Jokowi Halal Bihalal dengan Megawati dan Puan Lewat Video Call

Oleh Liputan6.com pada 02 Mei 2022, 20:24 WIB
Diperbarui 02 Mei 2022, 20:24 WIB
Jokowi Lantik Megawati Jadi Ketua Dewan Pengarah BRIN
Perbesar
Presiden Joko Widodo memberi selamat kepada Megawati Soekarnoputri usai dilantik di Istana Negara, Jakarta, Rabu (13/10/2021). Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri resmi menjabat sebagai Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). (Foto: Lukas– Biro Pers Sekretariat)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi sempat melakukan silaturahmi atau halal bihalal Lebaran Idul Fitri 1443 H bersama Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri dan Ketua DPR RI, Puan Maharani. Halal bihalal dilakukan dalam sambungan video call. 

Hal itu disampaikan langsung Ketua DPP PDIP Bidang Pemuda dan Olahraga, Eriko Sotarduga saat menyambangi kediaman Megawati di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (2/5/2022).

"Tadi juga Pak Jokowi langsung berkomunikasi dengan Ibu Ketum dan Mbak Puan melalui video call. Cukup lama dengan Ibu Iriana," kata Eriko.

Eriko juga sempat menyaksikan langsung dan mengabadikan momen tersebut. "Kami juga menyaksikan langsung dan mengambil fotonya dan videonya," tutur dia.

Untuk diketahui Jokowi kali ini mudik Lebaran Idul Fitri ke Daerah Istimewa Yogyakarta. Dia juga melakukan sholat Idul Fitri di Istana Kepresidenan Yogyakarta. Sementara Megawati dan keluarga merayakan Lebaran Idul Fitri 1438 H di Jakarta.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu sempat bertemu Sultan Hamengkubuwono X, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas, dan seluruh keluarga Keraton Yogyakarta pada momentum Lebaran 2022.

Dia juga sempat bertemu Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di Yogyakarta. Pertemuan dilakukan dengan berbincang santai. Ini kali pertama mereka bertemu pada momen lebaran.

Selain itu, Jokowi juga sempat bersilaturahmi dengan Wakil Presiden Ma'ruf Amin secara online.


Jokowi Bertemu Sri Sultan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo, berlebaran di Kompleks Istana Yogyakarta.
Perbesar
Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo, berlebaran di Kompleks Istana Yogyakarta.

Presiden Joko Widodo (Jokowi), Ibu Negara Iriana Joko Widodo, dan putra bungsunya Kaesang Pangarep bersilaturahmi ke Keraton Yogyakarta pada Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, Senin (2/5/2022).

Jokowi bertemu dan mengucapkan selamat hari raya lebaran kepada Sultan Hamengkubuwono X, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas, dan seluruh keluarga Keraton Yogyakarta

"Pertama kali yang kami kunjungi untuk silaturahmi dan menghaturkan selamat hari raya, mohon maaf lahir dan batin, kepada Bapak Sultan Ngarso Dalem beserta Ibu Ratu dan keluarga," kata Jokowi usai bertemu Sultan, seperti dikutip dari siaran pers diterima, Senin (2/5/2022).

Jokowi dan keluarga tiba di keraton sekitar pukul 09.10 WIB. Presiden dan Ibu Iriana langsung disambut oleh keluarga Keraton Yogyakarta di gerbang depan untuk kemudian masuk menuju area dalam keraton.

"Semuanya berjalan dalam suasana yang sangat baik, alhamdulillah," ucap Jokowi.

Senada, Sultan Hamengkubuwono X juga mengatakan bahwa perbincangan diisi dengan hal-hal yang ringan. Menurutnya, pertemuan tersebut utamanya adalah untuk bersilaturahmi.


Jokowi Bertemu Prabowo

Presiden Jokowi bersilaturahmi dengan Menteri Pertahan Prabowo Subianto.
Perbesar
Presiden Jokowi bersilaturahmi dengan Menteri Pertahan Prabowo Subianto. (Sumber foto: Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden).

Hari pertama Idul Fitri 1443 H, dimanfaatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo untuk bersilaturahmi.

Setelah bertemu Sultan Hamengkubuwono X dan Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas, kali ini Menteri Pertahanan Prabowo Subianti dan putranya, Didit Hediprasetyo. Mereka bertemu di Gedung Agung, Istana Kepresidenan Yogyakarta.

"Siang hari ini saya ketamuan Pak Prabowo dan Mas Didit dalam rangka silaturahmi di hari yang fitri ini, di hari raya Idulfitri ini," kata Jokowi dalam keterangan tertulis diterima, Senin (2/5/2022).

Jokowi menyampaikan, pertemuannya dengan Prabowo tidak sekedar diisi dengan obrolan, tetapi juga dengan saling bermaaf-maafan. Kepala negara menegaskan, tidak ada obrolan politik yang terjadi antara keduanya saat pertemuan di momen fitri ini.

"Politik ndak (diomongin), ekonomi juga ndak, ringan-ringan semua yang kita bicarakan. Saya rasa yang paling penting sudah saling silaturahmi, dan juga saling bermaafan," jelas dia.

Sementara itu, Prabowo menambahkan, pertemuan dengan Jokowi tentu diiringi oleh makanan khas lebaran.

Dia pun berterimakasih kepada Jokowi dan keluarga yang bersedia menerima kedatangannya.

"Saya tadi makan bakso dan tempe bacem, opor, ada dua macam opornya tadi. Saya rasa itu, terima kasih Bapak Presiden berkenan menerima kami, kehormatan besar, dan kami optimistis menghadapi tahun yang akan datang ini," Prabowo menutup.


Prabowo Bertemu Megawati dan Puan

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bertemu Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri. (Istimewa)
Perbesar
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bertemu Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri. Keduanya pun sempat berswafoto bersama Ketua DPR Puan Maharani. (Istimewa)

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bertemu Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat. Prabowo menyambangi Megawati usai bertemu Presiden Joko Widodo di Gedung Agung, Istana Kepresidenan Yogyakarta.

Mobil Prabowo tiba sekitar pukul 14.00 WIB dan langsung melesat masuk rumah Megawati. 

Prabowo disambut oleh Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto dan politikus senior PDIP yang juga MenPAN-RB Tjahjo Kumolo.

Prabowo pun sempat berswafoto bersama Ketua DPR Puan Maharani dan Megawati.

Sebelumnya, Jokowi dan Prabowo bertemu. Pada pertemuan tersebut, Jokowi dan Prabowo berbincang-bincang. Tidak ada obrolan tentang politik maupun ekonomi. Karena hal terpenting dari pertemuan tersebut adalah silaturahmi dan saling bermaafan.

"Tadi kami banyak berbincang-bincang tetapi hal-hal yang ringan-ringan. Bukan baik politik ndak, ekonomi juga ndak, ringan-ringan semua yang kita bicarakan. Saya rasa yang paling penting sudah saling silaturahmi, dan juga saling bermaafan. Yang paling penting itu," imbuh mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Sementara itu, Prabowo mengaku mendapatkan kehormatan besar bisa diterima oleh Jokowi dan keluarga pada hari Idul Fitri ini.

 

Reporter: Intan Umbari P

Merdeka.com

Infografis Jokowi Minta Menteri Setop Bicarakan Penundaan Pemilu 2024. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Jokowi Minta Menteri Setop Bicarakan Penundaan Pemilu 2024. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya