Sukses

Kapolda Metro Jaya Beri Pesan ke Jajarannya: Jaga Rumah yang Ditinggal Pemudik

Fadil Imran memerintahkan jajarannya meningkatkan patroli ke permukiman warga utamanya, ke rumah-rumah yang banyak ditinggal mudik selama Lebaran 2022.

Liputan6.com, Jakarta Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran memerintahkan jajarannya meningkatkan patroli ke permukiman warga utamanya, ke rumah-rumah yang banyak ditinggal mudik selama Lebaran 2022.

Instruksi itu disampaikan saat memimpin apel patroli skala besar di Lapangan Persisi Polda Metro Jaya, Sabtu (30/4/2022) malam.

"Banyak masyarakat dalam kesempatan ini sedang mudik dan rumahnya ditinggal. Oleh karena itu sebagai pengayom, pelayan dan pelindung masyarakat untuk terus memberikan pelayanan kepada masyarakat Jakarta khusus yang sedang mudik maupun yang masih merayakan idulfitri di ibu kota," kata Fadil.

Dia menyampaikan, kepada personel yang bertugas untuk senantiasa berpatroli dengan menunjukkan rasa simpati.

Fadil meminta jajaran berdialog dengan masyarakat sekitar. Sehingga, mereka mengetahui aparat kemananan hadir di tengah masyarakat yang sedang merayakan hari kemenangan.

"Kepada seluruh personel agar melakukan patroli dengan rasa simpati, datangi masyarakat, berbicara dengan masyarakat, berkomunikasi dengan masyarakat, khususnya masyarakat seperti satuan pengaman (Satpam), hansip, remaja masjid yang sukarela melaksanakan pengamanan," ujar dia.

Fadil menerangkan, patroli skala besar disamping memberikan rasa aman juga demi menjaga agar selama bulan puasa tidak terjadi kejadian menonjol.

"Mari sampaikan untuk menikmati bersilaturahmi dan kita menjaga rumah yang ditinggalkan. Kita laksanakan ini sampai mudik selesai," ujar dia.

Apel skala besar juga melibatkan unsur dari TNI serta satuan pengamanan internal Pemprov DKI Jakarta.

Hadir juga mendampingi Kapolda, Pangdam Jaya Jayakarta Mayjen TNI Untung Budiharto pada saat memberikan amanat pada peserta apel patroli skala besar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pemudik Sampai di Kampung Halaman Hendaknya Beristirahat

Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Prof Tjandra Yoga Aditama membagikan tips sehat bagi para pemudik.

Pertama, para pemudik yang baru tiba di kampung halaman terutama sesudah berjam-jam perjalanan, disarankan beristirahat dulu sebelum melakukan kegiatan lain di kampung halaman.

"Jangan begitu tiba langsung jalan-jalan, kan akan masih ada beberapa hari di kampung halaman, istirahat agar segar dulu dan baru beraktivitas," kata Tjandra.

Ia mengingatkan, walaupun sebagian orang sudah dua tahun tidak mudik, tetaplah melakukan aktivitas dengan seimbang sehingga tidak melakukan kegiatan yang membuat lelah berlebihan. Selain itu, perhatikan waktu tidur agar tetap terjaga baik dan hindari bergadang berkepanjangan karena sudah lama tidak ketemu teman dan kerabat.

Kedua, mereka yang mempunyai penyakit tertentu dan harus mengonsumsi obat rutin maka ingatlah jadwal minum obat sesuai aturan dokter. Di sisi lain, bila selama di kampung halaman mengalami keluhan kesehatan maka segeralah berkonsultasi ke petugas kesehatan terdekat.

"Ingat, para pemudik akan menjalani arus balik yang bukan tidak mungkin akan padat dan melelahkan pula, yang membutuhkan fisik yang baik," kata Tjandra mengutip Antara pada Sabtu (30/4/2022).

 

3 dari 3 halaman

Tak Beristirahat di Sembarang Tempat

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir didampingi Direktur Utama Jasa Raharja Rivan Achmad Purwantono dan Juru bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati meninjau secara langsung arus kendaraan di di ruas tol Cikopo - Palimanan (Cipali) pada perayaan mudik Lebaran Idulfitri 2022, Sabtu (30/4).

Dalam kesempatan itu, Menteri Erick menyampaikan terjadi kemacetan sejak memasuki gerbang tol Cikopo. Menurutnya, kemacetan yang terjadi cukup terlihat jelas dari pantauan udara yang dilakukannya.

"Jadi kalau kita lihat, saya rasa kemacetannya sangat terlihat dan pasti lelah," ujar Menteri Erick kepada wartawan di Cikopo Purwakarta, Sabtu (30/4).

Erick pun meminta kepada seluruh pemudik untuk tidak beristirahat di sembarang tempat saat mengalami kelelahan. Hal ini demi memastikan keselamatan bersama antar pengguna jalan.

Sebab, lanjut Erick, beristirahat di sembarang tempat dapat membahayakan keselamatan diri sendiri maupun pengguna jalan lainnya. Dia pun mengimbau pemudik untuk beristirahat di rest area maupun posko-posko mudik yang telah disediakan.

"Jadi tentu saya pesan kepada pemudik kalau capek berhenti di pos-pos yang disediakan atau rest area. Jangan sampai nanti tidak aman, dan para pemudik juga semua lain harus melakukan bersama. Karena ayo kita harus sayang keluarga," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.