Sukses

Anies Siap Jadikan Jakarta Future City Hub Titik Temu Kolaborasi Pemerintah dan Pelaku Usaha Dunia Digital

Anies Baswedan menjelaskan, Jakarta Future City Hub menyediakan one-stop-shop untuk startup, Founders, dan inovator dalam konsep co-working, networking

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Anies Baswedan bersama dengan Duta Besar Jerman, H.E. Ina Lepel, berkunjung ke Jakarta Future City Hub di Jakarta Box Tower pada Kamis 28 April 2022. Menurut Anies lokasi tersebut akan menjadi titik temu kolaborasi antara pemerintah dan pelaku usaha di dunia digital.

"Jakarta Future City Hub ini merupakan hasil kolaborasi Pemprov DKI Jakarta melalui Jakarta Smart City dengan Pemerintah Berlin dalam proyek Smart Change yang didanai oleh Uni Eropa," tulis Anies dalam Instagram pribadinya, seperti dikutip Liputan6.com, Minggu (1/5/2022).

Anies menjelaskan, Jakarta Future City Hub menyediakan one-stop-shop untuk startup, founders, dan inovator dalam konsep co-working, networking, dan ruang kegiatan serta lokakarya. Dia meyakini, fasilitas hub ini bisa membuat ekosistem digital di Jakarta bisa tumbuh lebih pesat lagi.

"Ini merupakan satu tempat di mana siapa saja bisa datang untuk saling bertemu, sehingga ada interaksi, saling belajar, berbagi pengalaman, tukar pikiran, dan kerja bersama," beber Anies.

Sebagai informasi, Jakarta Future City Hub akan memposisikan diri sebagai ruang kolaborasi untuk menghadapi tantangan perkotaan, serta pusat pengembangan ekosistem kewirausahaan di Jakarta, mendorong inovasi, ketahanan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja dengan memberdayakan wirausahawan dan memungkinkan kolaborasi lintas sektoral.

"Insya Allah September nanti Jakarta Future City Hub sudah bisa digunakan," Anies menutup.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Anies Baswedan dan Gibran Diprediksi Naik Kelas Menuju Pemilu 2024

Di sisi lain, Anies Baswedan serta Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka diprediksi akan naik kelas di Pemilu 2024.

Adapun untuk Anies sendiri diprediksi akan maju sebagai calon presiden untuk berlaga di Pilpres 2024. Sedangkan Gibran akan bertarung di kancah Pilkada 2024 sebagai calon gubernur.  

"Di 2024, Gibran akan naik kelas, begitu juga Anies. Saya yakin," kata pengusaha beras asal Solo Billy Haryanto dalam keterangannya, Sabtu (30/6/2022).

Dia merasa yakin, karena pada Pilkada DKI sempat memberikan dukungan ke Jokowi dan Anies.

Meski demikian, saat Gibran dijodohkan untuk berpasangan dengan politikus NasDem Ahmad Sahroni untuk maju di DKI, dia menyerahkan sepenuhnya ke masyarakat. "Biarkan masyarakat yang menilai. Yang jelas Gibran nomor satu (posisi Gubernur)," kata dia.

Menurut Billy, baik Anies maupun Gibran sudah pantas naik kelas di Pemilu 2024. Meski demikian, dirinya tak ingin berspekulasi keduanya berhasil atau tidak.

"Dua-duanya cocok naik kelas. Satu dari wali kota jadi gubernur, satu lagi dari gubernur jadi presiden. Lulus tidaknya biar masyarakat yang menilai," kata Billy.

3 dari 3 halaman

Salat Idul Fitri di JIS

Sementara itu, Anies Baswedan menyatakan pihaknya akan menyelenggarakan Salat Idul Fitri di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara. Hal tersebut disampaikan oleh Anies melalui unggahan video di akun Instagram @aniesbaswedan.

"Jakarta International Stadium siap menyambut jemaah Salat Idul Fitri pada 1 Syawal nanti. Di mahakarya kota ini, mari kita agungkan takbir dan bersujud memohon rida ilahi," kata Anies dalam unggahan tersebut.

Sebelumnya, Kepala Bagian Mental Spiritual Biro Dikmental DKI Jakarta Aceng Zaini menyatakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan melaksanakan Salat Idul Fitri di Jakarta International Stadium (JIS), Tanjung Priok, Jakarta Utara.

JIS dikatakan dapat menampung 8.000 jemaah.

"Kalau Pak Anies pastinya datang pas Salat Idul Fitri," ucap Aceng saat dihubungi, Kamis (21/4/2022).

Aceng menjelaskan, persiapan yang dilakukan jelang ibadah Salat Idul Fitri di JIS yaitu menerjunkan personel Satpol PP di area pintu masuk, pintu keluar, dan beberapa titik vital lainnya. Jumlah personel yang disiapkan sekitar 300 orang.

Selain itu, ITF Sunter akan dimanfaatkan s sebagai kantung parkir untuk motor. Daya tampung yang diperkirakan yaitu 1.000 unit motor.

"ITF di seberang JIS nanti disiapkan untuk motor, (bagian) yang sudah dicor cukup untuk 1.000 motor," jelas Aceng.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Anies Baswedan menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia
    Anies Baswedan pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia

    Anies Baswedan