Sukses

Erick Thohir hingga Menhub Cek Arus Balik Mudik Lebaran Lewat Udara

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, dan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengecek langsung arus mudik serta arus balik Lebaran, Rabu (4/5/2022).

Liputan6.com, Jakarta Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, dan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengecek langsung arus mudik serta arus balik Lebaran, Rabu (4/5/2022).

Mereka meninjau langsung arus balik di wilayah Lampung dengan menggunakan helikopter.

"Menko PMK, Menhub, dan Menteri BUMN mengecek langsung arus mudik dan arus balik pada Rabu, 4 Mei 2022 dengan menggunakan helikopter," kata Erick Thohir kepada wartawan, Rabu.

"(Di) Lampung. Termasuk penyeberangan wilayah yang ditinjau," sambungnya.

Dia menekankan bahwa pemerinrah akan selalu memberikan yang terbaik untuk masyarakat, termasuk perjalanan pada Lebaran tahun ini. Hal ini sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

"Untuk itu para menteri mengecek langsung kondisi di lapangan," ucap dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan puncak arus balik mudik Lebaran 2022, diprediksi akan terjadi pada 6 sampai 8 Mei 2022. Dia pun mengimbau pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi untuk pulang lebih awal atau setelah puncak arus balik.

Hal ini dilakukan untuk mencegah kemacetan saat arus balik mudik Lebaran 2022. Kendati begitu, Jokowi mengingatkan agar pemudik mengatur waktu kepulangan sesuai aturan yang ditetapkan di tempat kerja.

"Untuk menghindari kepadatan arus balik dan agar kita semua nyaman di perjalanan, saya mengimbau, saya mengajak Bapak/Ibu, saudara-saudara yang melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi agar kembali lebih awal atau kembali setelah puncak arus balik," jelas Jokowi melalui Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (3/5/2022).

"Tentunya sesuai dengan izin yang didapatkan dr tempat kerja," sambungnya.

Dia memastikan bahwa pemerintah akan selalu berupaya mengatur perjalanan arus balik dengan manajemen lalu lintas untuk mengurai kemacetan. Jokowi mengatakan pemerintah akan tetap memberlakukan kebijakan ganjil genap, one way (satu arah), dan larangan truk masuk ke jalan tol.

"Semua dilakukan agar masy tetap nyaman," ucap dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tips dari Polisi untuk Pemudik Agar Kemacetan di Tol Tak Terulang Saat Arus Balik

Arus mudik lebaran tahun 2022 telah berlalu sejak 30 April lalu, dimana tercatat sekitar 85,5 juta masyarakat telah melangsungkan mudik lebaran untuk pulang ke kampung halaman.

Dirgakkum (Direktur Penegakan Hukum) Korlantas Polri, Brigjen Aan Suhanan turut mengucapkan terimakasih kepada seluruh pemudik yang telah mematuhi imbauan maupun petugas yang telah mengawal mudik 2022.

"Seluruh masyarakat yang telah mengikuti petunjuk dan arahan, sehingga mudik bisa berjalan lancar. Seluruh anggota kepolisian yang telah tanpa lelah mengawal perjalanan mudik bisa berjalan lancar," tutur Aan kepada merdeka.com, Rabu (4/5/2022).

Berbagai cara pun telah dilakukan pihak kepolisian guna melancarkan mudik lebaran tahun ini. Mulai dari imbauan untuk mudik lebih awal, skema arus lalu lintas mulai dari contraflow, one way, hingga ganjil genap telah diberlakukan.

Namun demikian, selama periode arus mudik kemarin masih saja terdapat kepadataan kendaraan yang kerap dijumpai, salah satunya di jalan bebas hambatan atau tol.

"Ada beberapa catatan yang berakibat perlambatan. Pertama, kapasitas rest area terbatas sementara volume cukup tinggi. Kita lakukan manajemen rest area dengan buka tutup dan membatasi waktu maksimal 30 menit," kata Aan.

Selain itu, kebiasaan para pemudik yang kerap berhenti di bahu jalan berakibat terjadi perlambatan laju kendaraan. Termasuk kedisiplinan para pemudik ketika berpindah jalur yang membuat terjadinya perlambatan.

"Berhenti di bahu jalan, berakibat perlambatan. Tim urai kita melakukan imbauan untuk tidak berhenti di bahu jalan," tuturnya.

"Disiplin lajur dan jalur. Masih ada pemakai jalan menyeberang sendiri berakibat perlambatan dan berbahaya," tambahnya.

Bahkan selama arus mudik kemarin masih saja ditemukan adanya kendaraan yang kurang fit sehingga terpaksa mengalami kendala alias mogok di jalan. Beberapa hal di atas bisa jadi pemicu terjadinya kemacetan.

3 dari 4 halaman

Tips Agar Macet Tak Terulang

Oleh sebab itu, Aan mengimbau kepada para pemudik untuk memperbaiki perilaku maupun memastikan kendaraan layak jalan ketika arus balik nantinya. Supaya tidak terjadi kembali perlambatan di jalan tol.

"Disiplin waktu di rest area maksimal 30 menit. Tidak memaksakan masuk di rest area yang sudah ditutup. Masuk rest area berikutnya atau keluar exit tol terdekat setelah fresh masuk kembali ke tol," tuturnya.

Apabila hendak beristirahat jangan memakai bahu jalan, alangkah baiknya para pemudik untuk mencari pintu gerbang tol keluar terdekat untuk beristirahat.

"Silakan keluar di exit tol terdekat untuk istirahat di jalur arteri setelah itu masuk kembali ke tol atau melalui jalur arteri. Siapkan kendaraan agar tidak ada gangguan dan disiplin lajur maupun jalur ada atau tidak petugas polisi," imbaunya.

4 dari 4 halaman

Strategi Antisipasi Arus Balik

Disamping itu, Aan mengatakan jika pihaknya juga bakal menambahkan kapasitas contraflow dan one way ketika arus balik nanti, berbekal hasil evaluasi disaat arus mudik kemarin.

"Untuk antisipasi arus balik kita siapkan strategi penambahan kapasitas jalan (contra flow maupun one way)," katanya.

Termasuk, kembali memperketat aturan pembatasan angkutan barang 3 sumbu keatas dan penerapan ganjil genap guna mengurangi volume kendaraan yang akan melintas di jalan tol.

"Terakhir, mengimbau masyarakat bisa kembali lebih awal hindari puncak arus tanggal 6, 7 dan 8 mei 2022 untuk mengurangi volume kendaraan pada saat puncak arus," imbaunya. 

Sebelumnya, Pemerintah telah memprediksi puncak arus balik pada Idul Fitri tahun ini akan terjadi pada tanggal 6-8 Mei 2022. Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengingatkan kepada masyarakat melakukan perjalanan mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi untuk kembali lebih awal atau kembali setelah puncak arus balik.

"Untuk menghindari kepadatan arus balik, dan agar kita semua nyaman di perjalanan, saya mengimbau, saya mengajak Bapak, Ibu dan Saudara-Saudara yang melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi agar kembali lebih awal atau kembali setelah puncak arus balik. Tentunya sesuai dengan izin yang didapatkan dari tempat kerja," ujar Presiden Joko Widodo dalam keterangannya di Gedung Agung, Istana Kepresidenan Yogyakarta, Selasa (3/5).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.