Sukses

Tol Layang MBZ Arah Cikampek Padat di Hari Kedua Lebaran

informasi Jasa Marga yang menyampaikan bahwa tol Jakarta Cikampek Cikunir KM09 - KM 10 mengalami kepadatan volume kendaraan dan berimbas ke Tol Layang MBZ.

Liputan6.com, Jakarta Jalan tol layang Sheikh Mohamed Bin Zayed (MBZ) arah Cikampek mengalami kepadatan di hari kedua libur lebaran 1443 Hijriah. Pukul 09.00 WIB, antrean kendaraan mulai mengular di jalan tersebut.

Akun twitter @RadioElshinta yang meretweet akun @missugarika mengunggah antrean kendaraan di jalan tol layang MBZ. Sementara pada arah Jakarta terpantau lengang.

"Tol Jakarta - Cikampek padat, layang MBZ dan juga jalur bawahnya padat, mulai berlaku contraflow. Arah Jabodetabek ramai lancar," demikian informasi yang dikutip pada Selasa (3/5/2022).

Kondisi tersebut diperkuat oleh informasi Jasa Marga yang menyampaikan bahwa tol Jakarta Cikampek Cikunir KM09 - KM 10 mengalami kepadatan volume kendaraan.

Sementara Cikarang Timur KM 39 - Karawang Timur KM 49 juga mengalami kondisi serupa.

"Kepadatan antrian di lajur masuk Contraflow KM 47 dan di lajur pertemuan jalur atas," info Jasa Marga.

Sebelumnya pada Senin (2/5), akses jalan tol layang Sheikh Mohamed Bin Zayed (MBZ) arah Cikampek kembali dibuka. Akses jalan tol layang ini sempat ditutup pada pukul 14.37 WIB.

"Pukul 14.53 WIB Jalan Layang MBZ Sheikh Mohamed Bin Zayed (MBZ) arah Cikampek dibuka kembali," demikian informasi yang dipublikasi melalui akun Twitter resmi @PTJASAMARGA, Senin (2/5).

Sementara itu, pukul 15.05 WIB kondisi lalu lintas tol Tambun arah Cikampek pada KM 22-24 mengalami kepadatan. Begitu juga dengan Cibitung pada KM25 dan Cikarang Barat pada KM28 mengalami kepadatan.

Untuk ruas tol Karawang Barat KM 43 - KM 47 arah Cikampek mengalami kepadatan, kepadatan volume lalin dan di lajur masuk Contraflow atau lajur kanan.

Diskresi Kepolisian

Pihak kepolisian kembali mengeluarkan diskresi rekayasa lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek pagi ini. Mulai dari dibukanya kembali Tol Layang Layang Mohammed Bin (MBZ) hingga penerapan contraflow.

GM Operasi dan Pemeliharaan Jasamarga Jalan Layang Cikampek, Nur Safitri RM menyampaikan, pada ruas Jalan Tol Layang Mohammed Bin (MBZ) yang sebelumnya dilakukan penutupan sementara, saat ini sudah dibuka kembali pukul 04.16 WIB.

"Pada akses Jatiasih, Kalimalang, dan Cawang," tutur Nur dalam keterangannya, Selasa (3/5/2022).

Sementara untuk pemberlakukan buka tutup contraflow, lanjut Nur, yang sebelumnya telah ditutup sementara pada pukul 01.30 WIB dini hari saat ini diberlakukan contraflow kembali.

"Dari KM 47 sampai dengan KM 86 pada pukul 07.40 WIB," kata Nur.

Jasa Marga pun mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar mengantisipasi perjalanan, memastikan kendaraan dalam keadaan prima, memiliki saldo uang elektronik yang cukup, mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan, serta membawa bekal untuk menghindari kerumunan atau kepadatan di rest area.

"Selalu berhati-hati dalam berkendara, patuhi rambu-rambu dan ikuti arahan petugas di lapangan," Nur menandaskan.

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mengantisipasi kepadatan arus balik Lebaran Idul Fitri 1443 H. Salah satunya menyiapkan rekayasa lalu lintas di Jalan Halim Perdanakusuma.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menerangkan, puncak arus balik diprediksi terjadi pada 6 Mei 2022 hingga 9 Mei 2022.

