Sukses

Volume Kendaraan Menuju Puncak Meningkat, Polisi Bakal Terapkan One Way Lebih Awal

Volume kendaraan di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, diperkirakan akan terus meningkat sampai akhir libur Lebaran 2022.

Liputan6.com, Bogor - Volume kendaraan di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, diperkirakan akan terus meningkat sampai akhir libur Lebaran 2022.

Oleh karena itu, Polres Bogor berencana akan memberlakukan one way dari arah Jakarta menuju Puncak lebih awal, yang biasanya mulai diterapkan sekitar pukul 07.00 WIB.

"Melihat situasi dan kondisi hari ini, rencananya besok kami akan berlakukan one way dari jam 06.00 WIB pagi, untuk mengarah Puncak," ujar Kapolres Bogor AKBP Iman Imannudin, Rabu (4/5/2022).

Sementara dari arah sebaliknya atau Puncak menuju Jakarta akan diberlakukan secara situasional, melihat kondisi lalu lintas di jalur penghubung Bogor dengan Cianjur ini.

"Untuk one way dari arah Puncak menuju Jakarta dilakukan situasional, dilihat kondisi dan situasi lalu lintasnya bagaimana," kata dia.

Iman mengungkapkan, sistem one way menuju Puncak akan diberlakukan lebih awal karena melihat volume kendaraan pada hari ketiga Lebaran 2022 mengalami peningkatan cukup signifikan. Dan diperkirakan peningkatan volume kendaraan akan terus terjadi mengingat libur Lebaran masih panjang.

Iman memperkirakan sekitar 90 ribu kendaraan memasuki kawasan wisata Puncak sejak Rabu pagi hingga siang. Sebanyak 40 ribu kendaraan roda empat dan 50 ribu kendaraan roda dua.

"Volume kendaraan yang masuk menuju Puncak meningkat. Roda empat sekitar 40 ribu dan roda dua sekitar 50 ribu kendaraan," ujar Iman.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Peningkatan Volume

Dengan demikian, hari ini terjadi peningkatan volume kendaraan sebesar 40 persen dibanding pada hari kedua libur Lebaran. Umumnya, kendaraan yang masuk didominasi plat B.

Meningkatnya volume kendaraan dari arah Jakarta sejak Rabu pagi hingga pukul 11.30 WIB, membuat di beberapa titik jalur menuju Puncak mengalami kemacetan. Kemacetan terpantau di antaranya selepas pintu tol Ciawi sampai dengan simpang Gadog.

"Dari pemantauan pengendara akan berwisata di Puncak dan Cianjur. Seperti menginap di vila, hotel, dan tempat wisata lainnya," ujar Iman.

Polisi pun memberlakukan one way mengarah Puncak untuk mengurai kemacetan dari sekitar pukul 07.00-13.00 WIB.

"Saat ini kami sedang memberlakukan one ke arah Jakarta. Karena tadi ekor yang mengarah ke Puncak sudah habis di simpang Gadog," kata dia.

3 dari 3 halaman

Kemacetan

Namun demikian, hingga sore ini masih terjadi kemacetan di beberapa titik ruas jalan dari Puncak mengarah Jakarta. Menurutnya, beberapa titik kemacetan di antaranya di ruas Pasir Muncang, Tanjakan Selarong, Simpang Megamendung, Pasar Cisarua, simpang Taman Safari Indonesia, dan Gunung Mas.

Ada beberapa penyebab terjadinya kemacetan selain meningkatnya volume kendaraan, yakni adanya bottle neck, banyaknya pengendara yang beristirahat di bahu jalan tepat di depan sentra penjualan oleh-oleh maupun SPBU.

Kemudian, keluar masuk kendaraan di setiap persimpangan, dan aktivitas masyarakat di pasar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.