Sukses

Anies Singgung Pembangunan JIS di Depan Jemaah Sholat Id: Janji Telah Tertunaikan

Gubernur DKI JakartaAnies Baswedan bersama ribuan masyarakat menggelar sholat Idul Fitri 1443 di JIS, Jakarta Utara.

Liputan6.com, Jakarta - Ribuan jemaah memadati Jakarta International Stadium (JIS), Tanjung Priok, Jakarta Utara untuk melaksanakan ibadah sholat Idul Fitri 1443 H/2022 M. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan turut mengikuti sholat Id di stadion baru kebanggan Jakarta tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Anies Baswedan menyatakan bahwa pembangunan JIS merupakan salah satu bentuk realisasi janjinya kepada warga Jakarta.

"Sebuah janji telah tertunaikan, Jakarta Internasional Stadium sebuah mahakarya yang dikerjakan oleh anak bangsa dan dikerjakan dalam suasana pandemi," kata Anies di JIS, Jakarta Utara, Senin (2/5/2022).

Dia berharap JIS bisa menjadi bangunan multifungsi yang tidak hanya diperuntukkan bagi kegiatan olahraga, namun juga perhelatan sosial hingga keagamaan.

"Kita inginkan dari awal agar tempat ini bisa multipurpose, punya banyak manfaat untuk kegiatan olahraga, kesenian, kebudayaan, sosial, keagamaan," ujar mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

"Hari ini bisa ditunaikan," ucap Anies Baswedan.

Dia juga berujar, bahwa pelaksanaan sholat Idul Fitri di JIS sebagai bentuk rasa syukur menggapai kemenangan setelah cukup lama berjibaku melawan pandemi Covid-19.

"Dua tahun tanpa perayaan besar. Ini adalah kemenangan setelah 13 tahun menanti Jakarta memiliki stadionnya sendiri JIS. Mahakarya atas kerja luar biasa anak negeri. Semoga stadion ini menjadi ladang pahala, ladang rezeki," ungkap Anies.

Anies mengajak warga DKI memanfaatkan momentum Idulfitri untuk berkumpul dengan keluarga dan menikmati sajian khas Lebaran. Menurutnya, kumpul keluarga memiliki makna dan arti besar.

"Persatuan tidak datang dengan sendirinya. Selamat berkumpul selamat menikmati hidangan dengan keluarga tercinta selamat saling memaafkan. Selamat hari Raya Idulfitri 1443 H, mohon maaf lahir dan batin," tutup Anies.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Anies: Ini Momen Bersejarah

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersyukur kembali melaksanakan salat Idul Fitri bersama warga di kawasan Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara.

Menurut dia, ini untuk pertama kalinya penyelenggaraan salat Idul Fitri di JIS. Sehingga bisa jadi momentum bersejarah.

"Alhamduillah Allah telah mengizinkan kita ini melaksanakan salat Idul Fitri di tempat dan momen yang bersejarah ini. Ini adalah untuk pertama kalinya JIS digunakan untuk salat Idul Fitri dan kita menjadi pribadi-pribadi pertama yang menggunakan tempat ini untuk bersujud di hadapan Allah," kata Anies di JIS, Senin (2/5/2022).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu juga menyatakan ucapan terimakasihnya kepada semua pihak yang telah berkerja keras untuk membangun JIS dan menyiapkan penyelengaraan Salat Idul Fitri 1443 Hijiriah.

Selain itu, dengan adanya Salat Idul Fitri yang dilakukan bersama masyarakat, jelas sebagai pertanda bahwa semua pihak telah berjuang untuk mengendalikan pandemi Covid-19.

"Ini adalah kemengan setelah dua Idul Fitri tanpa kebersamaan tanpa perayaan besar karena perjuangan kita mengendalikan pandemi dan juga ini adalah kemenangan setelah 13 tahun menanti akhirnya jakarta memiliki stadionnya sendiri yakni JIS," ucapnya.

3 dari 4 halaman

Ketum PAN hingga Bendum NasDem Hadir di JIS

Ribuan warga telah memadati kawasan Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara untuk melaksanakan salat Idul Fitri 1443 Hijiriah. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama keluarga tampak datang bersama.

Selain Anies sejumlah pejabat juga tampak hadir. Misalnya Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, M Taufik hingga anggota DPR sekaligus Bendum Partai NasDem Ahmad Sahroni.

Kemudian, Ketua Bidang Dakwah dan Ukhwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, Muhammad Cholil Nafis bertindak sebagai khotib Salat Idul Fitri.

Sejumlah warga yang sudah berada di lokasi tampak begitu antusias mengikuti rangkaian sholat Idul Fitri di JIS. Beberapa warga tampak langsung menuju lokasi salat yang telah ditentukan.

Namun, ada pula yang berswafoto untuk mengabadikan momen pertama salat di JIS. Sejumlah petugas juga langsung mengarahkan warga ke tempat yang disediakan.

Salah satu warga, Nurul Qomariah, datang bersama keluarga sejak pagi sekitar puku 05.00 WIB. Sebagai warga yang tidak mudik Lebaran, Nurul memilih salat Idul Fitri di JIS, meskipun jauh dari rumahnya.

"Momen setelah dua tahun pandemi, jadi dibela-belain salat ke JIS dari Cakung," kata Nurul kepada Liputan6.com. 

4 dari 4 halaman

Pengaturan Lalu Lintas

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo menyatakan pihaknya telah melakukan pengaturan lalu lintas untuk mobilitas warga untuk melaksanakan salat Idul Fitri di JIS.

Yakni menyiapkan rute kedatangan atau kepulangan di JIS, serta mengatur sirkulasi kendaraan yang masuk/keluar dan drop off transportasi publik.

"Masyarakat tidak perlu khawatir dan bingung, kami sudah menyiapkan petugas untuk pengaturan parkir dan drop off, baik itu di dalam area stadion, area parkir ITF, dan kantong parkir feeder. Ikuti arahan petugas di lapangan dan dimohon tidak memarkirkan kendaraan di sembarang tempat untuk kelancaran perjalanan bersama," kata Syafrin dalam keterangannya, Sabtu (30/4/2022).

 

Sementara itu kata Syafrin untuk sirkulasi kendaraan masuk area JIS, masyarakat dapat masuk melalui pintu barat dan pintu timur, kemudian diarahkan masuk ke area parkir dalam stadion.

"Jika parkir dalam stadion penuh, diarahkan ke area parkir timur 1 dan 2. Demikin pula dengan sirkulasi kendaraan keluar seusai salat id dapat melalui pintu barat, pintu selatan, dan pintu timur," ucap dia.

Selanjutnya ada pula sejumlah kantong parkir yang dapat digunakan di dekat JIS. Yakni RSPI Soelianti Saroso, Universitas 17 Agustus, Graha YKI, Hotel D’Arcici, dan ruko Sunter Nirwana.

"Disediakan lima shuttle bus dari kantong parkir tersebut menuju JIS atau sebaliknya (PP)," ujar Syafrin. 

 

Reporter: Yunita Amalia

Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.