Sukses

Kebijakan One Way Tol Japek Diperpanjang Hingga Simpang Susun Bawen

Menurut Jasa Marga, kebijakan jalur one way ini diperpanjang setelah sebelumnya hanya diberlakukan hingga Km 414 GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang.

Liputan6.com, Jakarta - Jasa Marga melaporkan perkembangan kebijakan arus kendaraan satu arah atau one way. Kebijakan itu diberlakukan pada Km 70 Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) hingga Km 442 Simpang Susun Bawen Jalan Tol Semarang-Solo.

"Atas diskresi Kepolisian, PT Jasa Marga (Persero) Tbk mendukung pelaksanaan rekayasa lalu lintas one way yang saat ini diperpanjang dari Km 70 GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek hingga Km 442 Simpang Susun (SS) Bawen Jalan Tol Semarang-Solo sejak pukul 13.40 WIB," tulis Jasa Marga dalam keterangan diterima, Sabtu (30/4/2022).

Menurut Jasa Marga, kebijakan jalur one way ini diperpanjang setelah sebelumnya hanya diberlakukan hingga Km 414 Gerbang Tol Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang.

Selain itu, sejak pukul 10.35 WIB, contraflow Km 47 sampai Km 70 GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek telah dihentikan berdasarkan diskresi Kepolisian.

"Saat ini terpantau lalu lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta ramai lancar," ungkap Jasa Marga.

Jasa Marga mengingatkan agar para pengendara untuk selalu berhati-hati dan patuh rambu-rambu dan ikuti arahan petugas di lapangan.

"Jika membutuhkan info lalu lintas jalan tol Jasa Marga Group dapat diakses melalui One Call Center 24 jam di nomor 14080 dan aplikasi Travoy untuk pengguna iOS dan Android," imbuh pernyataan Jasa Marga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Puncak Arus Mudik Sudah Lewat

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menyampaikan, puncak arus mudik Lebaran 2022 diprediksi telah lewat.

Kendati begitu, menurut Sambodo, berdasarkan pemantauan di Tol Jakarta-Cikampek, volume kendaraan arus mudik masih terbilang cukup tinggi.

"Arus dari Jakarta masih besar sejak tadi malam sampai pagi ini. Namun sepertinya arus puncak kedua sudah lewat, di tol kota dan tol JORR sudah tidak ada yang ke timur," kata Sambodo dalam keterangan tertulis, Sabtu (30/4/2022).

Sambodo menerangkan, terjadi kepadatan lalu lintas di Tol Japek. Kondisi berbeda dengan pemandangan di jalan Tol layang Jakarta-Cikampek II (Elevated).

"Ekor kepadatan di bawah di KM 30, sedangkan elevated cukup kencang," ujar dia.

Sebelumnya, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri kembali menerapkan skema contraflow atau lawan arus di ruas Tol Trans Jawa pada H-2 arus mudik Lebaran Idul Fitri 1443 H, Sabtu (30/4/2022).

Sementara itu, kebijakan one way atau satu arah dari ruas Tol Jakarta-Cikampek dinonaktifkan untuk sementara waktu.

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.