TransJakarta Perpanjang Layanan Bus Wisata hingga 11 Mei 2022

Oleh Liputan6.com pada 06 Mei 2022, 16:30 WIB
Diperbarui 06 Mei 2022, 16:30 WIB
Bus Tingkat Wisata Resmi Dikelola PT Transjakarta
Perbesar
Bus Tingkat Wisata Resmi Dikelola PT Transjakarta

Liputan6.com, Jakarta Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT TransJakarta memperpanjang layanan bus wisata gratis hingga Rabu 11 Mei 2022 dari jadwal sebelumnya, 8 Mei 2022.

Kepala Departemen Komunikasi Korporasi dan CSR PT TransJakarta Iwan Samariansyah mengatakan perpanjangan layanan bus wisata gratis itu untuk merespon animo masyarakat yang tinggi.

"Dalam tiga hari tercatat sebanyak 17.524 pelanggan menggunakan layanan bus wisata gratis ini. Angka ini diprediksi akan terus mengalami kenaikan terutama di akhir pekan," kata Iwan di Jakarta, Jumat (6/4/2022).

Iwan menambahkan bahwa TransJakarta menyediakan sebanyak delapan unit bus wisata gratis dengan kapasitas maksimal hingga 80 penumpang.

Bus wisata gratis tersebut juga memiliki desain ramah untuk penyandang disabilitas yang menggunakan kursi roda.

"Tidak diperkenankan ada pelanggan yang berdiri sehingga bisa merasa aman dan nyaman," ujar Iwan.

Iwan mengatakan pelanggan dapat menikmati layanan bus wisata gratis tersebut mulai pukul 10.00 WIB - 21.00 WIB. Meski gratis, pelanggan akan diberikan tiket sobek (tiso) sebelum memasuki armada bus.

Lebih lanjut, dia mengatakan untuk mendapatkan informasi tentang TransJakarta dapat mengakses media sosial Twitter @PT_Transjakarta dan Instagram @pt_transjakarta serta dapat menggunakan aplikasi TIJE.

"Selamat menikmati libur Lebaran yang menyenangkan bersama Bus Wisata Gratis kami. Tetap patuhi semua protokol kesehatan yang berlaku demi keamanan dan kenyamanan, kita bersama,” tutur Iwan.

Diberitakan sebelumnya, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) mengoperasikan bus wisata dalam rangka memeriahkan libur Lebaran 1443 Hijriah.

Kepala Departemen Komunikasi Korporasi dan CSR, Iwan Samariansyah mengatakan, operasional bus wisata itu mulai 3 - 8 Mei 2022. Ada dua layanan bus wisata yakni rute Jakarta Baru (BW2) dan rute Pencakar Langit (BW4).

"Dalam rangka memeriahkan libur Lebaran ini, kami menghadirkan kembali dua layanan bus wisata untuk mengakomodasi masyarakat yang ingin berwisata ke lokasi-lokasi yang dilayani kedua rute tersebut," kata Iwan Samariansyah di Jakarta, Selasa (3/5/2022), dikutip dari Antara.

 


Sempat Dihentikan karena Covid-19

Transjakarta Rute Stadion JIS-Senen Mulai Beroperasi
Perbesar
Transjakarta Rute Stadion JIS-Senen Mulai Beroperasi

Iwan menambahkan, operasional kedua rute tersebut sebelumnya sempat dihentikan sementara waktu sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah dalam memutus rantai penyebaran Covid-19.

"Masyarakat tetap diwajibkan memenuhi ketentuan protokol kesehatan (prokes) yang berlaku selama menggunakan layanan Transjakarta," ujar Iwan.

Adapun kedua layanan tersebut akan melayani masyarakat mulai pukul 10.00 - 21.00 WIB. Pelanggan yang ingin menikmati layanan bus wisata itu tetap diwajibkan melakukan tap in dan tap out Kartu Uang Elektronik (KUE) pada alat Tap On Bus (TOB) dengan tarif Rp0.

Iwan menambahkan, untuk mendapatkan informasi terbaru tentang Transjakarta dapat mengakses media sosial Twitter @PT_Transjakarta dan Instagram @pt_transjakarta. Serta gunakan aplikasi TIJE.

"Semoga hadirnya kedua rute ini bisa memberi kebahagiaan bagi masyarakat sekaligus mengobati kerinduan pada layanan bus wisata," tutur Iwan.

 

Infografis Peta Jalur Mudik Lebaran 2022 Rawan Bencana di Pulau Jawa. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Peta Jalur Mudik Lebaran 2022 Rawan Bencana di Pulau Jawa. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya