Sukses

Didampingi Ibu Negara, Jokowi Silaturahmi Lebaran Bertemu Sultan di Keraton Yogya

Presiden Joko Widodo (Jokowi), Ibu Negara Iriana Joko Widodo, dan putra bungsunya Kaesang Pangarep bersilaturahmi ke Keraton Yogyakarta pada Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, Senin (2/5/2022).

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi), Ibu Negara Iriana Joko Widodo, dan putra bungsunya Kaesang Pangarep bersilaturahmi ke Keraton Yogyakarta pada Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, Senin (2/5/2022).

Jokowi bertemu dan mengucapkan selamat hari raya lebaran kepada Sultan Hamengkubuwono X, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas, dan seluruh keluarga Keraton Yogyakarta

"Pertama kali yang kami kunjungi untuk silaturahmi dan menghaturkan selamat hari raya, mohon maaf lahir dan batin, kepada Bapak Sultan Ngarso Dalem beserta Ibu Ratu dan keluarga," kata Jokowi usai bertemu Sultan, seperti dikutip dari siaran pers diterima, Senin (2/5/2022).

Jokowi dan keluarga tiba di keraton sekitar pukul 09.10 WIB. Presiden dan Ibu Iriana langsung disambut oleh keluarga Keraton Yogyakarta di gerbang depan untuk kemudian masuk menuju area dalam keraton.

"Semuanya berjalan dalam suasana yang sangat baik, alhamdulillah," ucap Jokowi.

Senada, Sultan Hamengkubuwono X juga mengatakan bahwa perbincangan diisi dengan hal-hal yang ringan. Menurutnya, pertemuan tersebut utamanya adalah untuk bersilaturahmi.

"Bagi saya kita silaturahmi, tidak ada hal-hal yang dibicarakan yang _urgent_, maupun yang penting. Politik, ekonomi, nggak. Kita silaturahmi," tutur Sultan.

Sekitar pukul 09.35 WIB, Presiden Jokowi dan keluarga pun berpamitan meninggalkan Keraton Yogyakarta untuk kemudian kembali ke Gedung Agung, Istana Kepresidenan Yogyakarta.

Dalam pertemuan tersebut, hadir sejumlah anak dan menantu Sultan Hamengkubuwono X, yakni GKR Mangkubumi, GKR Condrokirono, GKR Maduretno, GKR Hayu, GKR Bendoro, KPH Yudanegara, KPH Notonegoro, dan KPH Purbodiningrat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.