Sukses

Tol Layang MBZ Arah Bandung Ditutup, Kendaraan Dialihkan ke Lajur Bawah

Jalan Tol Layang Mohammed Bon Zayed (MBZ) arah Cikampek kembali ditutup. Penutupan dilakukan untuk mengurai padatnya lalu lintas kendaraan yang menuju arah Cikampek dan Bandung.

Liputan6.com, Jakarta Jalan Tol Layang Mohammed Bin Zayed (MBZ) arah Cikampek kembali ditutup. Penutupan dilakukan untuk mengurai padatnya lalu lintas kendaraan yang menuju arah Cikampek dan Bandung.

Penutupan dilakukan sejak pukul 08.48 WIB.

"Lalu lintas Jalan Layang MBZ dari Jatibening, Jatiasih, dan Kalimalang arah Karawang ditutup sementara, lalu lintas dialihkan ke ruas Tol Jakarta-Cikampek jalur bawah," cuit Jasa Marga di akun @ptjasamarga dikutip Rabu (4/5/2022).

Dalam cuitanya Jasa Marga menyebut ada penumpukan kendaraan di jalur pertemuan kendaraan dari Jalan Tol Layang MBZ dengan jalur bawah Tol Jakarta-Cikampek.

Adanya pertemuan kendaraan itu menyebabkan kemaceten hingga kurang lebih 2 KM.

"Karawang Barat KM 46 - KM 48+200 arah Cikampek padat, lepadatan pertemuan lalin jalur atas dan jalur bawah," kata Jasa Marga.

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mengantisipasi kepadatan arus balik Lebaran Idul Fitri 1443 H. Salah satunya menyiapkan rekayasa lalu lintas di Jalan Halim Perdanakusuma.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menerangkan, puncak arus balik diprediksi terjadi pada 6 Mei 2022 hingga 9 Mei 2022.

Dia mengatakan, banyak pemudik yang kembali ke Jakarta. Diketahui, muaranya ada di Gerbang Tol Halim.

Sementara, gerbangnya sedikit, belum lagi kalau berlaku kebijakan one way, nanti yang sebelah kanan dipakai masuk ke Jakarta.

Karena itu, perlu rekayasa lalu lintas agar kemacetan bisa diminimalkan.

"Kita sudah menyiapkan cara bertindak dan alternatifnya, sehingga mudah-mudahan kita bisa mengelola kemacetan, sehingga tidak terlalu menimbulkan hal yang tidak baik di masyarakat," kata dia dalam keterangannya, Senin (2/4/2022).

Di sisi lain, pihaknya juga fokus mengatur arus lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek (Japek) khususnya setelah KM 66.

"Itu kan terbagi dua, 60 persen lurus ke Cikampek, 40 persen ke Bandung, 60 persen sampai Semarang itu juga terbagi lagi ada yang keluar Cirebon dan sebagainya," ujar dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Contra Flow Tol Jagorawi Arah Puncak 

Polisi kembali memberlakukan contra flow di Jalan Tol Jakarta-Cikampek menuju Cikampek. Contra flow diberlakukan sejak pukul 09.00 WIB mulai dari KM 47 hingga KM 70.

"Atas diskresi Kepolisian, Jasa Marga berlakukan contra flow KM 47 sampai dengan KM 70 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek," ujar Marketing and Communication Department Head Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division, Tody Satria dalam keterangannya, Rabu (4/5/2022).

Tody mengatakan, contra flow akan diberlakukan buka tutup sambil melihat situasi dan kondisi di lapangan. Tutup buka contra flow dilakukan demi mengurai kemacetan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

"Dengan pertimbangan situasi dan kondisi tingginya volume lalu lintas, pada pukul 08:09 WIB telah dilakukan pemasangan perambuan contra flow dan contra flow mulai diberlakukan pada pukul 09.09 WIB," kata dia.

Jasa Marga mengimbau pengguna jalan berhati-hati dalam berkendara, jaga jarak aman, patuhi rambu-rambu dan ikuti arahan petugas di lapangan.

"Informasi lalu lintas jalan tol Jasa Marga Group dapat diakses melalui One Call Center 24 jam di nomor 14080 dan aplikasi Travoy untuk pengguna iOS dan Android," kata dia.

Mulai Macet

Memasuki hari ketiga lebaran kepadatan arus wisatawan mulai terlihat, seperti halnya arus lalu lintas pada exit tol Ciawi menuju Puncak Bogor hingga mengular, pada Rabu (4/5/2022) pagi ini.

Melalui unggahan akun resmi instagram @TMCPoldaMetro dilaporkan jika terjadi kepadatan kendaraan hingga stuk atau tidak bergerak. Sedangkan untuk arah sebaliknya terpantau ramai lancar.

"09.22 Situasi lalu lintas di Tol Gate Ciawi arah Puncak terpantau padat tidak bergerak," demikian keterangan dalam unggahan tersebut.

Sementara dikutip daru akun resmi PT. Jasamarga telah dilaporkan jika kepadatan kendaraan di Tol Jagorawi terpantau sedari KM 41+400 - Ciawi KM 46+500.

"10.16 WIB #Tol_Jagorawi Bogor KM 41+400 - Ciawi KM 46+500 PADAT, kepadatan arah Puncak. ; Ciawi - Bogor - Cibubur - TMII - Cawang LANCAR," tulisnya.

Sebelumnya, atas diskresi Kepolisian, Jasa Marga Metropolitan Tollroad (JMT) pagi ini tengah memberlakukan contra flow di Ruas Tol Jagorawi arah Ciawi, untuk mengurai lalu lintas yang menuju Ciawi/Puncak dan Sukabumi.

"Pemberlakuan contra flow dimulai 4 Mei 2022 pukul 06.30 WIB pada Km 44+500 sampai dengan 46+500 khusus kendaraan yang akan menuju Simpang Ciawi/Sukabumi," kata General Manager Representatif Office 1 Regional Jasamarga Metropolitan Tollroad, Tri Wahyu Subekti dalam keterangannya, Rabu (4/5/2022).

Dengan diberlakukannya contraflow, Tri menyampaikan jika pihak Jasamarga telah memasang rambu-rambu dan menempatkan petugas pengaturan lalu lintas di lokasi.

"Untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan," katanya.

"Jasa Marga mengimbau kepada masyarakat agar mempersiapkan diri sebelum melakukan perjalanan dengan memastikan kondisi kendaraan siap jalan, kondisi pengemudi yang prima, memperhatikan kecukupan BBM dan uang elektroniknya untuk kenyamanan perjalanan," tambahnya.

Memberlakukan contraflow ini menyusul hari libur lebaran dimana arus kendaraan menuju kawasan Puncak, Bogor mulai dipadati pengendara. Hingga pihak kepolisian pada Selasa (3/ 5) kemarin sempat diberlakukan sistem one way.

"Pukul 12.00 Wib, kendaraan dari arah Jakarta menuju akan ditutup dan diberlakukan sistem one way dari arah Puncak ke arah Jakarta," demikian unggahan dikutip dari akun resmi @tmcpolresbogor, Selasa (3/5/2022) kemarin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.