Sukses

Api Berhasil Dipadamkan Usai 2 Jam Membakar Puluhan Lapak Dekat Pasar Kemirimuka Depok

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok berhasil memadamkan api yang membakar puluhan lapak pedagang di dekat Pasar Kemirimuka, Kecamatan Beji, Kita Depok.

Liputan6.com, Depok - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok berhasil memadamkan api yang membakar puluhan lapak pedagang di dekat Pasar Kemirimuka, Kecamatan Beji, Depok. Diduga api berawal dari korsleting listrik sehingga membakar lapak para pedagang.

Kabid Operasional pada Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok, Welman Naipospos, mengatakan, anggotanya berhasil melakukan pemadaman api yang membakar lapak pedagang. Kebakaran diterima petugas pemadam kebakaran pada pukul 17.52 WIB dan sampai di lokasi sekitar pukul 17.55 WIB.

"Petugas langsung memadamkan untuk mencegah api menjalar ke lokasi lainnya," ujar Welman kepada Liputan6.com, Senin (2/5/2022).

Welman menjelaskan, untuk memadamkan api lapak pedagang dekat Pasar Kemirimuka, pihaknya menurunkan sembilan unit mobil pemadam. Selain itu 50 anggota diturunkan untuk bahu membahu melakukan pemadam api.

"Sekitar dua jam atau pukul 20.00 WIB api berhasil dipadamkan," jelas Welman.

Welman mengungkapkan, area yang terbakar di lapak pedagang sekitar 1.000 meter persegi yang membakar 43 lapak pedagang. Saat pemadaman api, tidak mengalami kendala tertentu namun lokasi jalan di area yang mengalami kebakaran di nilai sempit.

"Tidak ada korban jiwa namun kami mengevakuasi 100 orang di lokasi kebakaran," ungkap Welman.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hanguskan Sejumlah Lapak

Sebelumnya, Kasubag Tata Usaha UPT Pasar Kemiri Muka Budi Setiyanto mengatakan, kebakaran yang terjadi menghanguskan sejumlah lapak pedagang yang berada di luar area atau pengelolaan Pemerintah Kota Depok. Lokasi tersebut berada di area yang rencananya akan ditertibkan Satpol PP Kota Depok.

"Kebakaran bukan berasal dari area pengelolaan kami, itu di luar area pasar Kemiri Muka," ujar Budi saat dihubungi Liputan6.com, Senin (2/5/2022).

Budi mengungkapkan, informasi kebakaran pasar itu sudah diterimanya sejak pukul 18.00 WIB dari petugas Tibsar Pasar Kemirimuka.

3 dari 3 halaman

Api Cepat Membesar

Budi menambahkan, diperkirakan api cepat menyambar dari satu lapak ke lapak lainnya, dikarenakan material lapak pedagang terbuat dari kayu. Hal itu menyebabkan api cepat membesar dan menyambar ke lapak pedagang lainnya.

"Sepertinya lapak dari material kayu yang menyebabkan mudah terbakar dan menyambar ke lapak yang berada di sebelahnya," jelas Budi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.