Salat Idulfitri di JIS, Dishub DKI Lakukan Rekayasa Lalu Lintas

Oleh Ika Defianti pada 30 Apr 2022, 19:31 WIB
Diperbarui 30 Apr 2022, 19:31 WIB
Jakarta International Stadium di Malam Hari
Perbesar
Foto udara yang diambil pada 17 April 2022 ini menunjukkan Jakarta International Stadium (JIS) yang baru didirikan untuk pertandingan sepak bola dan konser musik, di Jakarta. Stadion termegah di Indonesia tersebut mampu menampung 82.000 penonton. (ADEK BERRY/AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo, menyatakan, pihaknya telah melakukan pengaturan lalu lintas untuk mobilitas warga untuk melaksanakan salat Idulfitri 1443 Hijriah di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara.

Dishub DKI menyiapkan rute kedatangan atau kepulangan di JIS, serta mengatur sirkulasi kendaraan yang masuk/keluar dan drop off transportasi publik.

"Masyarakat tidak perlu khawatir dan bingung, kami sudah menyiapkan petugas untuk pengaturan parkir dan drop off, baik itu di dalam area stadion, area parkir ITF, dan kantong parkir feeder," Syafrin dalam keterangannya, Sabtu (30/4/2022).

"Ikuti arahan petugas di lapangan dan dimohon tidak memarkirkan kendaraan di sembarang tempat untuk kelancaran perjalanan bersama," imbuhnya.

Berikut rute kedatangan ke JIS sebagai berikut:

- Dari arah selatan lewat Jalan Gunung Sahari-Jalan Lodan Raya-Jalan Benyamin Sueb

- Dari arah barat melalui tol pelabuhan keluar Kemayoran-Jalan Benyamin Sueb

- Dari arah timur melalui tol pelabuhan keluar Ancol lewat Kemayoran-Jalan Benyamin Sueb

- Dari arah timur melalui Jalan RE Martadinata-Jalan Sunter Permai

- Dari arah timur Jalan Bisma Raya-Jalan Sunter Permai Raya

- Dari arah selatan Jalan HBR Motik-Jalan Danau Sunter Barat-Jalan Danau Sunter Utara

- Dari arah selatan Jalan Benyamin Sueb-putar balik menuju Jalan Griya Utama-Jalan Danau Sunter Utara

 

 

 


Rute Kepulangan

FOTO: Warna-Warni Lampu Jakarta International Stadium
Perbesar
Berikut rute kepulangan dari JIS sebagai berikut: - Menuju ke arah Jalan Sunter Permai Raya-Jalan Bisma Raya; - Menuju ke arah Jalan Danau Sunter Permai Raya-Jalan Danau Sunter Barat-Jalan HBR Motik atau dapat melewati Jalan Danau Sunter Selatan - Menuju ke arah timur Jalan RE Martadinata atau menuju arah Barat lewat Jalan RE Martadinata-putar balik ke Jalan Lodan Raya-masuk gerbang tol Ancol Timur - Menuju ke arah Jalan Danau Sunter Permai Raya-Jalan Danau Sunter Barat-Jalan Griya Utama-Jalan Benyamin Sueb-masuk gerbang tol Kemayoran. Sementara itu kata Syafrin untuk sirkulasi kendaraan masuk area JIS, masyarakat dapat masuk melalui pintu barat dan pintu timur, kemudian diarahkan masuk ke area parkir dalam stadion. "Jika parkir dalam stadion penuh, diarahkan ke area parkir timur 1 dan 2. Demikin pula dengan sirkulasi kendaraan keluar seusai salat id dapat melalui pintu barat, pintu selatan, dan pintu timur," ucap dia. Selanjutnya ada pula sejumlah kantong parkir yang dapat digunakan di dekat JIS. Yakni RSPI Soelianti Saroso, Universitas 17 Agustus, Graha YKI, Hotel D’Arcici, dan ruko Sunter Nirwana. "Disediakan lima shuttle bus dari kantong parkir tersebut menuju JIS atau sebaliknya (PP)," ujar Syafrin.

Pakai Transportasi Umum

FOTO: Di Balik Kemegahan Jakarta International Stadium
Perbesar
Kendati begitu, Syafrin juga tetap menyarankan masyarakat menggunakan transportasi publik, baik itu konvensional maupun online. Lanjut dia, Transjakarta juga mengoperasikan armada bus menuju JIS. "Terdapat dua jadwal keberangkatan, yaitu pukul 05.00 dan 05.10 WIB dari masing-masing titik keberangkatan. Setelah salat, jemaah juga dapat menggunakan layanan sama untuk kembali ke titik awal keberangkatan. Layanan ini menggunakan tarif normal," jelas dia. Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan pihaknya akan menyelenggarakan Salat Idul Fitri di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara. Hal tersebut disampaikan oleh Anies melalui unggahan video di akun Instagram @aniesbaswedan. "Jakarta International Stadium siap menyambut jemaah Salat Idul Fitri pada 1 Syawal nanti," kata Anies dalam unggahan tersebut. Kepala Bagian Mental Spiritual Biro Dikmental DKI Jakarta Aceng Zaini menyatakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan melaksanakan Sholat Idul Fitri di Jakarta International Stadium (JIS), Tanjung Priok, Jakarta Utara. JIS dapat menampung 8.000 jemaah. "Kalau Pak Anies pastinya datang pas Sholat Idul Fitri," ucap Aceng saat dihubungi, Kamis (21/4/2022). Aceng menjelaskan, persiapan yang dilakukan jelang ibadah Salat Idul Fitri di JIS yaitu menerjunkan personel Satpol PP di area pintu masuk, pintu keluar, dan beberapa titik vital lainnya. Jumlah personel yang disiapkan sekitar 300 orang.
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya