Sukses

Jalur Jakarta Arah Bandung One Way 6-8 Mei 2022, Ini 4 Rute Alternatifnya

Polisi memberlakukan rekayasa lalu lintas one way saat puncak arus balik Lebaran 2022, yakni pada 6 Mei sampai dengan 8 Mei untuk jalur Jakarta menuju Bandung.

Liputan6.com, Jakarta - Polisi memberlakukan rekayasa lalu lintas one way saat puncak arus balik Lebaran 2022, yakni pada 6 Mei sampai dengan 8 Mei untuk jalur Jakarta menuju Bandung. Para pengendara yang bermaksud melakukan perjalanan pun diharapkan mengetahui adanya empat jalan alternatif.

"Ini merupakan alternatif rute Jakarta menuju Bandung saat one way arus balik Semarang-Jakarta tanggal 6-8 Mei 2022," tutur Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo dalam keterangannya, Rabu (4/5/2022).

Adapun rute alternatif Jakarta-Bandung adalah sebagai berikut:

1. Alternatif 1

Jagorawi-Puncak-Cisarua-Cipanas-Cianjur-Sukaluyu-Cipatat-Padalarang-Bandung

2. Alternatif 2

Jagorawi-Cibubur-Cilengsi-Jonggol-Cianjur-Padalarang-Bandung

3. Alternatif 3

Kalimalang-Kedung Waringin-Karawang-Purwakarta-Wanayasa-Lembang-Bandung

4. Kalimalang-Kedung Waringin-Karawang-Purwakarta-Sukatani-Darangdan-Cikalong-Padalarang-Bandung

Korlantas Polri menyebut pada dasarnya kebijakan lalu lintas pada arus balik Lebaran akan mirip-mirip dengan aturan saat arus mudik.

Dalam SKB disebutkan, Polri dapat memberlakukan sistem satu arah mulai KM 442 (Gerbang Tol Bawen) dengan mempertimbangkan kondisi faktual volume lalu lintas yang terjadi.

Di bawah ini adalah jadwal kebijakan ganjil genap dan one way saat arus balik:

6 Mei 2022

Sistem satu arah dan pelat genap akan berlaku dari pukul 14.00 WIB hingga 24.00 WIB. Titiknya akan dimulai dari Gerbang Tol Kalikangkung KM 414 sampai KM 47 Tol Jakarta-Cikampek (arah barat).

7 Mei 2022

Sistem satu arah dan pelat ganjil akan berlaku dari pukul 07.00 WIB hingga 24.00 WIB. Titiknya akan dimulai dari Gerbang Tol Kalikangkung KM 414 sampai KM 47 Tol Jakarta-Cikampek (arah barat).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Titik Berikutnya

8 Mei 2022

Sistem satu arah dan pelat genap akan berlaku pada pukul 07.00 WIB sampai 24.00 WIB. Titiknya akan dimulai dari Gerbang Tol Kalikangkung KM 414 sampai KM 47 Tol Jakarta-Cikampek (arah barat).

9 Mei 2022

Sistem satu arah dan pelat ganjil akan berlaku pada pukul 00.00 WIB sampai 03.00 WIB. Titiknya akan dimulai dari Gerbang Tol Kalikangkung KM 414 sampai KM 47 Tol Jakarta-Cikampek (arah barat).

Sementara dijelaskan oleh Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Inspektur Jenderal Firman Shantyabudi, bagi para pengguna mobil yang tak mematuhi kebijakan ganjil genap akan diminta putar balik.

Pada dasarnya kepolisian sudah memasang rambu lalu lintas utamanya di dekat pintu masuk jalan tol.

"Jadwalnya sudah ada (kendaraan tidak sesuai) jangan masuk tol daripada kami putar balik. Masyarakat sudah tahu jangan ada yang sengaja, coba-coba, atau ngetes-ngetes. Ini untuk kelancaran semuanya," kata Firman dalam keterangan resminya.

 

3 dari 4 halaman

Tol Jagorawi Arah Puncak Diberlakukan Contra Flow

Jakarta Jasa Marga Metropolitan Tollroad (JMT) pagi ini memberlakukan contra flow di Ruas Tol Jagorawi arah Ciawi, Puncak, untuk mengurai lalu lintas yang menuju Ciawi/Puncak dan Sukabumi.

"Pemberlakuan contra flow dimulai 4 Mei 2022 pukul 06.30 WIB pada Km 44+500 sampai dengan 46+500 khusus kendaraan yang akan menuju Simpang Ciawi/Sukabumi," kata General Manager Representatif Office 1 Regional Jasamarga Metropolitan Tollroad, Tri Wahyu Subekti dalam keterangannya, Rabu (4/5/2022).

Dengan diberlakukannya contra flow, Tri menyampaikan jika pihak Jasa Marga telah memasang rambu-rambu dan menempatkan petugas pengaturan lalu lintas di lokasi.

"Untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan," katanya.

"Jasa Marga mengimbau kepada masyarakat agar mempersiapkan diri sebelum melakukan perjalanan dengan memastikan kondisi kendaraan siap jalan, kondisi pengemudi yang prima, memperhatikan kecukupan BBM dan uang elektroniknya untuk kenyamanan perjalanan," tambahnya.

Pemberlakukan contra flow ini menyusul hari libur lebaran dimana arus kendaraan menuju kawasan Puncak, Bogor mulai dipadati pengendara. Hingga pihak kepolisian pada Selasa kemarin sempat diberlakukan sistem one way.

"Pukul 12.00 Wib, kendaraan dari arah Jakarta menuju akan ditutup dan diberlakukan sistem one way dari arah Puncak ke arah Jakarta," demikian unggahan dikutip dari akun resmi @tmcpolresbogor, Selasa (3/5/2022).

4 dari 4 halaman

Tol Layang MBZ Arah Bandung Ditutup, Kendaraan Dialihkan ke Lajur Bawah

Jalan Tol Layang Mohammed Bin Zayed (MBZ) arah Cikampek kembali ditutup. Penutupan dilakukan untuk mengurai padatnya lalu lintas kendaraan yang menuju arah Cikampek dan Bandung. Penutupan dilakukan sejak pukul 08.48 WIB.

"Lalu lintas Jalan Layang MBZ dari Jatibening, Jatiasih, dan Kalimalang arah Karawang ditutup sementara, lalu lintas dialihkan ke ruas Tol Jakarta-Cikampek jalur bawah," cuit Jasa Marga di akun @ptjasamarga dikutip Rabu (4/5/2022).

Dalam cuitanya Jasa Marga menyebut ada penumpukan kendaraan di jalur pertemuan kendaraan dari Jalan Tol Layang MBZ dengan jalur bawah Tol Jakarta-Cikampek.

Adanya pertemuan kendaraan itu menyebabkan kemacetan hingga kurang lebih 2 KM.

"Karawang Barat KM 46 - KM 48+200 arah Cikampek padat, lepadatan pertemuan lalin jalur atas dan jalur bawah," kata Jasa Marga.

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mengantisipasi kepadatan arus balik Lebaran Idul Fitri 1443 H. Salah satunya menyiapkan rekayasa lalu lintas di Jalan Halim Perdanakusuma.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menerangkan, puncak arus balik diprediksi terjadi pada 6 Mei 2022 hingga 9 Mei 2022.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.