Sukses

Mau Liburan Lebaran ke Ragunan, Simak Aturan Pembelian Tiketnya

Taman Margasatwa Ragunan masih menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi warga Jakarta selama libur Lebaran 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Taman Margasatwa Ragunan masih menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi warga Jakarta selama libur Lebaran 2022. Tercatat, ada 22.785 pengunjung hingga Selasa siang (3/5/2022) dan kemungkinan masih terus bertambah.

"Sampai jam 12.00 WIB, tercatat 22.785 pengunjung ini data terus mengalir ya. Di pintu masuk juga masih ada antrean- antrean yang ingin masuk ke Ragunan," kata Staf Pelayanan Informasi dan Kehumasan Taman Margasatwa Ragunan Bambang Wahyudi saat ditemui, Selasa.

Dia menjelaskan, meski ribuan orang telah memasuki kawasan wisata Ragunan, angka itu masih jauh dari kuota maksimal yang tercatat 45 ribu pengunjung atau 75 persen dari kuota maksimal.

Lantas apa yang harus diperhatikan bagi masyarakat yang hendak ke Ragunan untuk mengisi libur lebaran, Bambang pun menerangkan sejumlah aturan yang harus dijalankan pengunjung:

Pertama, setiap pengunjung untuk terlebih dahulu memesan tiket secara online melalui link yang tersematkan pada akun instagram resmi @ragunanzoo, dengan mengisi formulir untuk selanjutnya ditukarkan ke loket.

"Kami harapkan semua yang antre-antre di pintu masuk yang sudah mendaftar secara online jangan sampai nanti sudah antre panjang ternyata belum daftar secara online," kata Bambang.

Melalui form itu, nantinya pengunjung hanya perlu mengisi data diri beserta KTP yang didaftarkan (1 KTP maksimal untuk 5 orang)

Pelayanan loket sendiri, beroperasi sejak pagi sekitar pukul 07.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB. Kemudian jam operasional Ragunan akan seluruhnya ditutup pada pukul 17.00 WIB.

"Setelah jam lima sore (pengunjung) harus pulang," kata Bambang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Vaksinasi

Kemudian untuk persyaratan, bagi seluruh pengunjung yang hendak ke Ragunan harus dipastikan telah mendapatkan vaksin minimal dosis dua. Sementara bagi anak-anak berusia 6-12 tahun minimal telah mendapat dosis pertama.

"Anak-anak (balita) memang boleh (tidak vaksin) tetapi dengan syarat oranh tuanya sudah divaksin dan tidak terpapar virus. Kalau sudah vaksin ya sudah kebal. Mereka berada di lingkungan yang tidak terpapar virus covid," jelasnya.

Tidak lupa, Bambang juga mengingatkan kepada para pengunjung untuk membawa perlengkapan baik payung maupun jas hujan mengingat intensitas hujan di Jakarta yang masih tinggi.

"Terus cuaca saat ini sedang berubah-berubah jangan lupa bawa perlengkapan jas hujan atau payung. Sedia payung sebelum hujan," imbaunya.

Hal lainnya yang harus diketahui para pengunjung adalah pihak Ragunan telah mewajibkan untuk transaksi pembayaran akses masuk hanya bisa menggunakan kartu Jakcard.

Apabila pengunjung belum memiliki kartu Jakcard, pihak Ragunan telah menyediakan lokasi untuk pembelian tiket Jakcard melalui loket Taman Margasatwa Ragunan dengan harga kartu Rp35.000 (saldo Rp20.000) atau harga Rp65.000 (saldo Rp50.000) untuk kemudian bisa di top up kembali.

 

3 dari 3 halaman

Harga Tiket

Berikut daftar daftar harga tiket Kebun Binatang Ragunan berdasarkan dari laman Instagram @ragunanzoo,

Harga Tiket Masuk

Pengunjung

- Dewasa: Rp4.000

- Anak-anak: Rp3.000

Kendaraan

- Motor: Rp3.000

- Mobil: Rp6.000

- Sepeda: Rp1.000

- Bus Sedang: Rp12.500

- Bus Kecil: Rp15.000

Harga Tiket Wahana

Pusat Primata Schmutzer

- Weekdays/Hari Biasa: Rp6.000 (Dewasa/Anak)

- Weekend/Akhir Pekan: Rp7.500 (Dewasa/Anak)

Children Zoo

- Dewasa: Rp2.500

- Anak-anak: Rp2.500

Kuda Tunggang

- Harga: Rp2.500/satu kali keliling

 

 

Reporter: Bachtiarudin Alam

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.