Dampak Libur Lebaran, Volume Sampah di Tangerang Berkurang

Oleh Pramita Tristiawati pada 03 Mei 2022, 16:00 WIB
Diperbarui 03 Mei 2022, 16:00 WIB
Sampah di Kali Perancis, Kelurahan Dadap, Kabupaten Tangerang, menumpuk.
Perbesar
Sampah di Kali Perancis, Kelurahan Dadap, Kabupaten Tangerang, menumpuk. (Foto: Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tangerang)

Liputan6.com, Jakarta Periode libur Lebaran 2022, ternyata berdampak pada berkurangnya volume sampah yang diangkut oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tangerang.

Hal ini lantaran, banyaknya warga di Kabupaten Tangerang yang pergi mudik Lebaran ke kampung halaman.

Kepala DLH Kabupaten Tangerang, Taufik mengatakan, volume sampah di wilayahnya selama periode cuti bersama sejak 29 April hingga 6 Mei nanti diproyeksikan tidak lebih dari 20 persen jumlah sampah reguler di hari biasanya yang mencapai 2.250 ton sampah per hari.

"Sebab banyak warga yang mudik ke kampung halamannya. Tidak signifikan, hanya sekitar 20 persen (volume sampah)," kata dia, Selasa (3/5/2022).

Meski demikian, dia mengungkapkan, petugas kebersihan tetap disiagakan selama libur cuti bersama. Agar memastikan wilayah Kabupaten Tangerang tetap terjaga kebersihannya seperti hari-hari biasa.

"Total ada 1.401 petugas kebersihan yang kami terjunkan sejak hari Lebaran pertama hingga periode cuti Lebaran ini," kata Taufik.

Dia merinci, 1.401 petugas kebersihan itu terdiri dari 639 sopir dan kernet truk angkutan sampah.

"600 pesapon (petugas penyapu jalanan) taman, 12 petugas Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dan 150 pengawas (mandor)," jelas Taufik.

 


Ditinggal Mudik, Aparat Gabungan Patroli

Ratusan personil gabungan Polri, TNI, dan Satpol PP, lakukan patroli hingga ke pelosok gang di Kota Tangerang, Minggu (1/5/2022) dini hari.

Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Komarudin mengatakan, ada 427 personil yang disebar ke tiap wilayah. Kegiatan ini dilakukan untuk memantau dan memastikan situasi Kamtibmas di wilayah hukumnya dalam keadaan yang kondusif.

"Personel gabungan dari Kodim 0506 Tangerang, Polres Metro Tangerang Kota, Satpol PP dan juga instansi lainnya yang akan kita sebar ke beberapa titik. Dintaranya ada di 9 pos pengamanan kemudian 35 pos pantau," katanya.

Dirinya menjelaskan patroli ini dilangsungkan pada saat masyarakat Kota Tangerang sebagian besar sudah berangkat mudik ke kampung halaman, yakni dimulai pada Sabtu (30/4/2022) hingga Minggu (1/5/2022) dini hari menjelang sahur.

 


Meminimalisir Pelaku Kejahatan

Kapolres juga mengatakan, patroli ini dilakukan untuk mengantisipasi terhadap konvoi yang kemudian potensi ancaman terhadap perkelahian. Sementara itu, dari malam hingga dini hari patroli gabungan ini sudah mendatangi tiga pos pengamanan satu pos pelayanan.

"Sehingga meminimalisir dan memangkas ruang gerak dari para pelaku kejahatan, yang lebih utama dapat memberikan jaminan keamanan kepada seluruh masyarakat Kota Tangerang yang saat ini tentunya sedang melakukan persiapan menjelang datangnya Idul Fitri," kata Kapolres.

Menurutnya, dari empat pos yang dikunjunginya berjalan dengan normal lancar aman tertib.

"Dari hasil patroli malam ini, tidak ada hal-hal yang menonjol, pun demikian beberapa titik yang dipantau memang masih beraktivitas, baik aktivitas ekonomi pasar dan lain sebagainya," katanya.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya