Sukses

Arus Balik Mudik, KAI: Mulai Terjadi Peningkatan Kedatangan Penumpang di Jakarta

Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan mulai terjadi peningkatan kedatangan penumpang di sejumlah statiun, menyusul arus balik mudik Lebaran 2022. Menurut dia, ada sekitar 38.400 penumpang kereta api yang akan turun di beberapa statiun di Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan mulai terjadi peningkatan kedatangan penumpang di sejumlah statiun, menyusul arus balik mudik Lebaran 2022. Menurut dia, ada sekitar 38.400 penumpang kereta api yang akan turun di beberapa statiun di Jakarta.

"Untuk kedatangan penumpang dari daerah lain tujuan Daop 1 Jakarta saat ini sudah mulai terdapat peningkatan," kata Eva kepada wartawan, Kamis (5/5/2022).

"Secara total untuk hari ini terdapat sekitar 38.400 penumpang yang akan turun di Stasiun Gambir, Pasar Senen, Jatinegara, Bekasi, Cikarang, Karawang dan Cikampek," sambungnya.

Dia menuturkan terdapat 28.700 penumpang yang berangkat dari seluruh stasiun Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) dar Statiun Gambir dan Pasar Senen. Eva menyebut KAI juga mengoperasionalkan 8 kereta api tambahan dari Stasiun Gambir serta 3 di Stasiun Pasar Senen.

"Dari jumlah tersebut, dapat dikatakan volume keberangkatan dari area Daop 1 Jakarta masih cukup tinggi," ujar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Puncak Arus

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan puncak arus balik mudik Lebaran 2022, diprediksi akan terjadi pada 6 sampai 8 Mei 2022. Dia pun mengimbau pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi untuk pulang lebih awal atau setelah puncak arus balik.

Hal ini dilakukan untuk mencegah kemacetan saat arus balik mudik Lebaran 2022. Kendati begitu, Jokowi mengingatkan agar pemudik mengatur waktu kepulangan sesuai aturan yang ditetapkan di tempat kerja.

"Untuk menghindari kepadatan arus balik dan agar kita semua nyaman di perjalanan, saya mengimbau, saya mengajak Bapak/Ibu, saudara-saudara yang melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi agar kembali lebih awal atau kembali setelah puncak arus balik," jelas Jokowi melalui Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (3/5/2022).

"Tentunya sesuai dengan izin yang didapatkan dr tempat kerja," sambungnya.

3 dari 3 halaman

Kebijakan

Dia memastikan bahwa pemerintah akan selalu berupaya mengatur perjalanan arus balik dengan manajemen lalu lintas untuk mengurai kemacetan.

Jokowi mengatakan pemerintah akan tetap memberlakukan kebijakan ganjil genap, one way (satu arah), dan larangan truk masuk ke jalan tol.

"Semua dilakukan agar masy tetap nyaman," ucap dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.