Sukses

Fasilitasi Pemudik, Jasa Marga Gelar Sholat Idul Fitri 2022 di 5 Rest Area Travoy

Jasa Marga menggelar sholat Idul Fitri 2022 di lima rest area Travoy untuk memfasilitasi pemudik maupun masyarakat yang ada di sepanjang jalur Tol Trans Jawa.

Liputan6.com, Jakarta - PT Jasa Marga Related Business (JMRB) akan menyelenggarakan sholat Idul Fitri di lima Rest Area Travoy pada Lebaran 1 Syawal 1443 H nanti.

Jasa Marga menggelar sholat Id di area tersebut untuk memfasilitasi pemudik yang masih berada dalam perjalanan di ruas Tol Trans Jawa saat hari-H lebaran Idul Fitri 2022.

General Manager Pengendalian Operasional PT Jasa Marga Related Business, Meta Herlina Puspitaningtyas mengatakan, lima tempat peristirahatan yang menyelenggarakan sholat Idul Fitri yaitu Rest Area Travoy 207 A Palikanci, Rest Area Travoy 519 A dan B Solo-Ngawi, serta Rest Area Travoy 575 A dan B Solo-Ngawi.

"Penyelenggaraan salat Id di Rest Area Travoy terlaksana berkat kerja sama dengan Badan Kerohanian Islam (BKI) Jasa Marga Group dan Anak Perusahaan Jalan Tol (APJT) PT Jasa Marga (Persero) Tbk," kata Meta dalam keterangannya, Sabtu (30/4/2022).

Meta juga menjelaskan, penyelenggaraan salat Idul Fitri di Rest Area Travoy terbuka untuk umum, baik bagi pengguna jalan tol, masyarakat sekitar rest area, petugas rest area, maupun tenant rest area.

Meski untuk umum, Meta memastikan bahwa pelaksanaan sholat Id di rest area tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19 secara ketat.

"Meski terbuka untuk umum, kami tetap menerapkan protokol kesehatan yang berlaku di rest area, yaitu menggunakan masker, menjaga jarak, dan melakukan scan barcode PeduliLindungi," kata Meta.

Menurut Meta, kegiatan keagamaan seperti ini bukan kali pertama dilaksanakan di Rest Area Travoy. Pihaknya sudah beberapa kali menggelar kegiatan serupa diantaranya pengajian hingga pemotongan hewan kurban.

“Sebelumnya PT JMRB beserta BKI Jasa Marga Group dan masyarakat sekitar kerap menggelar acara-acara keagamaan seperti salat Tarawih, pengajian, hingga menyelenggarakan prosesi pemotongan hewan kurban saat Iduladha,” pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

One Way di Tol Cikampek hingga GT Kalikangkung

Sebelumnya, Jasa Marga menyampaikan pemberlakuan rekayasa lalulintas kembali diterapkan untuk mengurai kemacetan mudik lebaran.

Pagi ini, Gerbang Tol Cikampek km 70 hingga gerbang tol Kalikangkung km 414 diberlakukan satu arah atau one way dan ganjil genap, khusus bagi kendaraan kecil yang ke arah Semarang.

“GT Cikampek Utama KM 70 - GT Kalikangkung KM 414 DIBERLAKUKAN SATU ARAH (ONE WAY) dan GANJIL GENAP. Jalur Satu Arah (ONE WAY) Khusus Kendaraan kecil arah Semarang,” demikian tulis @jasamarga, Minggu (1/5/2022).

Jasa Marga juga meminta pemudik waspada saat melinta di Tol Cikampek KM 70 - Karawang Barat KM 47, sebab terdapat rambu pengaman lajur contraflow di lajur kanan.

“08.05 WIB #Tol_Japek HATI-HATI di Cikampek KM 70 - Karawang Barat KM 47, ada Rambu Pengaman Lajur Contraflow di lajur kanan,” demikian kutipan dari akun @jasamarga.

Sebelumnya, puncak arus mudik tercatat pada 29 April 2022 kemarin. Jasa Marga mencatat sebanyak 1.394.854 kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek, pada periode 22-29 April 2022 atau H-10 hingga H-3 lebaran.

Angka tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari empat Gerbang Tol (GT) Barrier/Utama, yaitu GT Cikupa (arah Merak), GT Ciawi (arah Puncak), dan GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Trans Jawa dan Bandung).

Corporate Communication Head PT Jasa Marga, Dwimawan Heru menyatakan, total volume lalin yang meninggalkan wilayah Jabotabek tersebut naik 17,6% dibandingkan lalin normal periode November 2021 dengan total 1.186.349 kendaraan.

“Untuk distribusi lalu lintas meninggalkan Jabotabek menuju ke tiga arah yaitu mayoritas sebanyak 733.159 kendaraan (52,6%) menuju arah Timur (Trans Jawa dan Bandung), 395.082 kendaraan (28,3%) menuju menuju arah Barat (Merak), dan 266.613 kendaraan (19,1%) menuju arah Selatan (Puncak),” kata Dwimawan dalam keterangannya, Sabtu (30/4/2022).

3 dari 4 halaman

Jokowi Sholat Id di Yogyakarta

Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan melakukan mudik pada momentum Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah. Alih-alih ke kampung halamannya di Solo, Jawa Tengah, Jokowi memilih untuk mudik ke Yogyakarta pada Lebaran 2022.

"Saya mudik ke Solo, tapi saya enggak ke Solo. Jadi saya ke Jogja," ujar Jokowi kepada wartawan sebagaimana disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Senin (25/4/2022).

Tak hanya mudik, dia juga akan melaksanakan Sholat Idul Fitri di Yogyakarta. Kendati begitu, Jokowi belum mengetahui berapa lama dia akan berada di Yogyakarta.

"Insyaallah iya (Sholat Idul Fitri di Yogyakarta)," ucap dia.

Jokowi menekankan dia tidak melakukan halal bihalal atau open house pada Lebaran tahun ini. Hal ini mengingat halal bihalal dapat menimbulkan kerumunan masyarakat.

"Ndak, seperti yang sudah saya sampaikan, halal bihalal terutama yang menyangkut kerumunan orang banyak. Pemerintah ajak sebaiknya tidak, utamanya untuk para pejabat," jelas Jokowi.

4 dari 4 halaman

Pemprov DKI Jakarta Gelar Sholat Id di JIS

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI akan menyelenggarakan Salat Idul Fitri di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara. Hal tersebut disampaikan oleh Anies melalui unggahan video di akun Instagram @aniesbaswedan.

"Jakarta International Stadium siap menyambut jemaah Salat Idul Fitri pada 1 Syawal nanti," kata Anies dalam unggahan tersebut.

Kepala Bagian Mental Spiritual Biro Dikmental DKI Jakarta Aceng Zaini menyatakan, Anies Baswedan dijadwalkan akan melaksanakan Sholat Idul Fitri di Jakarta International Stadium. Dia menyebut, stadion internasional di Tanjung Priok, Jakarta Utara itu dapat menampung 8.000 jemaah.

"Kalau Pak Anies pastinya datang pas Sholat Idul Fitri," ucap Aceng saat dihubungi, Kamis (21/4/2022).

Aceng menjelaskan, persiapan yang dilakukan jelang ibadah Salat Idul Fitri di JIS yaitu menerjunkan personel Satpol PP di area pintu masuk, pintu keluar, dan beberapa titik vital lainnya. Jumlah personel yang disiapkan sekitar 300 orang. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.