Dia mengatakan, banyak pemudik yang kembali ke Jakarta. Diketahui, muaranya ada di Gerbang Tol Halim.

Sementara, gerbangnya sedikit, belum lagi kalau berlaku kebijakan one way, nanti yang sebelah kanan dipakai masuk ke Jakarta.

Karena itu, perlu rekayasa lalu lintas agar kemacetan bisa diminimalkan.

"Kita sudah menyiapkan cara bertindak dan alternatifnya, sehingga mudah-mudahan kita bisa mengelola kemacetan, sehingga tidak terlalu menimbulkan hal yang tidak baik di masyarakat," kata dia dalam keterangannya, Senin (2/4/2022).

Di sisi lain, pihaknya juga fokus mengatur arus lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek (Japek) khususnya setelah KM 66.

"Itu kan terbagi dua, 60 persen lurus ke Cikampek, 40 persen ke Bandung, 60 persen sampai Semarang itu juga terbagi lagi ada yang keluar Cirebon dan sebagainya," ujar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Diimbau Kembali Lebih Awal

Sebelumnya, Pemudik diimbau untuk kembali lebih awal dari kampung halaman agar terhindar dari kepadatan arus balik Lebaran. Hal ini diungkap Kakorlantas Polri, Irjen Firman Shantyabudi dalam keterangannya, Minggu (1/4/2022).

"Saya berharap masyarakat yang sudah Lebaran sudah minta maaf, sudah jangan buat kesalahan lagi, cepat aja pulang lagi, kan berangkatnya awal kemarin," kata Irjen Firman Shantyabudi.

Firman mengatakan, puncak arus balik diprediksi akan terjadi pada Jumat 6 Mei 2022 hingga Minggu 8 Mei 2022. Dalam hal ini, Firman mengharapkan kerjasama antara pemudik dengan kepolisian.

"Manfaatkan 6 Mei 2022 7 Mei 2022, karena kita akan (terapkan) satu arah, tapi pulang lebih awal lebih baik lagi," ucap dia.

Firman mengatakan, kepolisian membantu mengatur arus lalu lintas, sementara pemudik juga harus taat terhadap aturan lalu lintas.

Dia juga meminta kepada pemudik menanamkan sifat mengalah supaya antara pengendara tidak saling mendahului.

"Sebenarnya sesimpel itu kita megatur, tinggal mereka harus dikomunikasikan kenapa nih alasan polisi menyarankan ini, kenapa polisi membuka tutup, ya gantian. Itu saya bilang lalu lintas bukan cuma bisa nyetir mobil, ada mengalah," jelas Firman.

3 dari 3 halaman

Tiket Kereta

Sementara itu, Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa, menyatakan masih terdapat sejumlah tiket perjalanan untuk masyarakat melakukan mudik pada tanggal 4-7 Mei 2022.

Eva menuturkan, tanggal tersebut dapat dijadikan sebagai alternatif masyarakat yang ingin mudik setelah hari Lebaran.

"Dari data yang ada, tiket pada tanggal (4-7 Mei) masih cukup tersedia, meskipun jumlah pemesanan terus meningkat," kata Eva kepada Liputan6.com, Minggu (1/5/2022).

"Sebagai contoh untuk perjalanan tanggal 4 Mei 2022 jumlah tiket yang terjual sudah mencapai 80 persen dari total ketersediaan tempat duduk," tambahnya.

Lanjut dia, masa angkutan Lebaran untuk perjalanan kereta api (KA) ditetapkan H-10 sampai dengan H+10 Lebaran atau 22 April-13 Mei 2022. Dalam periode tersebut, Eva menyatakan, dari area Daop 1 Jakarta terdapat sekitar 62 perjalanan KA Jarak Jauh per hari, dengan kapasitas tempat duduk yang disediakan rata-rata 36.400 per hari.

"16.400 di Stasiun Gambir dan 20.000 Pasar Senen. Sesuai aturan dari pemerintah, kapasitas yang ditetapkan untuk KA Jarak Jauh yaitu 100 persen," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.