Sukses

Jokowi Kunjungi Pura Tirta Empul, Dorong Pemeliharaan Aset Kebudayaan Negara

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengunjungi cagar budaya Pura Tirta Empul Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali, Jumat (6/5/2022).

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengunjungi cagar budaya Pura Tirta Empul Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali, Jumat (6/5/2022). Pura yang berada di sebelah timur Istana Kepresidenan Tampaksiring ini memiliki sumber mata air jernih yang digunakan sebagai tempat upacara keagamaan dan juga wisata.

"Saya kira ini sebuah pura yang terpelihara, yang bersih, dan juga wisatawan sekarang mulai banyak datang," kata Jokowi dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Jumat.

Pura Tirta Empul termasuk dalam lanskap subak dan pura daerah aliran sungai (DAS) Pakerisan dan telah ditetapkan dalam daftar warisan dunia. Untuk itu, Jokowi mendorong seluruh pihak, baik pemerintah daerah maupun masyarakat, untuk bersama-sama memelihara salah satu aset negara ini.

"Saya titip pesan, tetap jaga protokol kesehatan, jaga kebersihan karena ini adalah aset negara, aset rakyat, aset masyarakat adat yang memberikan kesejahteraan kepada masyarakat di desa adat ini dan juga pada pemerintah daerah, ada income di sana," jelas dia.

Bendesa adat Pura Tirta Empul, Made Mawiarnata mengatakan bahwa saat pandemi Covid-19 ini pariwisata di Pura Tirta Empul menurun jika dibandingkan dengan keadaan sebelumnya. Namun, Made bersyukur saat ini wisatawan sudah mulai berdatangan kembali di sana.

"Wisatawan sudah mulai berdatangan terutama dari wisatawan domestik. Dari mancanegara sudah ada, namun hanya beberapa. Berkat peluang yang telah diberikan oleh pemerintah kita, ini sangat mendukung," tutur Made.

Lebih lanjut, dia mengajak seluruh masyarakat untuk memperkenalkan kembali cagar budaya Pura Tirta Empul di Bali secara luas. Hal ini untuk menarik wisatawan untuk berkunjung ke sana.

"Marilah kita sama-sama ulurkan tangan, memasarkan Pura Tirta Empul kembali untuk mendapatkan kunjungan yang lebih banyak sekali," ucap Made.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Libur Lebaran, Jokowi Ajak Cucu Wisata Satwa di Bali

Presiden Joko Widodo atau Jokowi beserta keluarga menghabiskan libur Lebaran di Provinsi Bali. Jokowi dan Ibu Negara Iriana mengajak anak beserta cucu melakukan wisata satwa di Bali Safari & Marine Park Kabupaten Gianyar, Kamis, 5 Mei 2022.

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, Jokowi beserta keluarga tiba di Bali Safari & Marine Park pada pukul 12.32 WITA. Jokowi tampak menggandeng cucu pertamanya, Jan Ethes Srinarendra, memasuki area kebun binatang tersebut.

Sementara itu, Ibu Iriana beserta anak dan cucu yang lain mengikuti dari belakang. Sambil memasuki area kebun binatang, Jokowi sesekali menyapa para pengunjung lain yang juga berwisata di sana.

Dengan menggunakan shuttle bus, Jokowi beserta keluarga kemudian mengikuti serangkaian wisata safari dengan menyusuri trek yang telah ditentukan.

Selama menyusuri trek tersebut, Jokowi beserta keluarga bertemu dengan beragam satwa langka dari Indonesia, India, dan Afrika. Dia duduk di dekat kaca bus sambil memangku La Lembah Manah dan Panembahan Al Nahyan Nasution secara bergantian.

Para cucu Presiden tampak antusias bertemu dengan koleksi satwa dari Bali Safari & Marine Park. Tak jarang, mereka melambaikan tangan untuk menyapa binatang dari dalam bus yang mereka tumpangi.

Selain mengikuti wisata safari, para cucu Jokowi juga memberi makan harimau putih bernama Anjani di area Rathambore Bali Safari & Marine Park. Dengan berani, Jan Ethes dan Sedah Mirah memberikan sepotong daging menggunakan capit kepada Anjani.

Setelah memberi makan harimau putih, Jokowi beserta keluarga meninggalkan Bali Safari & Marine Park untuk kembali ke Istana Kepresidenan Tampaksiring.

3 dari 4 halaman

Momen Jokowi Bagi-bagi Sembako di Bali Sambil Pakai Sarung

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghabiskan hari libur Lebaran keempat di Bali. Dalam kunjungannya ini, Jokowi membagi-bagikan sembako kepada masyarakat di sekitar Istana Kepresidenan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Kamis (5/5/2022).

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, Jokowi keluar dari Istana Tampaksiring pada pukul 16.30 WITA. Dengan mengenakan sarung berwarna cokelat, dia membagikan sembako kepada masyarakat sekitar Istana.

Salah satu masyarakat yang turut menerima, Dewa, mengaku senang atas pembagian sembako yang dilakukan Jokowi. Dia juga senang bisa bertemu denhan Kepala Negara.

"Saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden yang mungkin saya sebagai rakyat kecil baru pertama kali bisa bertemu langsung dengan Bapak Presiden, dan atas bantuan Bapak kepada masyarakat kecil," ucap Dewa dikutip dari siaran pers, Kamis.

"Semoga amal-amal bapak ini berkenan di hati masyarakat Indonesia secara keseluruhan," sambungnya.

Wayan Sukri pun tidak bisa membendung rasa sukacitanya bertemu dengan Presiden Joko Widodo. Informasi yang didengarnya beberapa hari yang lalu tentang kedatangan Jokowi di desanya ternyata benar adanya.

4 dari 4 halaman

Jokowi Minta Pemudik Pakai Kendaraan Pribadi Pulang Awal atau Setelah Puncak Arus Balik

Sementara itu, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan puncak arus balik Lebaran 2022, diprediksi akan terjadi pada 6 sampai 8 Mei 2022.

Dia pun mengimbau pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi untuk pulang lebih awal atau setelah puncak arus balik. Hal ini dilakukan untuk mencegah kemacetan saat arus balik mudik Lebaran 2022.

"Untuk menghindari kepadatan arus balik dan agar kita semua nyaman di perjalanan, saya mengimbau, saya mengajak bapak/ibu, saudara-saudara yang melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi agar kembali lebih awal atau kembali setelah puncak arus balik," jelas Jokowi melalui Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (3/5/2022).

Kendati begitu, Jokowi mengingatkan agar pemudik mengatur waktu kepulangan sesuai aturan yang ditetapkan di tempat kerja.

"Tentunya sesuai dengan izin yang didapatkan dr tempat kerja," kata mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Dia memastikan bahwa pemerintah akan selalu berupaya mengatur perjalanan arus balik dengan manajemen lalu lintas untuk mengurai kemacetan.

Jokowi mengatakan pemerintah akan tetap memberlakukan kebijakan ganjil genap, one way (satu arah), dan larangan truk masuk ke jalan tol. Semuanya ini dilakukan agar pemudik tetap merasa nyaman dan aman.

"Semua dilakukan agar masyarakat tetap nyaman," kata Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.