Sukses

Prabowo Bertemu Khofifah, Bahas Pertanian hingga Nanas Unggulan

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bersilaturahmi dengan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bersilaturahmi dengan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Kedatangan Prabowo disambut langsung oleh Khofifah di lobi gedung Grahadi, Selasa malam 3 Mei 2022. Keduanya saling bertegur sapa mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri.

"Minal Aidin wal Faizin, Bu Khofifah," ucap Prabowo di lokasi.

"Mohon maaf lahir batin Pak Prabowo, monggo Pak," timpal Khofifah Indar Parawansa.

Setelah itu mereka melihat foto-foto Gubernur Jawa Timur terdahulu yang dipajang di ruang utama Gedung Grahadi. "Ibu Khofifah Gubernur Jawa Timur ke berapa ya?," tanya Prabowo.

"Saya Gubernur ke 14 Pak," jawab Khofifah sambil tersenyum.

Kemudian rombongan diterima di ruang tamu utama gubernur. Sambil menyantap makan malam, Prabowo dan Khofifah terlihat begitu akrab berdiskusi.

Khofifah menyampaikan tentang produk pertanian di 10 kabupaten di Jawa Timur yang mampu menyuplai kebutuhan pangan untuk wilayah Indonesia Timur. Khofifah pun mengaku selalu memantau kebutuhan pangan di Jatim.

Seperti mengecek masa tanam secara intens, ketersediaan benih, pupuk-pupuk. Termasuk saat musim panen.

"Tadi Bu Khofifah menyampaikan kepada Pak Prabowo tentang produk-produk pertanian dan buah-buahan yang mampu menggerakkan perekonomian 10 kabupaten di Jawa Timur. Jadi kabupaten ini memiliki penghasilan padi yang mampu mensupply kebutuhan di wilayah Indonesia Timur," kata Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani.

Prabowo juga disuguhi buah nanas. Salah satu produk unggulan Jawa Timur yang ditanam di tanah lereng Gunung Kelud.

"Nanas ini ditanam dari lereng Gunung Kelud. Salah satu bibit unggulan yang benihnya ditemukan dari kampus IPB," jelas Muzani.

Prabowo lalu memberikan dua buku ciptaannya yang berjudul Paradoks Indonesia dan Kepemimpinan Militer. Buku itu ditandatangani langsung oleh Prabowo. Kemudian Khofifah juga memberikan buku kepada Prabowo yang menceritakan tentang perjalanan serta kerja-kerja Khofifah selama menjabat Gubernur Jatim.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tak Bahas Pilpres

Ketua DPD Gerindra Jawa Timur Anwar Sadad mengungkapkan, belum ada perbincangan terkait Pilpres 2024, apalagi soal perjodohan Prabowo-Khofifah sebagai pasangan capres-cawapres.

"Belum bisa disimpulkan ke arah sana, komunikasi ini sangat berbeda ya, lebih maju dibanding bulan Februari saat pertemuan Sekjen dan Khofifah. Kedua tokoh tukar pandanganlah dalam menjalankan tugas masing-masing," ujarnya, Rabu (4/5/2022).

Sadad mengatakan, salah satu momen dalam pertemuan tertutup tersebut, Khofifah memamerkan produk-produk pertanian holtikultura di antaranya nanas yang tidak ada biji matanya.

"Malah Bu Khofifah ngupas sendiri diberikan ke Pak Prabowo juga ke Pak Sekjen itu adalah produk holtikultura yang punya nilai ekonomi tinggi, dan pasarnya bisa sampai luar negeri. Rasanya enak, manis," ucap pria yang masuk bursa Cagub Jatim 2024 ini menurut sejumlah survei lokal.

Sadad menjelaskan, tidak ada perbincangan politik selama pertemuan Prabowo-Khofifah. Murni hanya silaturahmi dan bertukar pandangan.

"Nggak ada perbincangan politik, suasananya sangat cair. Jadi Ibu menyampaikan semacam outlook ekonomi mengenai Jatim prioritas produk yang mesti dijaga untuk bufferstock nasional. Pak Prabowo juga bicara ringan, kedua tokoh menunjukkan perbincangan yang hangat," ujarnya.

Tidak hanya itu, Wakil Ketua DPRD Jatim ini menyebut, Khofifah menyempatkan diri untuk mengajak keliling Prabowo ke taman belakang Gedung Grahadi. Di taman belakang itu juga disuguhi pemandangan Sungai Kalimas.

"Bahkan Bu Khofifah mengajak Pak Prabowo melihat taman di belakang, sungai yang menurut Pak Prabowo sudah mirip Amsterdam. Dipuji, mengingatkan suasana di Amsterdam," ucapnya.

3 dari 4 halaman

Bertemu Sejumlah Kiai

Sebelumnya, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto bersilahturahmi dengan Kiai Kholil As'ad Pimpinan Pondok Pesantren Walisongo di Situbondo dan Kiai Ahmad Muzaki Syaha Pimpinan Pondok Pesantren Al-Qodiri, Jember. 

Dalam kunjungan ini Prabowo didampingi Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani dan Ketua OKK DPP Gerindra Prasetyo Hadi. Prabowo mengaku, kunjungan ini sudah lama direncanakan. Sebab kedua ulama ini merupakan sahabat lamanya.

"Ya saya berkunjuung untuk halal bi halal Lebaran ya, dan silahturahmi dengan sahabat lama saya," kata Prabowo dalam keterangannya, (3/5/2022).

Sementara itu Muzani menjelaskan, memang Kiai Kholil dan Kiai Muzaki adalah sahabat lama Prabowo.

"Pak Prabowo memang direncanakan akan bersilaturahmi denga para ulama dan tokoh-tokoh di Jawa Timur. Salah satunya Kiai Kholil dan Kiai Muzaki yang memang sejak dulu Pak Prabowo ingin berkunjung," jelas Muzani.

Menurutnya, yang bersangkutan sudah lama ingin bertemu, namun sejak menjabat sebagai Menteri Pertahanan, Prabowo belum sempat bertemu. Karena itu memanfaatkan liburan Lebaran ini untuk berkunjung.

"Karena kesibukan beliau sebagai Menhan dan sekarang adalah hari libur lebaran, Pak Prabowo akhirnya baru bisa berkunjung ke tempat sahabat-sahabat lamanya itu sekarang ini," kata Muzani.

4 dari 4 halaman

Temui Jokowi

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan putranya, Didit Hediprasetyo bertemu dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Mereka bertemu di Gedung Agung, Istana Kepresidenan Yogyakarta.

"Siang hari ini saya ketamuan Pak Prabowo dan Mas Didit dalam rangka silaturahmi di hari yang fitri ini, di hari raya Idulfitri ini," kata Jokowi dalam keterangan tertulis diterima, Senin (2/5/2022).

Jokowi menyampaikan, pertemuannya dengan Prabowo tidak sekedar diisi dengan obrolan, tetapi juga dengan saling bermaaf-maafan. Kepala negara menegaskan, tidak ada obrolan politik yang terjadi antara keduanya saat pertemuan di momen fitri ini.

"Politik ndak (diomongin), ekonomi juga ndak, ringan-ringan semua yang kita bicarakan. Saya rasa yang paling penting sudah saling silaturahmi, dan juga saling bermaafan," jelas dia.

Sementara itu, Prabowo menambahkan, pertemuan dengan Jokowi tentu diiringi oleh makanan khas lebaran.

Dia pun berterimakasih kepada Jokowi dan keluarga yang bersedia menerima kedatangannya.

"Saya tadi makan bakso dan tempe bacem, opor, ada dua macam opornya tadi. Saya rasa itu, terima kasih Bapak Presiden berkenan menerima kami, kehormatan besar, dan kami optimistis menghadapi tahun yang akan datang ini," tandas Prabowo.

 

 

Reporter: Intan Umbari

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.