Sukses

Salat Id Bersama Jokowi, Penceramah Bawa Pesan Solidaritas di Masa Pandemi

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta, Masmin Afif, berkhotbah saat Salat Id bersama Presiden Joko Widodo di Kompleks Istana Kepresidenan Yogyakarta, Senin (2/5/2022).

Liputan6.com, Jakarta Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta, Masmin Afif, berkhotbah saat Salat Id bersama Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan Yogyakarta, Senin (2/5/2022). Melalui pesan khotbahnya, Masmin mengangkat tema tentang Solidaritas Sosial di Masa Pandemi.

Dia berujar bahwa Idul Fitri adalah momentum emas untuk memperkuat solidaritas kemanusiaan umat dengan saling peduli, berbagi, dan menghargai, saling merajut silaturahmi, menyapa dan memaafkan, serta mengaktualisasikan nilai-nilai fitrah dalam perbuatan nyata dan perilaku mulia.

"Semoga momentum Idul Fitri juga benar-benar mampu mengantarkan tatanan kehidupan masyarakat dan bangsa Indonesia yang berlandaskan nilai-nilai agama, akhlak mulia, kebersamaan dan kasih sayang, dan terus saling peduli di tengah pandemi demi terciptanya tatanan masyarakat yang berharkat dan bermartabat, sejahtera dan berkeadaban, di bawah naungan rida, magfirah, dan kasih sayang Allah SWT," kata Masmin dalam ceramahnya, seperti dikutip dari siaran pers Kantor Sekretariat Presiden, Senin (1/5/2022).

Usai berceramah dan menunaikan salat Idul Fitri, sekitar pukul 07.00 WIB, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana kembali ke Gedung Agung. Sambil berjalan, Presiden menyempatkan menyapa jemaah di beberapa saf depan.

Turut mengikuti salat Idul Fitri tersebut antara lain Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono, Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo, Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti, dan Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Afianto.

Selain itu hadir pula Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden Erlin Suastini, Kepala Istana Kepresidenan Yogyakarta Deni Mulyana, Komandan Grup A Paspampres Kolonel Inf. Anan Nurakhman, dan Asisten Ajudan Presiden Kapten Inf. Mat Sony Misturi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Antusiasme Masyarakat Salat Idul Fitri di JIS

Puluhan warga mendatangi Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara untuk melaksanakan salat Idul Fitri 1443 Hijiriah, Senin (2/5/2022) pagi. Sejumlah warga ada yang datang sejak pagi dengan mengendarai kendaraan pribadi.

Beberapa warga tampak langsung menuju lokasi salat yang telah ditentukan. Namun, ada pula yang berswafoto untuk mengabadikan momen pertama salat di JIS. Sejumlah petugas juga langsung mengarahkan warga ke tempat yang disediakan.

Salah satu warga, Nurul Qomariah, datang bersama keluarga sejak pagi sekitar puku 05.00 WIB. Sebagai warga yang tidak mudik Lebaran, Nurul memilih salat Idul Fitri di JIS, meskipun jauh dari rumahnya.

"Momen setelah dua tahun pandemi, jadi dibela-belain salat ke JIS dari Cakung," kata Nurul kepada Liputan6.com.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, melaksanakan salat Idul Fitri di Jakarta Internasional Stadium (JIS). Bahkan Anies juga membuka festival tabuh beduk malam takbiran di JIS, Minggu (1/5/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.