Sukses

Top 3 News: Provokator Pengeroyokan Polisi di Cakung Mengaku Cucu Jenderal

Anggota Polsek Cakung dikeroyok massa saat mengamankan terduga jambret. Seorang provokator yang mengaku cucu jenderal ditangkap setelah video insiden pengeroyokan polisi itu viral.

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 news hari ini terkait pengeroyokan yang dialami anggota Polsek Cakung bernama Aipda Alim. Ia menjadi bulan-bulan massa gegara mengamankan pelaku jambret saat tidak berpakaian dinas kepolisian.

Bahkan sempat terjadi perdebatan antara anggota Polsek Cakung tersebut dengan seorang terduga provokator pengeroyokan.

Dalam video yang viral di media sosial, terduga provokator itu malah menceramahi polisi berpakaian preman tersebut. Dia juga mengaku-ngaku sebagai cucu jenderal.

Anggota Polsek Cakung atas nama Aipda Alim tetap sabar menghadapi provokasi pria tersebut. Ia sama sekali tak terpancing emosi.

Kemudian, kemacetan panjang baik di luar Pelabuhan Merak, baik di ruas tol Tangerang-Merak maupun jalan protokol di Kota Cilegon mengular.

Kemacetan tersebut disebabkan karena banyaknya pemudik yang membeli tiket dan menyebabkan perlambatan di tol gate tiket pelabuhan.

Hal itu disampaikan Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry, Shelvy Arifin. Menurut Shelvy, akibat banyaknya yang belum tiket dan langsung masuk ke pelabuhan itulah yang membuat terjadinya penumpukan kendaraan mereka yang hendak mudik ke kampung halaman.

Oleh karenanya, Shelvy menghimbau masyarakat untuk bisa membeli tiket dulu diluar pelabuhan, sehingga tidak menimbulkan antrian panjang.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) yang belum menetapkan kapan waktu Lebaran 2022 atau Idul Fitri 1443 Hijriah.

Biasanya sebelum menetapkan waktu Lebaran, Kemenag akan menggelar sidang isbat. Kapan sidang isbat Lebaran Idul Fitri 2022 akan digelar?

Kemenag akan menggelar sidang isbat (penetapan lebaran) 1 Syawal 1443 H pada Ahad atau Minggu petang, 1 Mei 2022.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Sabtu 30 April 2022:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Provokator Pengeroyokan Polisi di Cakung Mengaku Cucu Jenderal

Anggota Polsek Cakung bernama Aipda Alim menjadi bulan-bulan massa gegara mengamankan pelaku jambret saat tidak berpakaian dinas kepolisian. Bahkan sempat terjadi perdebatan antara anggota Polsek Cakung tersebut dengan seorang terduga provokator pengeroyokan.

Dalam video yang viral di media sosial, terduga provokator itu malah menceramahi polisi berpakaian preman tersebut. Dia juga mengaku-ngaku sebagai cucu jenderal.

Seperti dilihat dalam rekaman video yang diunggah akun Instagram @warungjurnalis, seorang terduga provokator menilai tindakan polisi keliru membubarkan massa yang hendak menghakimi pelaku jambret.

"Saya cucunya jenderal. Eh, enggak kayak gitu bubarin masyarakat. Ngerti enggak," kata pria bertopi dengan nada tinggi di depan Aipda Alim, seperti dikutip dari video yang viral, Jumat 29 April 2022.

Anggota Polsek Cakung atas nama Aipda Alim tetap sabar menghadapi provokasi pria tersebut. Ia sama sekali tak terpancing emosi.

Terkait hal ini, Kapolsek Cakung, Kompol Satria menyatakan bahwa beberapa orang diduga provokator pengeroyokan Aipda Alim telah ditangkap.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Kemacetan di Pelabuhan Merak Disebabkan Banyak Penumpang Belum Beli Tiket

Kemacetan panjang baik di luar Pelabuhan Merak, baik di ruas tol Tangerang-Merak maupun jalan protokol di Kota Cilegon, lantaran banyaknya pemudik yang membeli tiket dan menyebabkan perlambatan di tol gate tiket pelabuhan.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry, Shelvy Arifin mengatakan, akibat banyaknya yang belum tiket dan langsung masuk ke pelabuhan itulah yang membuat terjadinya penumpukan kendaraan mereka yang hendak mudik ke kampung halaman.

"Bukan proses tiketing, tapi mereka belum ada tiket. Jadi ketika mereka belum punya tiket, akhirnya mereka menghambat kendaraan yang dibelakangnya," kata dia di Pelabuhan Merak, Jumat 29 Apri 2022.

Karena itu, Shelvy menghimbau masyarakat untuk bisa membeli tiket dulu diluar pelabuhan, sehingga tidak menimbulkan antrian panjang. Dimana, pada Kamis malam hingga Jumat, 28-29 April 2022, kemacetan panjang mengular keluar pelabuhan hingga masuk ke ruas tol Tangerang-Merak hingga jalan arteri Kota Cilegon.

"Jadi kami ingatkan kembali bagi seluruh calon pemudik, apabila ingin melakukan perjalanan melalui Ferry, kami sarankan untuk membeli tiket di luar pelabuhan sebelum masuk pelabuhan. Tiket kami bisa dibeli lewat ferizy," terangnya.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Kapan Sidang Isbat Lebaran Idul Fitri 2022? Cek di Sini

Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) belum menetapkan kapan waktu Lebaran 2022 atau Idul Fitri 1443 Hijriah.

Biasanya sebelum menetapkan waktu Lebaran, Kemenag akan menggelar sidang isbat. Kapan sidang isbat Lebaran Idul Fitri 2022 akan digelar?

Kemenag akan menggelar sidang isbat (penetapan lebaran) 1 Syawal 1443 H pada Ahad atau Minggu petang, 1 Mei 2022.

Sidang yang berlangsung di Auditorium HM Rasjidi Kementeran Agama ini akan didahului dengan Seminar Pemaparan Posisi Hilal yang disampaikan Tim Unifikasi Kalender Hijriyah Kemenag.

Dijelaskan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama (Dirjen Bimas Islam Kemenag) Kamaruddin Amin, sidang isbat mempertimbangkan informasi awal berdasarkan hasil perhitungan secara astronomis (hisab) dan hasil konfirmasi lapangan melalui mekanisme pemantauan (rukyatul) hilal.

Menurut dia, secara hisab, semua sistem sepakat bahwa ijtimak menjelang Syawal jatuh pada Ahad, 1 Mei 2022 M atau bertepatan dengan 29 Ramadan 1443 H.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.