Sukses

Cuaca Hari Ini Rabu 4 Mei 2022, Jakarta Berawan, Bodetabek Pagi Cerah Berawan

Kondisi cuaca berbeda terjadi di keempat kota penyangga Jakarta. Langit cerah berawan diprediksi BMKG terjadi di wilayah Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi pagi ini.

Liputan6.com, Jakarta Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca berawan menyelimuti seluruh wilayah DKI Jakarta hingga Kepulauan Seribu pagi hari ini, Rabu (4/5/2022).

Siang nanti, hujan ringan turun di sejumlah titik Ibu Kota dan dilaporkan berpotensi hujan dibarengi petir hingga sore hari.

"Waspada potensi hujan disertai kilat/petir di wilayah Jaktim dan Jaksel pada siang hingga sore hari," kata BMKG di peringatan dini cuaca hari ini, Rabu. 

Kondisi cuaca berbeda terjadi di keempat kota penyangga Jakarta. Langit cerah berawan diprediksi BMKG terjadi di wilayah Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi pagi ini dan berlanjut pada malam nanti.

Sementara, hujan intensitas sedang turun di siang hari disertai petir dan angin kencang hingga malam hari.

"Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada waktu siang hingga malam hari di Kab. dan Kota Bogor, Kab. dan Kota Bekasi, Kota Depok," jelas BMKG.

Berikut informasi prakiraan cuaca di Jabodetabek selengkapnya yang dikutip Liputan6.com dari laman resmi BMKG www.bmkg.go.id:

 Kota  Pagi  Siang  Malam
 Jakarta Barat  Berawan  Hujan Ringan  Berawan
 Jakarta Pusat  Berawan  Berawan  Berawan
 Jakarta Selatan  Berawan  Hujan Ringan  Berawan
 Jakarta Timur  Berawan  Hujan Ringan  Berawan
 Jakarta Utara  Berawan  Berawan  Berawan
 Kepulauan Seribu  Berawan  Berawan  Berawan
Bekasi Cerah Berawan Hujan Sedang Cerah Berawan
Depok  Cerah Berawan  Hujan Sedang  Cerah Berawan
Bogor  Cerah Berawan  Hujan Sedang  Cerah Berawan
Tangerang  Cerah Berawan  Hujan Ringan  Berawan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Layanan Informasi Prakiraan Cuaca di Jalan Tol Saat Mudik Lebaran

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) juga mempersiapkan layanan informasi prakiraan cuaca, terutama di jalur tol untuk menghadapi masa mudik Lebaran 2022.

"Layanan yang kami sampaikan di sini adalah informasi cuaca pada jalur transportasi darat, terutama jalan tol, ini akan disiapkan dengan fitur khusus, melalui aplikasi mobile phone infoBMKG. Namun yang kami sampaikan ini adalah prakiraan cuaca," ujar Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam rapat kerja dan rapat dengar pendapat (RDP) bersama Komisi V DPR RI yang diikuti secara daring, mengutip Antara, Jumat, 8 April 2022. 

Dwikorita mengatakan, peringatan dini juga diberikan dari 3 jam hingga 30 menit sebelum kejadian dan disampaikan pula melalui fitur khusus peringatan dini infoBMKG.

"Namun kami juga memohon barangkali dimungkinkan peringatan dini ini bisa ditayangkan pada layar yang ada di jalan tol, untuk informasi jalan tol," kata dia.

Dwikorita berharap, dengan informasi yang disebarluaskan tidak hanya melalui aplikasi ponsel, sehingga BMKG berupaya untuk dapat berkoordinasi dengan pengelola jalan tol, agar peringatan dini juga masuk di dalam info jalan tol.

"BMKG juga akan menyampaikan prakiraan cuaca untuk tempat ibadah serta prakiraan cuaca menjelang hingga Idul Fitri," ucap dia.

3 dari 3 halaman

40 Radar Cuaca Terpasang Guna Kelancaran Mudik Lebaran

Selain itu, Dwikorita menyebut, pihaknya mempersiapkan prakiraan cuaca khusus untuk tempat wisata disertai dengan adanya peringatan dini. 

Menurut Dwikorita, BMKG telah mempersiapkan peralatan yang sudah terpasang di seluruh wilayah Indonesia dan terkalibrasi serta beroperasi dengan baik. Terdapat 40 radar cuaca dan ribuan peralatan yang terpasang guna mendukung kelancaran mudik Lebaran.

Kemudian AWOS (Automated Weather Observing System) juga terpasang di hampir semua bandara di Indonesia, yang memiliki stasiun meteorologi di 98 lokasi.

"Kami menyiapkan radar khusus untuk penyeberangan, yaitu radar maritim, terutama di Gilimanuk-Ketapang, juga di antara Pulau Lombok dan Flores dan juga di Selat Sunda," jelas dia.

Dwikorita mengharapkan layanan cuaca BMKG dapat mendukung kelancaran pemerintah mewujudkan mudik aman dan juga mudik sehat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.