Sukses

Lonjakan Arus Balik di Kalimalang-Bekasi Diperkirakan Mulai Jumat 6 Mei

Kepadatan arus balik di jalur Kalimalang-Bekasi, Kota Bekasi diperkirakan akan mulai terjadi pada Jumat 6 Mei 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Kepadatan arus balik di jalur Kalimalang-Bekasi, Kota Bekasi diperkirakan akan mulai terjadi pada Jumat 6 Mei 2022.

"Lonjakan arus balik para pemudik akan terjadi mulai dari Jumat, Sabtu dan Minggu," ujar Perwira Pos Pengamanan Regu B Hypermall Mega Bekasi Iptu Devi Sumardiono, di Jakarta, Rabu 4 Mei 2022.

Pihaknya berkoordinasi dengan dinas perhubungan dan Jasa Marga untuk mengatasi kepadatan ketika arus balik nanti.

"Pada Jumat, nanti akan ada rekayasa lalu lintas dan 'one way' (satu arah) tinggal pilih keluar dari tol Bekasi Timur atau tol Bekasi Barat. Jadi, sudah kita siapkan," kata dia dikutip dari Antara.

Kemudian, ia mengatakan akan ada perluasan pintu tol (gate) tol untuk pengendara dari arah Cikampek menuju Jakarta. Hal itu dilakukan untuk memecah kemacetan lalu lintas yang dari arah Cikampek menuju Jakarta.

"Untuk kendaraan yang melintas roda dua maupun roda empat dari jam 08.00 sampai saat ini 16.00 WIB, kendaraan roda dua sebesar 1.180, kendaraan roda empat sebanyak 928. Pukul 10.00-12.00 WIB, kendaraan roda dua sebanyak 2.670, sedangkan kendaraan roda empat sebesar 1.874," kata Devi.

Kemudian pukul 12.00-14.00 WIB, kendaraan roda dua sebesar 3.245, kendaraan roda empat sebanyak 2.130.

"Pukul 14.00 - 16.00 WIB kendaraan roda dua yang melintas sebanyak 5.741 sedangkan kendaraan roda empat sebesar 3.892," kata Devi.

Sementara itu, pemudik lokal tampak mendominasi jalur Kalimalang-Bekasi, Kota Bekasi dengan kondisi lalu lintas ramai lancar pada Rabu 4 Mei.

Kawasan Kalimalang-Kota Bekasi adalah jalur alternatif bagi para pemudik yang menuju ke Jawa Tengah maupun Jawa Timur dari Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi. Sementara itu di Pintu Tol Bekasi Barat, perjalanan dari Jakarta menuju Cikampek lancar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Persiapan Arus Balik, Polri Siapkan Layanan Call Center Bagi Pemudik

Polri telah menyiapkan sejumlah langkah-langkah guna mengamankan arus balik Lebaran 2022. Dimana diperkirakan akan ada 1.979.127 kendaraan yang akan kembali menuju Jabodetabek.

Karo Penmas Mabes Polri Brigjen Ahmad Ramadhan mengatakan, guna melayani jutaan pemudik yang akan melangsungkan arus balik nanti. Pihaknya, telah menyediakan sejumlah layanan yang dapat diakses masyarakat.

"Kami siap melayani masyarakat sampai tujuan dengan selamat, untuk mengetahui update info masyarakat dapat menghubungi call center 1500669, atau SMS center 9119, atau wa center 08517155292," katanya, Rabu (4/5/2022).

Informasi terkait arus mudik, lanjut Ramadhan, sangat diperlukan masyarakat agar dapat mengikuti informasi perkembangan di lapangan nantinya.

Selain melalui sejumlah layanan yang dapat langsung diakses masyarakat, pihak kepolisian juga telah menyediakan berbagai update yang akan disebarkan melalui berbagai media.

"Selalu mengikuti arahan petugas di lapangan dan mengikuti perkembangan informasi terupdate terkait rekayasa lalin di media online, radio, tv maupun media sosial, di Instagram NTMC Polri, NTMC Update," sebutnya.

3 dari 4 halaman

Pesan Polri ke Pemudik saat Arus Balik: Jangan Menunggu Selesai One Way

Polri mengimbau kepada masyarakat untuk tidak menunggu di ruas pintu masuk atau Gerbang Tol (GT) ketika terhenti, karena pemberlakuan skema one way atau satu arah pada sejumlah ruas jalan tol ketika arus balik mudik lebaran nanti.

"Tidak menunggu selesainya one way di entry gerbang tol," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan, saat jumpa pers, Rabu (4/ 5).

Pasalnya, berkaca dari diberlakukannya one way saat arus mudik kemarin. Terut berimbas pada penumpukan kendaraan yang masih memaksa menunggu hingga pemberlakuan one way selesai.

"Sehingga tidak terjadi penumpukan kendaraan," sebut Ramadhan.

Atas hal ia menghimbau kepada para pengendara nantinya untuk mencari rute alternatif melalui sejumlah jalan arteri dan tidak perlu menunggu pemberlakuan one way selesai. 

"Kami menghimbau masyarakat untuk menggunakan rute alternatif," kata dia.

Pasalnya, Ramadhan mengatakan meski dalam pemberlakuan one way telah dijadwalkan dimulai sejak 6-9 Mei 2022. Tetapi, pelaksanaanya akan dijalankan secara situasional melihat kondisi di lapangan. 

Apabila volume kendaraan sangat padat menuju Jakarta, maka sejak hari Jumat tanggal 6 Mei 2022 pukul 14.00 sampai 24.00 WIB akan diberlakukan one way dimulai GT Kalikangkung KM 414 sd Tol Cikampek KM 47, diteruskan Contra Flow sampai dengan KM. 28,5.

"Rekayasa lalu lintas ini juga berlaku dan bersifat situasional pada puncak arus yang diprediksi akan terjadi pada hari Sabtu tanggal 7 Mei dan hari Minggu tanggal 8 Mei 2022," katanyam

Sehingga, bisa secara tiba-tiba perubahan dilakukan sesuai diskresi petugas di lapangan dengan menyesuaikan kebutuhan di lapangan.

 

4 dari 4 halaman

Manfaatkan Jalur Alternatif

Sementara, Ramadhan menyampaikan kepada masyarakat yang tidak melintas di jalan tol ketika diberlakukan one way bisa memanfaatkan sejumlah rute alternatif, seperti ketika menuju Bandung dari Jakarta.

"Terus mensosialisasikan rute alternatif menuju Bandung dari Jakarta saat penerapan one way," katanya.

Berikut rute-rute alternatif Jakarta arah Bandung: 

1. Jagorawi – Puncak – Cisarua – Cipanas – Cianjur – Sukaluyu – Cipatat – Padalarang – Bandung.

2. Jagorawi – Cibubur – Cileungsi – Jonggol – Cianjur – Padalarang – Bandung.

3. Kalimalang – Kedung Waringin – Karawang – Purwakarta – Wanayasa – Lembang – Bandung.

4. Kalimalang – Kedung Waringin – Karawang – Purwakarta – Sukatani – Darangdan – Cikalong – Padalarang –

Bandung.

5. Jagorawi – Sukabumi – Cianjur – Padalarang – Bandung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.