Sukses

Puncak Arus Mudik di Terminal Kalideres Terjadi Saat H-3 Lebaran

Menurut Kepala Terminal Bus Kalideres, Revi Zulkarnain, ketika puncak arus mudik, jumlah pemberangkatan mencapai 4.172 penumpang. Suasana puncak arus mudik pun, kata Revi, sudah terlewati.

Liputan6.com, Jakarta - Puncak arus mudik di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, terjadi pada Jumat (29/4/2022) atau saat H-3 Lebaran.

Menurut Kepala Terminal Bus Kalideres, Revi Zulkarnain, ketika puncak arus mudik, jumlah pemberangkatan mencapai 4.172 penumpang. Suasana puncak arus mudik pun, kata Revi, sudah terlewati.

"Pada H-1 situasi pemudik di Terminal Kalideres sudah jauh menurun, berbeda dengan H-3, itu jumlah penumpang yang berangkat mencapai 4.172 orang, dengan armada bus reguler yang diberangkatkan sebanyak 253 bus dan 39 bus bantuan," ungkap Kepala Terminal Kalideres Revi Zulkarnain di Jakarta, Minggu (1/5/2022), seperti dilansir Antara.

Berdasarkan data angkutan lebaran 2022 Terminal Kalideres, angka penumpang telah sangat menurun. Pada Minggu dari pukul 00.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB, jumlah penumpang yang berangkat dari Kalideres hanya 192 orang.

Angka itu berbeda apabila dibandingkan dengan dua hari sebelumnya, di mana jumlah penumpang mudik menyentuh angka 1.000 orang pada periode waktu yang sama.

"Hari ini sudah tidak ada penumpukan seperti H-3. Tapi penumpukan pada Jumat itu juga karena adanya Oneway ke arah Jakarta, sehingga bus tertahan. Tapi Kita bisa mengantisipasi dengan penyediaan bus tambahan," jelasnya.

Revi menyatakan, pihaknya rutin melakukan Ramp Check kendaraaan sebelum diizinkan berangkat. Begitu juga dengan sopir, dilakukan pengecekan kesehatan secara berkala.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pemeriksaan Kelaikan Kendaraan

Dia menambahkan, pemeriksaan dan pengujian kelaikan bus dilakukan oleh tim pengecekan kendaraan dari Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek.

"Kami pastikan bus yang berangkat dari Terminal Kalideres laik jalan sehingga penumpang yang diangkut bisa selamat sampai tujuan," katanya.

Terminal Kalideres memberangkatkan bus dengan tujuan Sumatera yaitu Lampung, Palembang, Padang, Medan, Bengkulu, Aceh, Pekanbaru. Selain itu, tujuan ke Jawa yakni menuju Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur. Kemudian terdapat pula bus tujuan Bali dan Nusa Tenggara Barat.

Sumber: Antara

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.