Sukses

Wapres Ma'ruf Amin: Selamat Idul Fitri 2022, 1 Syawal 1443 H

Pemerintah menetapkan 1 Syawal 1443 H sekaligus Idul Fitri 2022 jatuh pada Senin, 2 Mei besok. Wakil Presiden Ma'ruf Amin pun menyampaikan selamat lebaran kepada seluruh umat Islam.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah menetapkan 1 Syawal 1443 H sekaligus Idul Fitri 2022 jatuh pada Senin, 2 Mei besok. Wakil Presiden Ma'ruf Amin pun menyampaikan selamat lebaran kepada seluruh umat Islam.

“Kepada saudara-saudara umat Islam di manapun berada, saya mengucapkan selamat Idul Fitri 1 Syawal 1443 Hijriah," kata Ma'ruf Amin dalam keterangan video, Minggu (1/5/2022) malam.

Dia menilai, Lebaran 2022 ini lebih istimwa karena masyarakat diperbolehkann mudik. "Setelah dua tahun merayakan Idul Fitri dengan segala keterbatasan akibat pandemi Covid-19, alhamdulillah ikhtiar dan doa untuk mengendalikan sebaran Covid-19 diperkenankan Allah sehingga masyarakat bisa kembali mudik berlebaran di kampung," kata Ma'ruf Amin.

Dia mengingatkan agar masyarakat selalu menerapkan protokol kesehatan selama bersilaturahmi, sehingga tak ada lonjakan kasus Covid-19 usai liburan lebaran.

"Saya mengimbau kebahagiaan bersama sanak saudara tetap diiringi penerapan protokol kesehatan ketat, untuk menghindari melonjaknya kembali Covid-19 pasca lebaran nanti," pesan Ma'ruf Amin.

Selain itu, dia mendoakan segala amal ibadah umat muslim selama Ramadhan kemarin diterima oleh Allah SWT.

"Insyaallah seluruh amalan kita di bulan Ramadhan menjadi bekal kita untuk menguatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT dan mengembalikan jiwa kita ke fitrah," kata Ma'ruf Amin.

"Mohon maaf lahir dan batin," pungkas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ma'ruf Amin Mudik ke Banten

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin berencana melakukan salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. Setelah salat baru dia akan mudik Lebaran ke kampung halamannya di Banten.

"Saya sendiri mungkin saya akan salat di Jakarta. Mungkin saya di Istiqlal" kata dia seperti dalam rekaman video dari Sekretariat Wakil Presiden, Selasa 26 April 2022.

Ma'ruf Amin menyebut, lokasi mudiknya sangat dekat dari Jakarta. Karena jarak yang dekat, ia bisa mudik sampai dua kali dalam sebulan.

"Kalau mudiknya saya tidak jauh, saya kan mudik dekat sekali di Banten situ, satu setengah jam. Jadi mudik buat saya itu satu bulan bisa dua kali, jadi karena memang dekat," tutur dia.

Lebih lanjut, Ma'ruf Amin meminta masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan meski dibolehkan mudik.

Masyarakat, lanjutnya juga diimbau menerima vaksinasi dosis ketiga Covid-19 atau booster.

"Hanya pemerintah minta supaya tetap menjaga protokol kesehatan, vaksinasinya supaya dibooster, supaya aman," kata Ma'ruf Amin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.