Sukses

Dampak Banjir, Jalan di Perumahan Tangsel Ambles Saat Dilalui Truk

Diduga lantaran terus terendam banjir, jalan yang melewati saluran drainase di Perumahan Puri Pamulang, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), ambles, pada Rabu 4 Mei 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Diduga lantaran terus terendam banjir, jalan yang melewati saluran drainase di Perumahan Puri Pamulang, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), ambles, pada Rabu 4 Mei 2022.

Berdasarkan informasi, Jalan Raya Puri Pamulang itu tiba-tiba ambles ketika dilewati truk pengangkut material pasir milik Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga, dan Bina Konstruksi Kota Tangsel.

Diduga kondisi jalan itu telah tergerus arus banjir yang meredam wilayah tersebut pada Jumat, 29 April dan Senin, 1 Mei 2022.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tangerang Selatan Uci Sanusi mengatakan, pasca ambles jalan tersebut, langsung diperbaiki oleh pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

"Ya saat ini oleh Dinas PU sedang ditangani, untuk dilakukan perbaikan," katanya, Kamis (5/5/2022).

Sementara, pasca banjir yang sempat merendam beberapa kawasan di Kota Tangsel, Dinas Pekerjaan Umum (DPU) setempat akan melakukan perbaikan sejumlah saluran air dan kerusakan di 14 titik banjir.

"Penanganan permanen dilakukan setelah lebaran. Saat ini sudah kami lakukan penanganan berupa pembersihan puing-puing dari kali dan pemasangan tanggul sementara (sandbag)," jelas Kepala Dinas Sumber Daya Air Bina Marga dan Bina Konstruksi Kota Tangsel, Robby Cahyadi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terjadi di 3 Lokasi

Dia menuturkan, tanggul kali yang jebol itu, terjadi di 3 lokasi. Yakni di Perumahan Puri Pamulang, Rosewood dan Perum Pamulang Asri.

"Sebabnya karena curah hujan tinggi pada saat kejadian. Ketiga titik tanggul yang jebol itu dibangun pengembang dan warga sejak dahulu (sebelum terbentuk Tangsel)," jelasnya.

Atas kejadian itu, tim lapangan Dinas PU Tangsel, kata Robby juga langsung diterjunkan untuk mengatasi banjir dan tanggul jebol di Puri Pamulang, Pamulang Asri dan Rosewood, Ciputat, pada aliran Kali Cibenda.

"Penanganan berupa pembuatan tanggul sementara dari karung pasir dan pembersihan aliran kali dengan eksavator. Konstruksi permanen akan kita bangun pasca libur lebaran ini, simultan dengan penyusunan desain teknis nya," kata Robby.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.