Sukses

Lebaran, Prabowo Subianto Bertolak ke Jatim Bertemu Sejumlah Kiai

Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto memanfaatkan Lebaran untuk bersilahturahmi dengan sejumlah tokoh.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto memanfaatkan Lebaran untuk bersilahturahmi dengan sejumlah tokoh.

Setelah bertemu Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Prabowo kini berada di Jawa Timur bersilahturahmi dengan Kiai Kholil As'ad Pimpinan Pondok Pesantren Walisongo di Situbondo dan Kiai Ahmad Muzaki Syaha Pimpinan Pondok Pesantren Al-Qodiri, Jember.

Dalam kunjungan ini Prabowo didampingi Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani dan Ketua OKK DPP Gerindra Prasetyo Hadi. Prabowo mengaku, kunjungan ini sudah lama direncanakan. Sebab kedua ulama ini merupakan sahabat lamanya.

"Ya saya berkunjuung untuk halal bi halal Lebaran ya, dan silahturahmi dengan sahabat lama saya," kata Prabowo dalam keterangannya, (3/5/2022).

Sementara itu Muzani menjelaskan, memang Kiai Kholil dan Kiai Muzaki adalah sahabat lama Prabowo.

"Pak Prabowo memang direncanakan akan bersilaturahmi denga para ulama dan tokoh-tokoh di Jawa Timur. Salah satunya Kiai Kholil dan Kiai Muzaki yang memang sejak dulu Pak Prabowo ingin berkunjung," jelas Muzani.

Menurutnya, yang bersangkutan sudah lama ingin bertemu, namun sejak menjabat sebagai Menteri Pertahanan, Prabowo belum sempat bertemu. Karena itu memanfaatkan liburan Lebaran ini untuk berkunjung.

"Karena kesibukan beliau sebagai Menhan dan sekarang adalah hari libur lebaran, Pak Prabowo akhirnya baru bisa berkunjung ke tempat sahabat-sahabat lamanya itu sekarang ini," kata Muzani.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tak Ada Bahas Politik

Muzani menegaskan, dalam pertemuani keduanya tidak ada satupun membahas tentang politik. Tujuan dalam kunjungan Prabowo ini hanya sebatas ingin menjaga persahabatan dan tali silaturahmi.

"Tidak ada pembicaraan politik. Pertemuan hanya sebatas halal bi halal dan memperkuat tali silaturahmi antar sesama sahabat lama, disertai makan bersama dengan makanan khas pesantren seperti pecak terong dan ikan goreng," jelas Muzani.

Wakil Ketua MPR itu menambahkan, dalam pertemuan itu Kiai Kholil dan Kiai Muzaki mendoakan Prabowo agar tetap sehat dan segala niat baiknya untuk membangun bangsa ini bisa tercapai.

"Tadi Pak Prabowo didoakan baik oleh Kiai Kholil dan Kiai Muzaki, mendoakan Pak Prabowo selalu sehat, agar kemampuan serta niat-niat baik beliau bisa dimuluskan untuk menjadi presiden pada Pilpres 2024," tutup Muzani.

 

3 dari 4 halaman

Bertemu Jokowi

Hari pertama Idul Fitri 1443 H, dimanfaatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo untuk bersilaturahmi.

Setelah bertemu Sultan Hamengkubuwono X dan Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas, kali ini Menteri Pertahanan Prabowo Subianti dan putranya, Didit Hediprasetyo. Mereka bertemu di Gedung Agung, Istana Kepresidenan Yogyakarta.

"Siang hari ini saya ketamuan Pak Prabowo dan Mas Didit dalam rangka silaturahmi di hari yang fitri ini, di hari raya Idulfitri ini," kata Jokowi dalam keterangan tertulis diterima, Senin (2/5/2022).

Jokowi menyampaikan, pertemuannya dengan Prabowo tidak sekedar diisi dengan obrolan, tetapi juga dengan saling bermaaf-maafan. Kepala negara menegaskan, tidak ada obrolan politik yang terjadi antara keduanya saat pertemuan di momen fitri ini.

"Politik ndak (diomongin), ekonomi juga ndak, ringan-ringan semua yang kita bicarakan. Saya rasa yang paling penting sudah saling silaturahmi, dan juga saling bermaafan," jelas dia.

 

4 dari 4 halaman

Santap Bersama

Sementara itu, Prabowo menambahkan, pertemuan dengan Jokowi tentu diiringi oleh makanan khas lebaran.

Dia pun berterimakasih kepada Jokowi dan keluarga yang bersedia menerima kedatangannya.

"Saya tadi makan bakso dan tempe bacem, opor, ada dua macam opornya tadi. Saya rasa itu, terima kasih Bapak Presiden berkenan menerima kami, kehormatan besar, dan kami optimistis menghadapi tahun yang akan datang ini," Prabowo menutup.

 

 

 

Reporter: Intan Umbari/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.