Nasdem: Rekomendasi Anies, Andika Perkasa dan Ganjar Capres Hanya Usulan Kader

Oleh Fachrur Rozie pada 04 Mei 2022, 20:57 WIB
Diperbarui 04 Mei 2022, 20:57 WIB
Ridwan Kamil, Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo
Perbesar
Ridwan Kamil, Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Teritorial Pemenangan Pemilu Banten-DKI Jakarta Partai Nasdem A Effendy Choirie atau yang kerap disapa Gus Choi membenarkan adanya aspirasi dari Pengurus Nasdem DKI-Banten yang memunculkan nama selain Gubernur DKI-Jakarta Anies Baswedan dalam bursa calon presiden 2024.

Nama lain yang dimaksud yakni Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Menteri BUMN Erick Thohir.

"Aspirasi yang sekarang berkembang itu Pak Anies, Panglima TNI, Erick Thohir, dan Ganjar Pranowo," ujar Gus Coi dikonfirmasi Liputan6.com, Rabu (4/5/2022).

Dia mengatakan, usulan kader Nasdem memilih nama Andika Perkasa lantaran sosok Andika yang dirasa pas memimpin negara. Selain itu, banyak kader Nasdem yang memiliki keluarga dan kerabat di lingkungan TNI.

Sementara munculnya nama Ganjar lantaran ada beberapa kader yang merasa cocok dengan kepemimpinan Gubernur Jawa Tengah tersebut.

"Pasti juga karena dia menarik, di dalam Nasdem memang bervariasi, ada kaum nasionalis merah juga ada di Nasdem, tentunya mungkin ada kesamaan dan kecocokan dengan Ganjar," kata dia.

Lagipula, menurut Gus Choi, nama-nama tersebut masih sebatas aspirasi. Nama-nama tersebut nantinya akan digodog ulang dalam rapat kerja wilayah (rakerwil) yang akan berlangsung pada akhir Mei 2022 ini.

SelanjutnyaNama-nama yang terpilih dalam rakerwil diserahkan kepada Ketua Umum Nasdem Surya Paloh dalam rakernas yang berlangsung 15-17 Juni 2022.

"Semakin banyak nama, semakin bagus, karena Pak Surya Paloh jadi punya banyak pilihan untuk menentukan," kata dia.

Partai nasdem akan menyerahkan tiga nama yang akan diusung menjadi calon presiden yang akan berlaga di Pemilu 2024 ke Ketua Umumnya Surya Paloh.

Adapun penyerahkan Capres 2024 itu akan diserahkan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Nasdem yang rencananya akan diadakan di Jakarta Convention Center, Jakarta, pada 15-17 Juni 2022.

"Rakernas nanti kita akan merekomendasikan tiga nama capres kepada Pak Surya," kata Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya dalam sambungan telepon, Selasa (3/5/2022).

 

 


Diserahkan ke Surya Paloh

Menurut dia, nanti Surya Paloh akan memilih salah satu nama untuk menjadi Capres yang akan diusung oleh NasDem untuk berlaga di Pemilu 2024. Meski demikian, Willy masih enggan membeberkan siapa ketiga kandidat capres yang akan diberikan ke Surya Paloh tersebut.

Bahkan, lanjut dia, selain teknis soal pemilihan Capres 2024, Surya Paloh juga yang akan menentukan siapa yang diajak untuk berkoalisi dan bergabung untuk bisa berlaga di Pemilu 2024.

"Nanti akan diserahkan ke Pak Surya. Pak Surya yang menentukan siapa yang akan beliau pilih, dan teknis waktu nanti kita serahkan ke Pak Surya, karena sekaligus juga membangun koalisi pengusung," kata Willy.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal NasDem Johnny G Plate mengatakan, partainya akan melihat tokoh yang sudah ramai dibicarakan di publik sebagai calon presiden.

Misalnya dari hasil lembaga survei, muncul nama-nama Ganjar Pranowo, Anies Baswedan dan Ridwan Kamil.

"Kita memperhatikan tidak saja apa yang ada di ruang publik, yang terkait proses elektoral, yang ada di ruang publik itu kan hasil dari lembaga-lembaga survei, itu pasti menjadi perhatian. Karena calon presiden yang ditampilkan harus memenuhi syarat-syarat elektoral," kata dia.

infografis journal
Perbesar
infografis journal
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya