Sukses

Bima Arya Ungkap Kebahagiaan Bisa Sholat Idul Fitri Tanpa Jarak di Lapangan Sempur

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto melaksanakan Sholat Idul Fitri 1443 Hijriah bersama ratusan jemaah tanpa berjarak di Lapangan Sempur, kawasan sekitar Kebun Raya Bogor.

Liputan6.com, Jakarta - Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto pada Senin (2/5/2022), melaksanakan Sholat Idul Fitri 1443 Hijriah bersama ratusan jemaah tanpa berjarak di Lapangan Sempur, kawasan sekitar Kebun Raya Bogor, Jawa Barat.

Sebelum melaksanakan sholat Idul Fitri 1443 Hijriah, Bima Arya yang nampak mengenakan jas abu-abu berbaju putih dan bersarung putih. Dia menyampaikan sambutan Sholat Idul Fitri di hadapan para jemaah.

Dalam kesempatan itu, Bima Arya menyampaikan kebahagiaannya di Idul Fitri kali ini karena dapat berkumpul bersama warga di hari kemenangan tanpa dibatasi.

"Hari ini Insya Allah adalah hari yang sangat mulia. Hari ini adalah hari kemenangan. Setelah satu bulan penuh kita berikhtiar untuk menyatukan kata dan perbuatan berikhtiar untuk menahan diri dari segala godaan dan cobaan," ujar Bima Arya melansir Antara, Senin (2/5/2022).

Menurut Bima Arya, Hari Raya Idul Fitri kali ini juga berarti hari kemenangan menangani pandemi Covid-19, sehingga Sholat Id bisa berjalan kembali normal dan bercengkrama dengan sesama.

"Saya apresiasi sebesar-besarnya kepada seluruh Forkopmina berjibaku dan berjuang di garis terdepan sehingga kota ini bisa memasuki masa-masa yang jauh lebih baik dari masa sebelumnya," tutup Bima.

Bima Arya melaksanakan Sholat Idul Fitri bersama Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim, Komandan Resor Militer (Danrem) 061/Suryakencana Brigjen TNI Rudy Saladin, dan Dandim 0606 Letkol Inf Ali Akhwan, Dandenpom III/1 Bogor Letkol CPM Anggun Hendrantoro. Kemudian unsur Forkompinda Kota Bogor dengan menggelar sejadah di atas rumput dan area olahraga Lapangan Sempur sejak pukul 06.00 WIB.

Diimami Pejabat Kementerian Agama Kota Bogor Ade Sarmili Sholat Idul Fitri berjalan khusyu dimulai pukul 07.00 WIB, setelah sebelumnya semua jamaah mengumandangkan takbir untuk pertama kalinya kembali menggema tanpa beban pembatasan jarak setelah selama dua tahun pandemi Covid-19.

Usai Sholat Id, Bima Arya bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) berjejer untuk bersalam-salaman dengan semua jemaah yang hadir, kemudian meninggalkan lokasi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Sholat Id di JIS

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama keluarga melakukan Salat Idul Fitri 1443 Hijriah di Jakarta International Stadium (JIS) pada Senin (2/5/2022). Anies datang bersama istrinya Fery Farhati serta sang ibu Aliyah Rasyid.

Anies menyatakan beberapa tahun Idul Fitri tidak ada perayaan akibat Covid-19. Kata dia, untuk pertama kalinya pelaksanaan salat Idul Fitri dapat dilakukan di JIS.

"Ini pertama kalinya, izinkan saya mengucapkan terimakasih kepada semua yang telah membangun tempat ini dan menyiapkan untuk Salat Id pada pagi hari ini," kata Anies di JIS.

Sementara itu, puluhan warga berdatangan ke Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara untuk melaksanakan salat Idul Fitri 1443 Hijiriah, Senin (2/5/2022). Sejumlah warga ada yang datang sejak pagi dengan mengendarai kendaraan pribadi.

Beberapa warga tampak langsung menuju lokasi salat yang telah ditentukan. Namun ada pula yang berswafoto untuk mengabadikan momen pertama salat di JIS. Sejumlah petugas juga langsung mengarahkan warga ke tempat yang disediakan.

Pengakuan salah satu warga, Nurul Qomariah datang bersama keluarga sejak pagi sekitar puku 05.00 WIB. Sebagai warga yang tidak melakukan mudik Lebaran, Nurul memilih salat Idul Fitri meskipun jauh dari rumahnya.

"Momen setelah dua tahun pandemi, jadi dibela-belain salat ke JIS dari Cakung," kata Nurul kepada Liputan6.com.

 

3 dari 3 halaman

Wapres Ma'ruf Amin Sholat Idul Fitri di Istiqlal

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin melaksanakan Sholat Idul Fitri di Masjid Istiqlal, Jakarta, Senin (2/5/2022) pagi.

“Insya Allah di Masjid Istiqlal,” kata Kasetwapres Erani Yustika saat dikonfirmasi, Senin (2/5/2022).

Tahun ini Pemerintah sudah membolehkan mudik, Wapres pun berencana mudik ke kampungnya yang berada di Banten usai melaksanakan salat id pagi ini.

Sebelumnya, Ma’ruf Amin menyampaikam selamat Idul fitri kepada seluruh umat islam di Indonesia.

“Kepada saudara-saudara umat islam di manapun berada, saya mengucapkan selamat idul fitri 1 Syawal 1443 Hijriah,” kata Ma’ruf dalam keterangan video, Minggu malam 1 Mei 2022.

Wapres menyatakan, lebaran tahun ini lebih istimwa dengan diperbolehkannnya mudik.

“Setelah dua tahun merayakan Idul fitri dengan segala keterbatasan akibat pandemi Covid-19, alhamdulillah ikhtiar dan doa untuk mengendalikan sebaran covid-19 diperkankan Allah sehingga masyarakat bisa kembali mudik berlebaran di kampung,” kata wapres.

Meski demikian, Wapres meminta selama silahturahmi lebaran, protokol kesehatan tetap diterapkan agar tak ada lonjakan pasca liburan lebaran.

“Saya menghimbau kebahagiaan bersama sanak saudara tetap diiringi penerapan protokol kesehatan ketat, untuk menhindari melonjaknya kembali covid-19 pasca lebaran nanti,” pesan wapres.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.