur Safitri RM dalam keterangannya, Jumat (6/5/2022).

Menurut Nur, selama penutupan ruas tol layang MBZ berlangsung maka pengguna jalan yang akan menuju arah Cikampek dapat melalui ruas tol Jakarta-Cikampek eksisting, hingga kepadatan di ruas tol MBZ kembali normal.

"PT JJC bersama pihak Kepolisian sementara menutup akses masuk menuju ruas tol MBZ yaitu akses masuk dari Kalimalang Tol JORR E Km 46+200, akses Jatiasih Tol JORR E Km 45+200 dan akses Tol Jakarta-Cikampek Km 10 Arah Cikampek karena adanya kepadatan lalu lintas pada pertemuan off ramp ruas tol MBZ dan ruas jalan tol Jakarta-Cikampek eksisting pada KM 48," jelas dia.

Nur mengimbau para pengguna jalan agar tetap berhati-hati dan menjaga jarak aman dalam berkendara, mematuhi rambu lalu lintas dan arahan petugas di lapangan, serta memastikan kondisi kendaraan layak jalan.

"Hubungi One Call Center 24 jam di nomor 14080 dan aplikasi Travoy 3.0 untuk pengguna iOS dan Android jika butuh bantuan dan informasi seputar jalan tol milik Jasa Marga Group," Nur menandaskan.

 

3 dari 4 halaman

Rekayasa One Way, Gerbang Tol Bekasi Barat Arah Cikampek Ditutup

Polres Metro Bekasi Kota menutup gerbang Tol Bekasi Barat arah Cikampek sejak pukul 13.00 WIB. Upaya ini untuk memperlancar rekayasa one way yang bakal diterapkan selama puncak arus balik Lebaran 2022.

Penutupan dilakukan menggunakan barier. Belasan personel kepolisian juga berjaga di depan gerbang arah Cikampek, dan beberapa lainnya mengatur pengendara.

Sejumlah pengendara yang hendak melintas, harus memutar balik dan dianjurkan melewati jalur alternatif yang disediakan.

"Sudah ada rute-rute yang ada sarana prasarana petunjuk arah, jadi nanti dilimpahkan ke jalur arteri," kata Wakasatlantas Polres Metro Bekasi Kota Kompol Ayu Nur Jani, Jumat (6/5/2022).

Sebelumnya Polres Metro Bekasi Kota berencana menutup tiga gerbang tol selama puncak arus balik (6-8 Mei 2022). Upaya ini untuk mendukung kelancaran skema one way agar tidak terjadi penumpukan kendaraan.

Tiga gerbang tol yang dimaksud, yakni Tol Bekasi Timur, Bekasi Barat, dan Pondokgede. Kepolisian akan menempatkan sejumlah personel untuk menjaga di tiga titik tersebut.

"Jadi ketika ada kendaraan yang masuk sana, akan kita putar balik, dan kita alihkan melalui jalur arteri," kata Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombes Pol Hengki, Kamis 5 Mei 2022.

Menyusul adanya kebijakan Ditlantas Polda Metro Jaya terkait upaya mengurai kepadatan, Hengki pun mengimbau masyarakat yang hendak menuju Cikampek, agar menggunakan jalur arteri untuk mencegah kemacetan.

"Pengendara dari Jakarta menuju Jawa akan kami alihkan melalui jalur alternatif," ujar Hengki.

Menurut dia, sejumlah personel juga telah disiagakan di jalan-jalan arteri untuk mengantisipasi kemacetan. Selain itu sarana dan prasarana pendukung juga disiapkan untuk kelancaran arus balik pemudik.

4 dari 4 halaman

Polisi: One Way Tol Kalikangkung-Cikampek Rencananya Dibuka Pukul 14.00 WIB

Jalur tol dari arah barat yang menuju ke gerbang Tol Kalikangkung Semarang, Jawa Tengah, mulai disterilisasi menjelang pemberlakuan sistem satu arah kendaraan arus balik Lebaran 2022 yang akan menuju arah Jakarta, pada Jumat sekitar pukul 12.30 WIB

"Sudah mulai disterilisasi, rencana dibuka 'one way' nanti pukul.14.00 WIB," kata Kepala Pos Pengamanan Gerbang tol Kalikangkung Semarang, Ipda Riyadi di Semarang, Jumat (6/5/2022), yang dilansir dari Antara.

Menurut dia kendaraan di jalur B atau arah barat mulai dikeluarkan ke pintu keluar terdekat. Ia menjelaskan bahwa arus kendaraan dari arah timur yang akan masuk gerbang Kalikangkung sudah mulai padat.

Sejak Jumat (6/5) pukul 00.00 hingga 12.00 WIB, jumlah kendaraan yang melintas masuk sudah mencapai 22.437 kendaraan.

Jumlah kendaraan yang melintas masuk Kalikangkung tersebut mengalami peningkatan dalam enam jam terakhir.

Sementara itu, petugas PT Jasamarga Semarang Batang sudah mulai mengatur jalur yang akan digunakan untuk pemberlakuan sistem satu arah.

Petugas mulai memindah pembatas jalan ke sisi paling Utara gerbang tol tersebut. Petugas belum mengizinkan kendaraan masuk ke jalur sebelah kanan sebelum sistem satu arah resmi dibuka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.