Catat, Waktu Operasional Transjakarta pada Malam Takbiran dan Lebaran

Oleh Ika Defianti pada 01 Mei 2022, 12:36 WIB
Diperbarui 01 Mei 2022, 12:37 WIB
FOTO: Menjajal Bus Listrik Transjakarta saat PPKM Level 1
Perbesar
Transjakarta

Liputan6.com, Jakarta PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) memastikan tidak mengalami perpanjangan waktu operasional pada saat perayaan malam takbiran. Saat ini waktu operasional Transjakarta mulai pukul 05.00 – 22.00 WIB dan layanan angkutan malam hari (Amari) mulai pukul 22.01–24.00 WIB.

Kepala Departemen Komunikasi Korporasi dan CSR PT Transjakarta, Iwan Samariansyah menyatakan Transjakarta siap mengakomodasi mobilitas masyarakat pada momen hari Raya Idul Fitri pada Senin (2/5/2022).

"Hanya saja, Transjakarta beroperasi lebih lambat dari biasanya yakni mulai pukul 09.00-22.00 dan amari pukul 22.01-24.00 WIB," kata Iwan dalam keterangannya.

Kata dia, hal tersebut untuk memberikan kesempatan pada petugas dalam menjalankan ibadah salat Idul Fitri dan berkumpul dengan keluarga terlebih dulu.

Sebelumnya, PT Transportasi Jakarta atau Transjakarta menyiapkan sebanyak 12 titik layanan gratis pulang pergi untuk warga yang akan melaksanakan Salat Idul Fitri di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara.

Berdasarkan unggahan dari akun Instagram @pt_transjakarta nantinya sejumlah armada akan diberangkatkan pukul 05.10 dan 05.20 WIB dari masing-masing titik keberangkatan.

Adapun sebanyak 12 titik layanan gratis bus TransJakarta bagi penumpang yang akan Sholat Id di JIS meliputi rute sebagai berikut:

1. Rute JIS3 Harmoni-JIS

2. Rute 14 Terminal Senen-JIS

3. Rute 10K Terminal Tanjung Priok-JIS

4. JAK.77 Terminal Tanjung Priok-Jembatan Item

BUMD DKI Jakarta ini juga menyediakan layanan gratis bus TransJakarta pulang pergi di lokasi keberangkatan yang sudah ditentukan yakni:

5. Depan Kantor Walikota Jakarta Utara

6. Depan Hotel Arcici Jalan Raya Plumpang Semper

7. Depan Pom Bensin Jalan Raya Plumpang Semper Gapura Kelurahan Tugu Selatan

8. Depan Jakarta Islamic Centre Jalan Kramat Jaya

9. Depan RSUD Koja

10. Depan Kantor Damkar Dekat lampu Merah Permai

11. Depan Kantor Kecamatan Penjaringan

12. Jalan Maritim Raya Kampung susun Aquarium RT 12 RW 04 Penjaringan di depan Meseum Bahari.

Setelah melaksanakan Shalat Idul Fitri, jemaah juga dapat menggunakan layanan yang sama untuk kembali ke titik awal keberangkatan.

Pemprov DKI mengimbau jemaah untuk menggunakan transportasi umum mengingat keterbatasan lahan parkir.

 


Rute Kedatangan Jemaah Sholat Id di JIS

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo menyatakan pihaknya telah melakukan pengaturan lalu lintas untuk mobilitas warga untuk melaksanakan salat Idul Fitri di Jakarta International Stadium (JIS).

Yakni menyiapkan rute kedatangan atau kepulangan di JIS, serta mengatur sirkulasi kendaraan yang masuk/keluar dan drop off transportasi publik.

"Masyarakat tidak perlu khawatir dan bingung, kami sudah menyiapkan petugas untuk pengaturan parkir dan drop off, baik itu di dalam area stadion, area parkir ITF, dan kantong parkir feeder. Ikuti arahan petugas di lapangan dan dimohon tidak memarkirkan kendaraan di sembarang tempat untuk kelancaran perjalanan bersama," kata Syafrin dalam keterangannya, Sabtu (30/4/2022).

Berikut rute kedatangan ke JIS:

- Dari arah selatan lewat Jalan Gunung Sahari-Jalan Lodan Raya-Jalan Benyamin Sueb

- Dari arah barat melalui tol pelabuhan keluar Kemayoran-Jalan Benyamin Sueb

- Dari arah timur melalui tol pelabuhan keluar Ancol lewat Kemayoran-Jalan Benyamin Sueb

- Dari arah timur melalui Jalan RE Martadinata-Jalan Sunter Permai

- Dari arah timur Jalan Bisma Raya-Jalan Sunter Permai Raya

- Dari arah selatan Jalan HBR Motik-Jalan Danau Sunter Barat-Jalan Danau Sunter Utara

- Dari arah selatan Jalan Benyamin Sueb-putar balik menuju Jalan Griya Utama-Jalan Danau Sunter Utara


Rute Kepulangan Jemaah Sholat Id di JIS

Berikut rute kepulangan dari JIS:

- Menuju ke arah Jalan Sunter Permai Raya-Jalan Bisma Raya;

- Menuju ke arah Jalan Danau Sunter Permai Raya-Jalan Danau Sunter Barat-Jalan HBR Motik atau dapat melewati Jalan Danau Sunter Selatan

- Menuju ke arah timur Jalan RE Martadinata atau menuju arah Barat lewat Jalan RE Martadinata-putar balik ke Jalan Lodan Raya-masuk gerbang tol Ancol Timur

- Menuju ke arah Jalan Danau Sunter Permai Raya-Jalan Danau Sunter Barat-Jalan Griya Utama-Jalan Benyamin Sueb-masuk gerbang tol Kemayoran.

Sementara itu, kata Syafrin, untuk sirkulasi kendaraan yang menuju area JIS, masyarakat dapat masuk melalui pintu barat dan pintu timur, kemudian diarahkan masuk ke area parkir dalam stadion.

"Jika parkir dalam stadion penuh, diarahkan ke area parkir timur 1 dan 2. Demikin pula dengan sirkulasi kendaraan keluar seusai salat id dapat melalui pintu barat, pintu selatan, dan pintu timur," ucap dia.

Selanjutnya ada pula sejumlah kantong parkir yang dapat digunakan di dekat JIS, yakni RSPI Soelianti Saroso, Universitas 17 Agustus, Graha YKI, Hotel D’Arcici, dan ruko Sunter Nirwana.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya