Sukses

Sistem One Way dari Puncak Bogor ke Jakarta Diberlakukan hingga Pukul 22.00 WIB

Arus kendaraan diprediksi cukup tinggi, besok pagi pukul 07.00 WIB, polisi sudah menyiapkan one way kembali ke arah Puncak Bogor.

Liputan6.com, Jakarta Petugas Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Bogor memberlakukan arus lalu lintas satu arah (one way) dari Puncak, Bogor mengarah ke Jakarta pada Rabu pukul 14.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB.

"Sebetulnya untuk one way sendiri kami berlakukan secara situasional, namun tadi saat ini untuk one way arah bawah itu kami mainkan pukul 14.00 WIB. Prediksi kami, ya kami upayakan secepatnya. Namun prediksi berakhir di pukul 22.00 WIB," kata Kepala Satlantas Polres Bogor AKP Dicky Anggi Pranata di Pos Polisi Simpang Gadog, Jawa Barat, Rabu (4/5/2022)

Rabu malam ini, kata Dicky, berdasarkan dari pantauan kamera pengawas CCTV terlihat arus kendaraan dari arah Cianjur, Jawa Barat masih cukup deras.

Selain itu, yang juga menjadi kendala lalu lintas dari Puncak ke Jakarta karena masih tinggi tingkat kegiatan masyarakat hingga lalu lalang penyeberang yang menyeberang jalan.

Sehingga, menurut Dicky, untuk saat ini yang paling efektif dalam mengurai kepadatan tersebut adalah dengan melaksanakan arus lalu lintas satu arah.

"Karena dengan adanya one way ini kami betul-betul fokus, total, melakukan penarikan arus (kendaraan)," ujar Dicky yang dilansir dari Antara.

Dicky mengimbau agar pengendara dari arah Jakarta yang tertahan saat pemberlakuan arus kendaraan satu arah agar mengikuti terus perkembangan situasi saat ini yang sifatnya situasional.

Selain itu, pengendara juga diimbau untuk memanfaatkan sejumlah jalur alternatif yang tersedia.

"Besok pagi, karena kami masih memprediksi arus kendaraan yang cukup tinggi, besok pagi pukul 07.00 WIB, kami sudah menyiapkan one way arah atas kembali," tutur Dicky.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Padat pada H+2 Lebaran

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polresta Bogor Kota, Jawa Barat, AKP Galih Apria melaporkan pada H+2 Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah kepadatan lalu lintas kendaraan terjadi di titik-titik tempat wisata.

"Pantauan lalin H+2 di tujuh pos pengamanan dan pelayanan Lebaran 2022, terjadi kepadatan di titik yang ada tempat wisatanya," ujar Galih di Kota Bogor, Selasa.

Galih menyampaikan sesuai prediksi, puncak kepadatan lalu lintas di Kota Bogor terjadi pada H+2 bukan karena mudik lebaran, melainkan di tempat wisata.

Terdapat tiga titik kepadatan yang terpantau petugas gabungan Satlantas Polresta Bogor Kota, Kodim 0606 dan Dinas Perhubungan Kota Bogor, yakni di pos pengamanan Bogor Selatan di simpang Bogor Nirwana Residence (BNR) yang terdapat sejumlah tempat wisata, seperti Jbone dan Junggle Fest.

Kemudian, di tempat wisata Kuntum di wilayah pos pengamanan Bogor Timur dan di Kebun Raya wilayah pos pengamanan Bogor Tengah.

Selain itu, kata Galih, Polresta Bogor Kota juga melakukan perimbangan atas kebijakan Polres Bogor yang memberlakukan sistem satu jalur di Kawasan Puncak Bogor.

"Jadi saat one way ke arah Jakarta, kami hanya membuka (pintu tol) dari arah Jakarta menuju Bogor Kota dan yang Ciawi kita luruskan agar menghindari penumpukan kendaraan," kata Galih.

Pantauan Antara di Lapangan, lalu lintas di Kota Bogor ramai lancar dan hanya terjadi kepadatan di sejumlah persimpangan.

Mulai dari Jalan Pajajaran, Sistem Satu Arah (SSA) Jalan Otista sekitar Kebun Raya Bogor ramai lancar sejak pagi hingga malam. Sementara, pada pukul 19.00 WIB, antrean kendaraan terjadi di simpang Cipaku.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.