Sukses

Jasa Marga: Cikampek km 70- GT Kalikangkung km 414 Diterapkan Satu Arah Pagi Ini

Jasa Marga menyampaikan pemberlakuan rekayasa lalulintas kembali diterapkan untuk mengurai kemacetan mudik lebaran.

Liputan6.com, Jakarta Jasa Marga menyampaikan pemberlakuan rekayasa lalulintas kembali diterapkan untuk mengurai kemacetan mudik lebaran. Pagi ini, Gerbang Tol Cikampek km 70 hingga tol Kalikangkung km 414 diberlakukan satu arah atau one way dan ganjil genap, khusus bagi kendaraan kecil yang ke arah Semarang.

“GT Cikampek Utama KM 70 - GT Kalikangkung KM 414 DIBERLAKUKAN SATU ARAH (ONE WAY) dan GANJIL GENAP. Jalur Satu Arah (ONE WAY) Khusus Kendaraan kecil arah Semarang,” demikian tulis @jasamarga, Minggu (1/5/2022).

Jasa Marga juga meminta pemudik waspada saat melinta di Tol Cikampek KM 70 - Karawang Barat KM 47, sebab terdapat rambu pengaman lajur contraflow di lajur kanan.

“08.05 WIB #Tol_Japek HATI-HATI di Cikampek KM 70 - Karawang Barat KM 47, ada Rambu Pengaman Lajur Contraflow di lajur kanan,” demikian kutipan dari akun @jasamarga.

Sebelumnya, puncak arus mudik tercatat pada 29 April kemarin. Jasa Marga mencatat sebanyak 1.394.854 kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek, pada periode 22-29 April 2022 atau H-10 hingga H-3 lebaran.

Angka tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari empat Gerbang Tol (GT) Barrier/Utama, yaitu GT Cikupa (arah Merak), GT Ciawi (arah Puncak), dan GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Trans Jawa dan Bandung).

Corporate Communication Head PT Jasa Marga, Dwimawan Heru menyatakan, total volume lalin yang meninggalkan wilayah Jabotabek tersebut naik 17,6% dibandingkan lalin normal periode November 2021 dengan total 1.186.349 kendaraan.

“Untuk distribusi lalu lintas meninggalkan Jabotabek menuju ke tiga arah yaitu mayoritas sebanyak 733.159 kendaraan (52,6%) menuju arah Timur (Trans Jawa dan Bandung), 395.082 kendaraan (28,3%) menuju menuju arah Barat (Merak), dan 266.613 kendaraan (19,1%) menuju arah Selatan (Puncak),” kata Dwimawan dalam keterangannya, Sabtu (30/4/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Volume Kendaraan di Tol Cikampek Masih Tinggi

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menyampaikan, puncak arus mudik Lebaran 2022 diprediksi telah lewat.

Kendati begitu, menurut Sambodo, berdasarkan pemantauan di Tol Jakarta-Cikampek, volume kendaraan arus mudik masih terbilang cukup tinggi.

"Arus dari Jakarta masih besar sejak tadi malam sampai pagi ini. Namun sepertinya arus puncak kedua sudah lewat, di tol kota dan tol JORR sudah tidak ada yang ke timur," kata Sambodo dalam keterangan tertulis, Sabtu (30/4/2022).

Sambodo menerangkan, terjadi kepadatan lalu lintas di Tol Japek. Kondisi berbeda dengan pemandangan di jalan Tol layang Jakarta-Cikampek II (Elevated).

"Ekor kepadatan di bawah di KM 30, sedangkan elevated cukup kencang," ujar dia.

3 dari 3 halaman

Menko PMK Ajak Warga Mudik Lintas Pantai Selatan Jawa

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy meminta kalangan media terus mengampanyekan keuntungan jalur mudik pantai selatan Jawa, khususnya jalur via Garut di wilayah pesisir selatan Jawa Barat.

"Saya meminta rekan-rekan wartawan ikut menyebarluaskan, mengampanyekan jalur pantai selatan yang sangat indah, mulus, tapi belum dimanfaatkan secara maksimal oleh pemudik ini," ujarnya dalam pengecekan jalur mudik di pos terpadu Limbangan Garut, Jumat (29/4/2022).

Menurutnya, keberadaan jalur mudik pantai selatan Jawa belum dimaksimalkan kalangan pemudik, padahal sepanjang jalur itu dikenal memiliki infrastruktur jalan yang baik dengan pemandangan alam yang indah.

"Tadi saya juga memantau lewat udara, memang jalur pantai selatan masih sepi," kata dia.

Muhadjir menyatakan, meskipun di beberapa titik masih ditemukan adanya blank spot dengan buruknya jaringan koneksi, tetapi hal itu bukan hambatan utama yang mengganggu pemudik saat melintasi jalur mudik pantai selatan Jawa.

"Sebenarnya sulitnya (jaringan) tidak lama, setelah itu akan mendapatkan jalan yang lurus tidak mendapatkan hambatan, mestinya ini kesempatan yang baik buat pemudik," ujar dia meyakinkan.

Dengan segudang kelebihan terutama saat mudik Nasional 2022 kali ini, Muhajir meminta semua pihak termasuk kalangan media, mampu mengajak pemudik mencoba jalur mudik pantai selatan Jawa.

"Mari yakinkan masyarakat agar lewat jalur selatan yang lebih nyaman indah sudah banyak warung yang tersedia," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.