Sukses

Top 3 News: Ada Tujuh Gerbang Tol Berlakukan Ganjil Genap Selama Arus Mudik Lebaran 2022

Berlakunya sistem ganjil genap dan one way di jalan tol sebagaimana yang telah diujicobakan pada 25 April lalu selama arus mudik 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 news hari ini terkait berlakunya sistem ganjil genap dan one way di jalan tol sebagaimana yang telah diujicobakan pada 25 April lalu selama arus mudik 2022.

Menurut Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo, penerapan skema tersebut untuk menyaring mobil yang sesuai dengan ketentuan ganjil genap di setiap gerbang tol. Ada tujuh gerbang tol yang akan memberlakukan sistem tersebut.

"Kalau di Polda Metro Jaya nanti akan mulai di Bekasi Barat, Bekasi Timur, Tambun, Cibitung, Cikarang Barat, Cikarang Pusat hingga Cibatu itu semuanya nanti akan diterapkan filterisasi one way pada jam jam dan hari saat dilaksanakan one way," ujar Sambodo.

Ada pun penerapan one way, nantinya akan dilakukan melalui penutupan di setiap gerbang tol tersebut.

Kemudian pada Senin 2 Mei 202, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melaksanakan salat Idul Fitri bersama warga di kawasan Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara. Ia pun merasa bersyukur.

Anies mengatakan, untuk pertama kalinya penyelenggaraan salat Idul Fitri di JIS. Sehingga bisa jadi momentum bersejarah.

Selain itu, Anies juga menyatakan ucapan terima kasihnya kepada semua pihak yang telah berkerja keras untuk membangun JIS dan menyiapkan penyelengaraan Salat Idul Fitri 1443 Hijriah.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo yang memanfaatkan hari pertama Idul Fitri 1443 H untuk bersilaturahmi.

Setelah bertemu Sultan Hamengkubuwono X dan Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas, kali ini Menteri Pertahanan Prabowo Subianti dan putranya, Didit Hediprasetyo. Mereka bertemu di Gedung Agung, Istana Kepresidenan Yogyakarta.

Jokowi menyampaikan, pertemuannya dengan Prabowo tidak sekedar diisi dengan obrolan, tetapi juga dengan saling bermaaf-maafan. Sementara itu, Prabowo menambahkan, pertemuan dengan Jokowi tentu diiringi oleh makanan khas lebaran.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Senin 2 Mei 2022:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Ini Tujuh Gerbang Tol Berlakukan Ganjil Genap Selama Arus Mudik Lebaran 2022

Selama arus mudik 2022, sistem ganjil genap dan one way diterapkan di jalan tol sebagaimana yang telah diujicobakan pada 25 April lalu.

Diterapkannya skema ini seperti dijelaskan Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo untuk menyaring mobil yang sesuai dengan ketentuan ganjil genap di setiap gerbang tol. Ada tujuh gerbang tol yang akan memberlakukan sistem tersebut.

"Kalau di Polda Metro Jaya nanti akan mulai di Bekasi Barat, Bekasi Timur, Tambun, Cibitung, Cikarang Barat, Cikarang Pusat hingga Cibatu itu semuanya nanti akan diterapkan filterisasi one way pada jam jam dan hari saat dilaksanakan one way," jelas Sambodo.

Ada pun penerapan one way, nantinya akan dilakukan melalui penutupan di setiap gerbang tol tersebut.

"Nanti pada saat one way arus mudik dan terjadi kepadatan maka seluruh pintu tol di kota akan kita tutup pada saat terjadi kepadatan sehingga bisa menguras arus jalanan," jelasnya.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan, implementasi one way dan ganjil genap yang pertama diterapkan pada Kamis, 28 April hingga Jumat dinilai cukup mampu menghindari kemacetan di sepanjang KM 47 (Tol Jakarta-Cikampek) sampai dengan KM 414 (Gerbang Tol Kalikangkung).

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Anies Baswedan: Salat Idul Fitri di JIS menjadi Momen Bersejarah

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersyukur kembali melaksanakan salat Idul Fitri bersama warga di kawasan Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara.

Menurut dia, ini untuk pertama kalinya penyelenggaraan salat Idul Fitri di JIS. Sehingga bisa jadi momentum bersejarah.

"Alhamduillah Allah telah mengizinkan kita ini melaksanakan salat Idul Fitri di tempat dan momen yang bersejarah ini. Ini adalah untuk pertama kalinya JIS digunakan untuk salat Idul Fitri dan kita menjadi pribadi-pribadi pertama yang menggunakan tempat ini untuk bersujud di hadapan Allah," kata Anies di JIS, Senin 2 Mei 2022.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu juga menyatakan ucapan terimakasihnya kepada semua pihak yang telah berkerja keras untuk membangun JIS dan menyiapkan penyelengaraan Salat Idul Fitri 1443 Hijiriah.

Selain itu, dengan adanya Salat Idul Fitri yang dilakukan bersama masyarakat, jelas sebagai pertanda bahwa semua pihak telah berjuang untuk mengendalikan pandemi Covid-19.

"Ini adalah kemengan setelah dua Idul Fitri tanpa kebersamaan tanpa perayaan besar karena perjuangan kita mengendalikan pandemi dan juga ini adalah kemenangan setelah 13 tahun menanti akhirnya jakarta memiliki stadionnya sendiri yakni JIS," ucapnya.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Silaturahmi Idul Fitri, Jokowi dan Prabowo Santap Opor Bersama

Hari pertama Idul Fitri 1443 H, dimanfaatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo untuk bersilaturahmi.

Setelah bertemu Sultan Hamengkubuwono X dan Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas, kali ini Menteri Pertahanan Prabowo Subianti dan putranya, Didit Hediprasetyo. Mereka bertemu di Gedung Agung, Istana Kepresidenan Yogyakarta.

"Siang hari ini saya ketamuan Pak Prabowo dan Mas Didit dalam rangka silaturahmi di hari yang fitri ini, di hari raya Idulfitri ini," kata Jokowi dalam keterangan tertulis diterima, Senin 2 Mei 2022.

Jokowi menyampaikan, pertemuannya dengan Prabowo tidak sekedar diisi dengan obrolan, tetapi juga dengan saling bermaaf-maafan. Kepala negara menegaskan, tidak ada obrolan politik yang terjadi antara keduanya saat pertemuan di momen fitri ini.

"Politik ndak (diomongin), ekonomi juga ndak, ringan-ringan semua yang kita bicarakan. Saya rasa yang paling penting sudah saling silaturahmi, dan juga saling bermaafan," jelas dia.

Sementara itu, Prabowo menambahkan, pertemuan dengan Jokowi tentu diiringi oleh makanan khas lebaran.

Dia pun berterimakasih kepada Jokowi dan keluarga yang bersedia menerima kedatangannya.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.