Sukses

Urai Kemacetan Arus Balik, Tiga Menteri Buka Jalur One Way di Gerbang Tol Kalikangkung

Rekayasa lalu lintas ini merupakan upaya untuk memberi keamanan bagi masyarakat yang mudik Lebaran.

Liputan6.com, Jakarta Tiga menteri secara resmi membuka pemberlakuan one way  atau sistem satu arah dari gerbang Tol Kalikangkung Semarang menuju arah Jakarta, Jumat sekitar pukul 13.57 WIB.

Pembukaan jalur satu arah ditandai dengan pengibaran bendera oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, serta Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Adapun rombongan kendaraan yang melintas di jalur tol sebelah kanan dipimpin oleh Kakorlantas Irjen Pol.Firman Santyabudi yang mengemudikan mobil secara langsung.

Menurut Menteri Perhubungan, rekayasa lalu lintas ini merupakan upaya untuk memberi keamanan bagi masyarakat yang mudik Lebaran.

"Memberi keamanan bagi masyarakat, selamat sampai tujuan," katanya.

Dia berharap arus balik Lebaran nantinya dapat berjalan baik. Dia menyampaikan terima kasih kepada Polri dan TNI, serta para pemangku kepentingan atas dukungan luar biasa yang diberikan.

Sementara Menteri Basuki mengharapkan kerja sama para pengendara dalam berperilaku di jalan raya.

"Arus mudik berjalan baik, angka kecelakaan juga menurun," katanya.

Ia berharap arus balik ini membawa kenyamanan dan keselamatan. 

Sebelumnya, jalur tol dari arah barat yang menuju ke gerbang Tol Kalikangkung Semarang, Jawa Tengah, mulai disterilisasi menjelang pemberlakuan sistem satu arah kendaraan arus balik Lebaran 2022 yang akan menuju arah Jakarta, pada Jumat sekitar pukul 12.30 WIB.

"Sudah mulai disterilisasi, rencana dibuka 'one way' nanti pukul.14.00 WIB," kata Kepala Pos Pengamanan Gerbang tol Kalikangkung Semarang, Ipda Riyadi di Semarang, Jumat (6/5/2022), yang dilansir dari Antara.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peningkatan Volume Kendaraan

Menurut Riyadi, kendaraan di jalur B atau arah barat mulai dikeluarkan ke pintu keluar terdekat. Ia menjelaskan bahwa arus kendaraan dari arah timur yang akan masuk gerbang Kalikangkung sudah mulai padat.

Sejak Jumat (6/5) pukul 00.00 hingga 12.00 WIB, jumlah kendaraan yang melintas masuk sudah mencapai 22.437 kendaraan.

Jumlah kendaraan yang melintas masuk Kalikangkung tersebut mengalami peningkatan dalam enam jam terakhir. Sementara itu, petugas PT Jasamarga Semarang Batang sudah mulai mengatur jalur yang akan digunakan untuk pemberlakuan sistem satu arah.

Petugas mulai memindah pembatas jalan ke sisi paling Utara gerbang tol tersebut. Petugas belum mengizinkan kendaraan masuk ke jalur sebelah kanan sebelum sistem satu arah resmi dibuka.

Polisi juga menutup akses menuju Tol Cikampek mulai dari Tol Dalam Kota Cawang. Hal itu disampaikan oleh Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo.

"Pukul 10.45 Tol Cikampek ditutup dari arah Tol Dalam Kota dan Tol Priok. Penutupan akan dilakukan di Cawang. Akses menuju Tol Cikampek lewat toll JORR," tutur Sambodo dalam keterangannya, Jumat (6/5/2022).

Menurut Sambodo, sejauh ini memang terpantau adanya kepadatan di ruas jalan tol Jakarta-Cikampek, khususnya dalam momen arus balik Lebaran 2022.

"Penutupan dilakukan untuk mengurangi arus ke arah timur yang masih cukup tinggi," kata Sambodo.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini