Sukses

Macet di Pelabuhan Merak, Mahfud MD: Banyak Orang Tak Mengerti Pengumuman Menyerbu Pintu Tol

Menkopolhukam Mahfud Md menyatakan, pemerintah telah berusaha maksimal agar mudik dan lebaran berjalan lancar. Meski demikian, dia mengakui masih ditemukan banyak masalah salah satunya kemacetan panjang pemudik.

Liputan6.com, Jakarta - Menkopolhukam Mahfud Md menyatakan, pemerintah telah berusaha maksimal agar mudik dan lebaran berjalan lancar. Meski demikian, dia mengakui masih ditemukan banyak masalah salah satunya kemacetan panjang pemudik.

Untuk kasus kemacetan panjang di tol, menurut Mahfud, hal itu dikarenakan pemudik tidak paham pengumuman terkait rekayasa laulintas dan menyerbu tol dalam waktu bersamaan.

“Keamanan alhamdulillah kita maksimalkan meskipun memang di sana-sini ada masalah. Karena 87 juta rakyat itu bukan main banyaknya sehingga bisa terjadi misalnya banyak orang yang karena tidak mengerti pengumuman, lalu pada jam yang masih ditutup menyerbu ke pintu tol, ya macet dong, di Merak juga begitu,” kata Mahfud, Salat Id di Masjid Nursiah Daud Paloh, Jakarta Barat, Senin (2/5/2022).

Mahfud mengatakan, pemerintah akan berusaha memperbaiki masalah dalam mudik lebaran 2022 dengan sebaik-baiknya. Namun, ia meminta masyarakat menyadari untuk menjaga perjalanan mudik jauh dari keributan atau membuat kerusakan.

“Semuanya oleh pemerintah insya Allah bisa diselesaikan sebaik-baiknya secara maksimal. Yang penting rakyatnya juga yang mudik juga sadar bahwa ini adalah kehidupan bersama kita dan untuk ibadah. Ibadah itu tidak boleh bikin kerusakan. Ibadah itu selalu menimbulkan kenyamanan dan kesejukan,” kata dia.

Sementara itu, pada lebaran 2022 ini, Mahfud menyampaikan bahwa banyak hikmah yang harus disyukuri saat hari idul fitri 1443 H. Salah satu hikmah adalah pengendalian pandemi di Indonesia yang kian membaik.

“Banyak hikmah, antara lain karena sekarang konteksnya dengan pandemi kita bersyukur, upaya-upaya kita dikabulkan oleh Allah yaitu meminimalisir pandemi covid dan dunia sudah mengakui bahwa Indonesia adalah salah satu yang terbaik. Karena apa? Karena masyarakatnya bekerja sama dengan baik, pemerintahnya bersungguh-sungguh,” kata Mahfud.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2 Titik yang Jadi Perhatian Menhub saat Arus Balik, Tol Semarang Jakarta dan Pelabuhan Merak

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, kepadatan lalu lintas mudik Lebaran 2022 yang sempat terjadi di hari puncak mudik di Jalur tol Jakarta menuju Cikampek ke arah timur, masih bisa diatasi melalui sejumlah rekayasa lalu lintas yang diterapkan.

Hal ini ia sampaikan saat meninjau Gerbang Tol Palimanan, pada Minggu (1/5/2022).

Peninjauan itu juga dihadiri oleh Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Sidarto Danusubroto dan Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi. 

"Memang sempat ada masalah saat menerapkan contra flow dan one way pertama kali. Namun selanjutnya bisa diatasi dengan baik," jelas Menhub Budi Karya Sumadi, dikutip dari laman resmi Kemenhub, Senin (2/5/2022).

Ia pun mengungkapkan, keberhasilan mengatasi kepadatan lalu lintas ini berkat koordinasi yang dilakukan oleh Kepolisian, Jasa Marga, Kemenhub, dan unsur terkait lainnya.

"Kami mempersiapkannya jauh-jauh hari dengan melakukan simulasi-simulasi," ujarnya.

Lebih lanjut Menhub menjelaskan, dengan rekayasa lalin one way, perjalanan dari arah barat menuju ke timur hingga ke Semarang dapat dilalui dengan cukup lancar.

"Keberhasilan rekayasa lalin pada arus mudik, diharapkan juga dapat terjadi pada arus balik," tutur Menhub.

Adapun dua titik yang menjadi perhatian khusus pemerintah untuk ditangani yaitu Jalan Tol Jakarta - Semarang dan Penyeberangan Merak.

Pada puncak mudik, kepadatan juga sempat terjadi di Pelabuhan Penyeberangan Merak karena tingginya lonjakan pemudik yang akan menyeberang.

Untuk mengatasi kepadatan, telah dilakukan penambahan dua pelabuhan yakni : Ciwandan dan Indah Kiat. Selain menambah pelabuhan, juga dilakukan penambahan kapal, beber Kemenhub.

Tercatat, sebanyak dua kapal beroperasi di Dermaga Indah Kiat dan sembilan kapal beroperasi di Dermaga Ciwandan.

Sehingga total kapal yang beroperasi melayani penyeberangan dari Merak ke Bakauheni dan Pelabuhan Panjang, Lampung sebanyak 53 kapal.

3 dari 3 halaman

Polisi Mulai Siapkan Strategi Arus Balik Lebaran

Korlantas Polri mencatat jumlah Kendaraan dari arah Tol Jakarta-Cikampek (Japek) menuju ruas Tol Trans Jawa menurun sebesar 6 persen sejak kemarin, jelang Lebaran 2022.

"Perbandingan arus baik masuk dan keluar Jakarta melalui Tol Cikampek pada 29 ke 30 April 2022 menurun 6 persen," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo dalam keterangan tertulis, Minggu (1/5/2022).

Sementara jumlah kendaraan yang mengarah ke Jakarta mengalami kenaikan 51 persen. Adapun tercatat pada 29 April 105.016 mengarah ke Tol Trans Jawa.

Sementara pada 30 April, jumlah Kendaraan menurun jadi 98.374 kendaraan. Sedangkan untuk arah sebaliknya, tercatat kenaikan signifikan kendaraan yang mengarah ke Jakarta, yakni 51 persen.

"Arus masuk Jakarta naik 51 persen dari 5.205 menjadi 7.868 kendaraan.

Dedi menambahkan, untuk jumlah kendaraan pemudik ke arah Merak-Sumatera juga mengalami penurunan sebesar 3 persen. Penurunan volume kendaraan menandakan puncak arus mudik sudah terlewati. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.