Sukses

Kapolda Minta Kapolres Bogor Update Informasi Lalu Lintas di Jalur Puncak 4 Jam Sekali

Kapolda Jabar Irjen Pol Suntana meminta Kapolres Bogor AKBP Iman Imannudin menyampaikan informasi secara berkala terkait kondisi lalu lintas di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor.

Liputan6.com, Jakarta Kapolda Jabar Irjen Pol Suntana meminta Kapolres Bogor AKBP Iman Imannudin menyampaikan informasi secara berkala terkait kondisi lalu lintas di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor.

Ini dilakukan agar masyarakat yang hendak melakukan perjalanan melalui jalur Puncak dan Cianjur dapat memiliki panduan waktu yang tepat serta informasi yang akurat.

"Saya sudah arahkan ke Pak Kapolres untuk mengupdate dinamika ini setiap 4 jam sekali. Jadi sesudah evaluasi malam, diwajibkan untuk memberikan press release pertanggungjawaban kepada publik bahwa jalur Puncak sudah aman," kata Suntana saat mengunjungi Pos Gadog, Bogor, Kamis (5/5/2022).

Selain itu, menyampaikan informasi kepada masyarakat terkait jadwal rekayasa lalu lintas yang akan diberlakukan esok hari di jalur Puncak.

"Bila one way yang direncanakan jam 7 sampai jam 12 siang ada perpanjangan, maka harus segera disampaikan ke masyarakat," ujar Suntana.

Ia mencontohkan seperti hari ini, one way mengarah Puncak seharusnya diberlakukan sampai dengan pukul 12.00 WIB, namun mengingat arus lalu lintas masih cukup padat sehingga rekayasa lalu lintas tersebut diperpanjang satu jam.

"Mohon kepada masyarakat dari Cianjur yang akan melakukan perjalanan ke Bogor-Jakarta terpaksa harus tertunda," ucapnya.

Suntana meminta maaf kepada para pengendara karena pihaknya telah memberlakukan kebijakan arus searah atau one way di jalur mudik. Dia menyatakan, semua manajemen lalu lintas yang dilakukan untuk membuat arus mudik bisa maksimal.

Suntana mengaku sudah melakukan pemantauan di beberapa jalur mudik sejak Sabtu (30/4/2022). Situasi arus lalu lintas di jalan tol dari arah barat menuju wilayah timur, baik ke Jawa Tengah melalui Cirebon atau ke wilayah Bandung, tidak sepadat kemarin.

"Operasi Ketupat 2022 semuanya terkendali, tidak ada kriminalitas maupun kecelakaan yang menonjol," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Puncak Arus Balik Lebaran 2022 Diprediksi Jumat Sampai Minggu

 Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Suntana memprediksi puncak arus balik lebaran 2022 pada Jumat hingga Minggu atau 6 sampai 8 Mei 2022.

Suntana juga menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah mengikuti imbauan pemerintah untuk kembali ke perantauan lebih awal. Dia memastikan arus balik lebaran 2022 akan berjalan lancar. 

"Pemerintah sudah mengimbau kepada masyarakat untuk tidak pulang bersama-sama tanggal 6, 7, dan 8 Mei yang diprediksi menjadi puncak arus balik," kata Suntana saat mengecek kesiapan pengamanan arus balik Hari Raya Idul Fitri 1443 H di Rest Area KM 229 Tol Pejagan - Kanci, Kabupaten Cirebon, Kamis (5/5/2022). 

 

 

Dari data yang ada sejak kemarin hingga hari ini, dia melihat sudah ada masyarakat dari wilayah Jawa Tengah, Bandung, dan lainnya kembali ke Jakarta.

Dengan demikian, jumlah kendaraan yang akan kembali ke Jakarta pada tanggal 6, 7, dan 8 Mei diperkirakan sudah bisa berkurang sejak beberapa hari sebelumnya. 

"Karena sudah balik lebih awal dan jalur pun relatif ramai lancar," katanya. 

Dia mengakui, arus kendaraan dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah hingga kini masih ramai. Dia menyampaikan, secara umum situasi masih kondusif termasuk di jalur wisata seperti Lembang dan puncak Bogor. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.