Sukses

Jalur Puncak Mulai Padat Kendaraan di Hari Kedua Libur Lebaran

Laju kecepatan yang dapat ditempuh oleh kendaraan di titik ini hanya 15-20 km per jam.

Liputan6.com, Bogor - Volume kendaraan di Tol Ciawi arah Simpang Gadog, Puncak, Bogor, mengalami peningkatan, Selasa (3/5/2022) pagi atau satu hari setelah hari raya Idulfitri.

Peningkatan volume kendaraan terpantau pukul 09.30 WIB di KM 44 sampai dengan KM 48. Kendaraan dari arah Jakarta menuju kawasan Puncak bergerak merayap, meskipun pagi ini diberlakukan one way atau satu arah menuju Puncak.

Laju kecepatan yang dapat ditempuh oleh kendaraan di titik ini hanya 15-20 km per jam.

Pemandangan mobil mengular terpantau sampai Simpang Gadog. Selanjutnya, kepadatan kendaraan yang didominasi mobil pribadi juga terjadi di Tanjakan Selarong sampai dengan Simpang Megamendung.

Kemudian, laju kendaraan kembali tersendat di kawasan Pasar Cisarua karena ada aktivitas masyarakat.

Sementara di kawasan simpang Taman Safari sampai dengan Gunung Mas masih terpantau ramai lancar kendaraan dari arah Jakarta menuju Puncak.

Prediksi Kepolisian

Kepolisian Resor (Polres) Bogor, Jawa Barat, memprediksi arus lalu lintas di Jalur Puncak, Kabupaten Bogor, bakal padat pada hari kedua Lebaran 2022 atau Selasa (3/5).

"Trennya sendiri di Jalur Puncak merupakan destinasi wisata sehingga peningkatan arus volume terjadi pada hari kedua Lebaran 2022," kata Kasatlantas Polres Bogor, AKP Dicky Anggi Pranata seperti dilansir Antara, Senin (2/5/2022).

Menurutnya, jalur penghubung Kabupaten Bogor dengan Kabupaten Cianjur itu tak banyak digunakan sebagai jalur mudik melainkan jalur wisata libur Lebaran 2022.

"Saat ini ada kebijakan dari pemerintah terkait 'one way' di Jalur Cikampek menuju Jawa pasti akan memiliki imbas ke sini, maka kami tetap menyiagakan personel untuk bersiaga," terang Dicky.

Selama Operasi Ketupat yang dilaksanakan untuk mengamankan selama arus mudik, arus balik, dan libur Lebaran 2022, Polres Bogor beserta instansi terkait menurunkan 2.000 personel untuk bersiaga di seluruh kawasan Bogor.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Amankan Mudik Lebaran 2022, Lebih dari 200 Polisi Bersiaga di Jalur Puncak Bogor

Kepolisian Daerah Jawa Barat bakal mengerahkan lebih dari 200 personel Polri diterjunkan untuk pengamanan jalur Puncak, Bogor, di masa arus mudik Lebaran 2022.

"Dalam pengamanan di jalur puncak ini sendiri lebih dari 200 personel kita dikerahkan mulai dari Simpang Gadog hingga Puncak Pass," kata Kapolda Jawa Barat Irjen Suntana, Minggu (17/4/2022).

Berdasarkan hasil pantauan di Kabupaten Bogor, lanjut dia, anggotanya sudah siap mengamankan dan memberikan pelayanan dalam Operasi Ketupat.

Tak hanya itu, sejumlah pos pengamanan akan didirikan di lokasi-lokasi yang menjadi titik simpul kemacetan di wilayah Kabupaten Bogor. Termasuk di dalamnya gerai vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat.

"Dari pengecekan awal, saya lihat kesiapan CCTV maupun personel yang berjaga telah siap. Selain personel di kewilayahan nantinya Dirlantas Polda Jabar juga akan memfasilitasi bantuan personel  juga bila diperlukan," tutur Suntana.

Selain jalur Puncak, Suntana menyatakan seluruh jalur mudik di Jawa Barat lainnya akan diperhatikan. Terutama titik-titik rawan kecelakaan dan rawan kemacetan.

"Jadi, semua kami perlakukan sama. Tapi ada beberapa kejadian kecelakaan yang terjadi tahun lalu jadi titik fokus perhatian kami," ucapnya.

Dia menambahkan, masyarakat harus memastikan kesiapan kendaraan dan fisik saat mudik. Sehingga kelancaran lalu lintas bisa tetap terjaga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.