Sukses

Anies Baswedan: Salat Idul Fitri di JIS menjadi Momen Bersejarah

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersyukur kembali melaksanakan salat Idul Fitri bersama warga di kawasan Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara.

Liputan6.com, Jakarta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersyukur kembali melaksanakan salat Idul Fitri bersama warga di kawasan Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara.

Menurut dia, ini untuk pertama kalinya penyelenggaraan salat Idul Fitri di JIS. Sehingga bisa jadi momentum bersejarah.

"Alhamduillah Allah telah mengizinkan kita ini melaksanakan salat Idul Fitri di tempat dan momen yang bersejarah ini. Ini adalah untuk pertama kalinya JIS digunakan untuk salat Idul Fitri dan kita menjadi pribadi-pribadi pertama yang menggunakan tempat ini untuk bersujud di hadapan Allah," kata Anies di JIS, Senin (2/5/2022).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu juga menyatakan ucapan terimakasihnya kepada semua pihak yang telah berkerja keras untuk membangun JIS dan menyiapkan penyelengaraan Salat Idul Fitri 1443 Hijiriah.

Selain itu, dengan adanya Salat Idul Fitri yang dilakukan bersama masyarakat, jelas sebagai pertanda bahwa semua pihak telah berjuang untuk mengendalikan pandemi Covid-19.

"Ini adalah kemengan setelah dua Idul Fitri tanpa kebersamaan tanpa perayaan besar karena perjuangan kita mengendalikan pandemi dan juga ini adalah kemenangan setelah 13 tahun menanti akhirnya jakarta memiliki stadionnya sendiri yakni JIS," ucapnya.

Sebelumnya, Ribuan warga telah memadati kawasan Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara untuk melaksanakan salat Idul Fitri 1443 Hijiriah. Anies bersama keluarga tampak datang bersama.

Selain Anies sejumlah pejabat juga tampak hadir. Misalnya Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, M Taufik hingga anggota DPR Ahmad Sahroni.

Kemudian, Ketua Bidang Dakwah dan Ukhwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, Muhammad Cholil Nafis bertindak sebagai khotib Salat Idul Fitri.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Antusiasme Masyarakat

Puluhan warga mendatangi Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara untuk melaksanakan salat Idul Fitri 1443 Hijiriah, Senin (2/5/2022) pagi. Sejumlah warga ada yang datang sejak pagi dengan mengendarai kendaraan pribadi.

Beberapa warga tampak langsung menuju lokasi salat yang telah ditentukan. Namun, ada pula yang berswafoto untuk mengabadikan momen pertama salat di JIS. Sejumlah petugas juga langsung mengarahkan warga ke tempat yang disediakan.

Salah satu warga, Nurul Qomariah, datang bersama keluarga sejak pagi sekitar puku 05.00 WIB. Sebagai warga yang tidak mudik Lebaran, Nurul memilih salat Idul Fitri di JIS, meskipun jauh dari rumahnya.

"Momen setelah dua tahun pandemi, jadi dibela-belain salat ke JIS dari Cakung," kata Nurul kepada Liputan6.com.

 

3 dari 4 halaman

Pengaturan Lalu Lintas

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo menyatakan pihaknya telah melakukan pengaturan lalu lintas untuk mobilitas warga untuk melaksanakan salat Idul Fitri di JIS.

Yakni menyiapkan rute kedatangan atau kepulangan di JIS, serta mengatur sirkulasi kendaraan yang masuk/keluar dan drop off transportasi publik.

"Masyarakat tidak perlu khawatir dan bingung, kami sudah menyiapkan petugas untuk pengaturan parkir dan drop off, baik itu di dalam area stadion, area parkir ITF, dan kantong parkir feeder. Ikuti arahan petugas di lapangan dan dimohon tidak memarkirkan kendaraan di sembarang tempat untuk kelancaran perjalanan bersama," kata Syafrin dalam keterangannya, Sabtu (30/4/2022).

 

4 dari 4 halaman

Rute

Berikut rute kedatangan ke JIS sebagai berikut:

- Dari arah selatan lewat Jalan Gunung Sahari-Jalan Lodan Raya-Jalan Benyamin Sueb

- Dari arah barat melalui tol pelabuhan keluar Kemayoran-Jalan Benyamin Sueb

- Dari arah timur melalui tol pelabuhan keluar Ancol lewat Kemayoran-Jalan Benyamin Sueb

- Dari arah timur melalui Jalan RE Martadinata-Jalan Sunter Permai

- Dari arah timur Jalan Bisma Raya-Jalan Sunter Permai Raya

- Dari arah selatan Jalan HBR Motik-Jalan Danau Sunter Barat-Jalan Danau Sunter Utara

- Dari arah selatan Jalan Benyamin Sueb-putar balik menuju Jalan Griya Utama-Jalan Danau Sunter Utara

Berikut rute kepulangan dari JIS sebagai berikut:

- Menuju ke arah Jalan Sunter Permai Raya-Jalan Bisma Raya;

- Menuju ke arah Jalan Danau Sunter Permai Raya-Jalan Danau Sunter Barat-Jalan HBR Motik atau dapat melewati Jalan Danau Sunter Selatan

- Menuju ke arah timur Jalan RE Martadinata atau menuju arah Barat lewat Jalan RE Martadinata-putar balik ke Jalan Lodan Raya-masuk gerbang tol Ancol Timur

- Menuju ke arah Jalan Danau Sunter Permai Raya-Jalan Danau Sunter Barat-Jalan Griya Utama-Jalan Benyamin Sueb-masuk gerbang tol Kemayoran.

Sementara itu kata Syafrin untuk sirkulasi kendaraan masuk area JIS, masyarakat dapat masuk melalui pintu barat dan pintu timur, kemudian diarahkan masuk ke area parkir dalam stadion.

"Jika parkir dalam stadion penuh, diarahkan ke area parkir timur 1 dan 2. Demikin pula dengan sirkulasi kendaraan keluar seusai salat id dapat melalui pintu barat, pintu selatan, dan pintu timur," ucap dia.

Selanjutnya ada pula sejumlah kantong parkir yang dapat digunakan di dekat JIS. Yakni RSPI Soelianti Saroso, Universitas 17 Agustus, Graha YKI, Hotel D’Arcici, dan ruko Sunter Nirwana.

"Disediakan lima shuttle bus dari kantong parkir tersebut menuju JIS atau sebaliknya (PP)," ujar Syafrin.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.