Cuaca Hari Ini Senin 2 Mei 2022, Jakarta Berawan, Bodebek Cerah di Hari Pertama Idul Fitri

Oleh Maria Flora pada 02 Mei 2022, 06:15 WIB
Diperbarui 02 Mei 2022, 06:15 WIB
Ilustrasi Cuaca Jakarta Cerah Berawan
Perbesar
Ilustrasi Cuaca Jakarta Cerah Berawan (Foto: Liputan6/Nafiysul Qodar)

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca berawan menyelimuti wilayah DKI Jakarta, Senin (2/5/2022) pagi di hari pertama Idul Fitri.

Hujan intensitas ringan dilaporkan terjadi siang nanti dan diprediksi sejumlah titik dibarengi petir dan angin kencang. 

"iWaspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Jakbar, Jaksel dan Jaktim pada menjelang siang hingga sore hari," kata BMKG diperingatan dini cuaca hari ini, Senin.

Sementara, langit cerah berawan terjadi di ketiga daerah penyangga Jakarta, yakni Depok, Bogor, Bekasi. Sementara, Tangerang diperkirakan berawan.

Siang nanti, curah hujan intensitas sedang turun merata di keempat kota penyangga. Tiga di antaranya dilaporkan BMKG berpotensi hujan angin hingga malam nanti. 

"Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada waktu siang hingga malam hari di Kab. dan Kota Bogor, Kab. dan Kota Bekasi, Kota Depok," jelas BMKG.

Berikut informasi prakiraan cuaca di Jabodetabek selengkapnya yang dikutip Liputan6.com dari laman resmi BMKG www.bmkg.go.id:

 Kota  Pagi  Siang  Malam
 Jakarta Barat  Berawan  Hujan Ringan  Berawan
 Jakarta Pusat  Berawan  Hujan Ringan  Berawan
 Jakarta Selatan  Berawan  Hujan Sedang  Cerah Berawan
 Jakarta Timur  Berawan  Hujan Ringan  Berawan
 Jakarta Utara  Berawan  Hujan Ringan  Hujan Ringan
 Kepulauan Seribu  Berawan  Berawan  Hujan Ringan
 Bekasi  Cerah Berawan  Hujan Sedang  Hujan Ringan
Depok Cerah Berawan Hujan Sedang Hujan Ringan
Bogor  Cerah Berawan  Hujan Sedang  Hujan Ringan
Tangerang  Berawan  Hujan Sedang  Berawan

Mudik Lebaran, BMKG Siapkan Layanan Informasi Prakiraan Cuaca di Jalan Tol

Waspada Cuaca Ekstrem di Jabodetabek Hingga April 2022
Perbesar
Cuaca Ekstrem di Jabodetabek Hingga April 2022 (Foto: Merdeka.com)

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) juga mempersiapkan layanan informasi prakiraan cuaca, terutama di jalur tol untuk menghadapi masa mudik Lebaran 2022.

"Layanan yang kami sampaikan di sini adalah informasi cuaca pada jalur transportasi darat, terutama jalan tol, ini akan disiapkan dengan fitur khusus, melalui aplikasi mobile phone infoBMKG. Namun yang kami sampaikan ini adalah prakiraan cuaca," ujar Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam rapat kerja dan rapat dengar pendapat (RDP) bersama Komisi V DPR RI yang diikuti secara daring, mengutip Antara, Jumat, 8 April 2022. 

Dwikorita mengatakan, peringatan dini juga diberikan dari 3 jam hingga 30 menit sebelum kejadian dan disampaikan pula melalui fitur khusus peringatan dini infoBMKG.

"Namun kami juga memohon barangkali dimungkinkan peringatan dini ini bisa ditayangkan pada layar yang ada di jalan tol, untuk informasi jalan tol," kata dia.

Dwikorita berharap, dengan informasi yang disebarluaskan tidak hanya melalui aplikasi ponsel, sehingga BMKG berupaya untuk dapat berkoordinasi dengan pengelola jalan tol, agar peringatan dini juga masuk di dalam info jalan tol.

"BMKG juga akan menyampaikan prakiraan cuaca untuk tempat ibadah serta prakiraan cuaca menjelang hingga Idul Fitri," ucap dia.


40 Radar Cuaca Terpasang Guna Kelancaran Mudik Lebaran

FOTO: Waspada Hujan Angin di Jakarta Dampak Siklon Molave
Perbesar
Hujan Angin di Jakarta Dampak Siklon Molave. (Foto: Merdeka)

Selain itu, Dwikorita menyebut, pihaknya mempersiapkan prakiraan cuaca khusus untuk tempat wisata disertai dengan adanya peringatan dini. 

Menurut Dwikorita, BMKG telah mempersiapkan peralatan yang sudah terpasang di seluruh wilayah Indonesia dan terkalibrasi serta beroperasi dengan baik. Terdapat 40 radar cuaca dan ribuan peralatan yang terpasang guna mendukung kelancaran mudik Lebaran.

Kemudian AWOS (Automated Weather Observing System) juga terpasang di hampir semua bandara di Indonesia, yang memiliki stasiun meteorologi di 98 lokasi.

"Kami menyiapkan radar khusus untuk penyeberangan, yaitu radar maritim, terutama di Gilimanuk-Ketapang, juga di antara Pulau Lombok dan Flores dan juga di Selat Sunda," jelas dia.

Dwikorita mengharapkan layanan cuaca BMKG dapat mendukung kelancaran pemerintah mewujudkan mudik aman dan juga mudik sehat.

Infografis Waspada Cuaca Ekstrem di Indonesia
Perbesar
Infografis Waspada Cuaca Ekstrem di Indonesia. (Foto:Liputan6/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya