Sukses

H-1 Lebaran, Arus Lalu Lintas Puncak Bogor Masih Ramai Lancar

Arus lalu di lalu lintas pada kedua arah di Kawasan Puncak, Kabupaten Bogor dilaporkan ramai lancar, pada H-1 Hari Raya Idul Fitri 1443 H, Minggu (1/5/2022).

Liputan6.com, Jakarta - Arus lalu di lalu lintas pada kedua arah di Kawasan Puncak, Kabupaten Bogor dilaporkan ramai lancar, pada H-1 Hari Raya Lebaran, Minggu (1/5/2022).

"Saat ini arus lalu lintas di jalur wisata puncak terpantau ramai lancar Dari Jakarta menuju Cianjur maupun dari arah Cianjur menuju Jakarta," kata Briptu Venna Marselina anggota Sat Lantas Polres Bogor.

Meski masih terpantau ramai lancar, pihak kepolisian tetap memberlakukan skema ganjil genap untuk kendaraan yang hendak melintas di jalur jalan Raya Puncak.

"Sedang melaksanakan sistem ganjil-genap bagi masyarakat yang akan menuju puncak untuk memperhatikan plat nomor anda agar sesuai dengan tanggal yang berlaku," tuturnya.

"Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat yang akan melalui jalur wisata puncak untuk selalu menaati rambu lalu lintas dan mentaati protokol kesehatan," lanjutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lonjakan

Sebelumnya, Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin memprediksi lonjakan kendaraan di Kabupaten Bogor akan terjadi seusai Hari Raya Idul Fitri. Saat itu banyak masyarakat akan menghabiskan waktu untuk berlibur.

Menurutnya, kawasan Puncak masih tetap menjadi destinasi utama berwisata bagi masyarakat. Pihaknya telah menyiapkan beberapa skema pengaturan lalu lintas.

"Seperti penerapan ganjil-genap (gage) untuk menekan kepadatan kendaraan. Kami secara situasional one way juga akan diberlakukan nantinya," kata Iman kepada wartawan, Sabtu (30/4).

3 dari 3 halaman

Pos Pengamanan

Polres Bogor telah mendirikan lima pos pengamanan, pos terpadu dan pos pelayanan di Jalur Puncak. Fasilitas ini didukung 173 personel untuk mengamankan lalu lintas.

Pos-pos serupa juga didirikan di jalur alternatif Jonggol. "Kami berharap dengan pos yang telah disiapkan pengguna jalan dapat merasa aman dan lalu lintas lancar tanpa hambatan berarti," katanya.

Keseluruhan, terdapat 1.200 personel disiagakan untuk pengamanan Idul Fitri 1443 H di Kabupaten Bogor.

Personel gabungan dari TNI/Polri dan Pemkab Bogor disebar ke 20 posko pengamanan arus mudik 2022. "Ada 20 posko pengamanan yang dilengkapi layanan vaksinasi bagi masyarakat. Ini untuk memastikan masyarakat mudik dengan sehat dan aman dari penularan Covid-19," katanya.

Sumber: Bachtiarudin Alam/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.